28 May

Server VPS Adalah…

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Server VPS adalah 1 server yang dibagi menjadi beberapa bagian yang independent. Server VPS menggunakan RAM dan storage yang berbeda untuk setiap akun meskipun masih menggunakan CPU yang sama.

VPS atau virtual private server adalah pilihan ideal bagi pebisnis yang ingin server cepat dan handal. Server ini berbeda dibandingkan server shared yang lebih lambat. VPS digunakan oleh jauh lebih sedikit website sehingga jauh lebih cepat. Selain itu, VPS juga menggunakan software untuk “membagi” storage dan RAM secara terpisah.

Shared server secara umum menggunakan CPU, hardisk dan RAM yang sama untuk melayani banyak website. Seberapa banyak? Ya, tergantung kepada penyedia host server bersangkutan. Ada yang membagi untuk 80 website, ada yang membagi untuk 300 website. Sayangnya, kita jarang mengetahui jumlah website dalam 1 server shared.

Bahkan, ada penyedia server hosting terkenal yang menumpuk ratusan website di satu server. Hasilnya, penyedia server host tadi servernya sering down dan bermasalah.

Apa yang dipertimbangkan saat memilih server?

Selain jumlah website, kita juga sering tidak mengetahui kapasistas server yang digunakan. Berapa RAM yang tersedia, apa CPU yang dipakai. Serta berapa sebenarnya kapasitas dan kecepatan sambungan internet server bersangkutan.

Bagi kami, kami hanya menyediakan server shared berkualitas yang kami gunakan juga bersama dengan Anda. Kami membutuhkan kecepatan, kehandalan sistem dan sebagainya. Kami juga malas repot jika server bermasalah. Jadi, lebih nyaman sebenarnya mengerjakan pekerjaan lain yang lebih produktif daripada memperbaiki server.

Apa pertimbangan memilih server VPS?

Untuk server VPS, kita biasanya sudah mengetahui berapa spesifikasi server yang kita gunakan. Minimal RAM, CPU serta kapasitas hardisk kita cukup besar. Kita juga mendapatkan software yang membagi space kita seolah – olah terbagi secara fisik. Jika ada virus di website tetangga, website kita akan aman. VPS ini cocok untuk website bisnis yang secara kontinyu mendapatkan trafik yang tinggi. Meskipun begitu, kita masih tetap berbagi CPU dengan beberapa website lainnya.

Apakah server dedicated?

Dedicated server (DS) adalah server yang khusus kita gunakan untuk kita sendiri. Disini, biasanya ada 2 versi server, managed dan unmanaged. Yang versi managed membebaskan kita dari kewajiban untuk memaintenance server kita sendiri. Versi unmanaged hanya memberikan server kosong saja tanpa software dan sebagainya.
Jika kita memilih versi unmanaged DS kita harus siap untuk maintenance server kita sendiri. Kita harus menghadapi virus dan hacker sendiri. Selain itu, kita juga perlu melakukan backup sendiri.
Lalu apakah yang Anda perlukan?

Secara umum, apabila trafik Anda masih mencapai puluhan ribu orang perbulan, sebuah server shared hosting masih mencukupi. Apabila trafik Anda secara konsisten mencapai ratusan ribu pengunjung perbulan, maka VPS semestinya menjadi pilihan Anda. Tetapi, ini juga bergantung kepada konten website Anda. Jika konten Anda banyak menyajikan gambar resolusi tinggi, maka ratusan ribu pengunjung perbulan tadi bisa jadi sudah sangat banyak.

Sebagai praktisi di dunia internet, kami menyarankan Anda untuk mulai dengan server yang sesuai dengan keperluan. Anda belum perlu server VPS apabila memulai website dari awal.
Untuk perusahaan, Anda bisa memulai dari server VPS apabila trafik pwebsite perusahaan Anda besar. Tetapi, perusahaan Anda belum memiliki sumber daya untuk maintenance server sendiri. Untuk server DS, perusahaan mesti menyiapkan dana lebih apabila ingin menggunakan layanan server managed. Jika tidak, maka perusahaan Anda harus menyiapkan SDM sendiri untuk pemeliharaan server.

Server VPS adalah server yang cocok untuk web bertrafik tinggi namun bukan yang sangat tinggi. Jika kita memiliki website untuk perusahaan yang melayani semua keperluan perusahaan yang berupa pendaftaran, mengisi form atau bahkan pembayaran, maka server DS harus menjadi pilihan. Untuk web seperti Tiket.com atau bukalapak, tidak lucu dan kurang kencang apabila menggunakan server VPS.

Server VPS cocok untuk blog pribadi yang pemiliknya tidak mau ribet mengurus server sendiri. Meskipun pengunjung Anda mencapai 2 juta orang sebulan, Anda masih bisa menggunakan server VPS jika Anda mencari penyedia host yang baik.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply