01 Apr

Apa itu Virtualisasi Server

Apa itu virtualisasi server.Jadi, ini adalah sebuah server fisik yang dibagi menjadi seolah beberapa server. Untuk jelasnya, ini adalag artikel tentang mengapa dan bagaimana Server Virtualization.

Apa itu Virtualisasi Server

Banyaknya perusahaan yang mengadopsi teknologi virtualisasi menunjukkan praktik yang ada di mana-mana. Bahkan perusahaan dengan pengalaman TI minimal dapat dengan cepat melihat manfaat ekonomi dari virtualisasi.

Pada saat yang sama, mereka yang memiliki kehadiran kuat di industri teknologi dapat melangkah lebih jauh dan mendapat manfaat lebih banyak dari Server Virtualization.

1. Bagaimana cara kerja virtualisasi server?

Ada tiga jenis virtualisasi server, yang masing-masing bekerja secara berbeda. Meskipun setiap jenis unik, setiap jenis menggunakan server fisik sebagai tuan rumah dan mengenali mesin virtual sebagai tamu.

Virtualisasi penuh adalah metode yang disukai untuk penyedia layanan yang menawarkan ruang server mereka ke komputasi awan atau platform sebagai layanan.

Metode ini menggunakan hypervisor untuk memantau sumber daya host dan mengalokasikan daya pemrosesan ke server tamu. Salah satu kelemahan dari metode ini adalah hypervisor menghabiskan daya pemrosesan dan, dalam kondisi tertentu, dapat memperlambat proses yang berjalan di Server Virtualization.

Paravirtualisasi memperlakukan setiap Server Virtualization dan sistem operasinya sebagai jaringan yang beroperasi secara keseluruhan. Metode ini tidak memerlukan isolasi lengkap dari Server Virtualization, dan karenanya bukan metode yang ideal untuk virtualisasi server pada saat menyediakan ruang untuk pengguna independen.

Virtualisasi tingkat sistem operasi (juga dikenal sebagai containerization) berbeda dari metode lain karena tidak menggunakan hypervisor. Sistem operasi host digunakan bersama oleh beberapa instance (kontainer) terisolasi dari ruang pengguna yang dapat menjalankan banyak aplikasi.

Baca Juga :   Komputer Server itu Seperti Apa

Setiap wadah diisolasi dari yang lain dan memiliki sistem file, jaringan, dan ruang prosesnya sendiri, tetapi semuanya menggunakan kernel yang sama.  Jadi, kemudian yang penting adalah mendapat yang cocok.

Apa yang harus Anda cari di penyedia layanan Server Virtualization?

Saat organisasi Anda siap menggunakan Server Virtualization untuk menjalankan aplikasi dan beban kerja, memilih platform virtualisasi sebagai layanan akan memungkinkan Anda melakukannya tanpa harus memahami hal teknis.

Yaitu tentang kompleksitas dan penskalaan yang mendasarinya. Jadi, bisa melakukannya dengan mudah saat operasi Anda berkembang.

Pilihan penyedia platform default Anda harus yang memprioritaskan keamanan dan privasi serta mendukung aplikasi cloud lama dan modern. Vendor juga harus menyediakan solusi hypervisor yang kuat yang dapat menjaga operasi Anda tetap berjalan dengan risiko pelambatan atau waktu henti yang minimal.

Platform Nutanix AHV adalah solusi virtualisasi server yang dirancang untuk mendukung mesin virtual, kontainer, dan beban kerja yang dijalankannya. Sematkan platform pilihan Anda di lingkungan cloud pribadi, publik, atau hybrid yang sudah ada.

Pelajari lebih lanjut mengapa virtualisasi dan beban kerja lainnya ideal untuk cloud dan mengapa komputasi cloud merupakan langkah maju yang diperlukan untuk organisasi.

5/5 - (1 vote)

Leave a reply