24 Sep

Berapa Harga Jasa Pembuatan Website di Solo

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Berapa biaya yang kita perlukan untuk jasa pembuatan website di Solo?

Pertanyaan ini ditanyakan beberapa orang dan menjawabnya tentu saja tergantung kepada permintaan kita atas fungsi websitenya.

  • Website konten

  • Website aplikasi

Penjelasan:

  • Website konten 

Website konten adalah website yang mengandalkan isi / konten sebagai nilai jualnya. Konten atau isi website disini bisa berupa artikel, foto atau video.

Website semacam ini lebih berfungsi untuk menampilkan berita, untuk menjual secara online ataupun sebagai portofolio online.

Untuk website penjualan atau website company profile, maka kita hanya memerlukan website “sederhana” yang mudah untuk diupdate serta dikelola. Website semacam ini murah untuk dibuat dan harganya juga tidak terlalu mahal.

Biaya pembuatan website semacam lebih dipengaruhi oleh biaya sewa hosting tahunan serta biaya pembelian domain.

Biaya domain.

Untuk biaya pembelian domain, biasanya bernilai hanya 140 sd 160 ribu per tahun untuk domain dengan ekstensi dot com (.com).

Untuk domain ekstensi Indonesia, biaya tahun awalnya bisa jadi ada diskon dan lumayan murah. Yang agak mahal adalah pembayaran domain untuk tahun kedua. Biayanya turun naik tetapi ada yang mencapai RP.500,000 – setahun mulai tahun kedua.

Mengapa harga domain ini mahal? saya kurang tahu. Nama domain dot com yang sering dipakai saja sudah lumayan murah harganya.

Kemudian biaya server.

Untuk biaya server biasanya range atau jarak biayanya sangat jauh. Kita bisa membeli yang harganya dibawah RP. 200.000 – per tahun tetapi ada juga yang harganya mencapai lebih dari 1 juta rupiah perbulan.

Semua tergantung dengan kapasitas penyimpanan, processor server, memori hingga bandwith yang kita dapatkan. Secara umum sih server hosting dibagi menjadi tiga. Server shared, server VPS atau “Virtual Private Server serta Dedicated server.

Server shared adalah server yang dibagi untuk banyak pengguna. Jadi kapasitasnya paling kecil. Tetapi, kebanyakan shared server sekarang mencukupi untuk menerima hingga lebih dari 30.000 orang pengunjung website sebulan. Ini jika kita mengambil paket harga menengahnya.

Server VPS juga dibagi ke beberapa pengguna. Tetapi jumlah penggunanya lebih sedikit daripada pengguna server shared. Dan, ada software untuk membagi akun masing – masing sehingga website – website dalam 1 akun tidak mempengaruhi website -website dalam akun yang lainnya.

Dedicated server adalah server yang kita pakai sendiri.  ada managed server dan unmanaged.

Untuk yang unmanaged server, kita mengelola server kita sendiri mulai dari instalasi software hingga keamanan server dan website.

Jadi, kecuali perusahaan Anda benar – benar membutuhkan server yang berkapasitas besar, sebaiknya perusahaan Anda menggunakan VPS saja dan bukan dedicater server.

Biaya gaji pegawai.

Karena website konten sederhana, web ini bisa diselesaikan lumayan cepat.

Total, harga website konten bisa dimulai dari RP. 750.000 – rupiah saja. Ini sudah termasuk biaya server dan hosting. Tetapi, biasanya desain yang ada kurang optimal.

Jika ingin optimal dan custom, maka biayanya secara umum mulai Rp. 1.500.000 – termasuk paket server dan domain.

  • Website aplikasi

Ini adalah website tipe khusus yang perlu coding atau permograman secara khusus juga. Website aplikasi perlu menjalankan report atau aplikasi milik perusahaan secara spesifik jika diperlukan. Wesite ini perlu mampu menghitung dengan rumus tertentu jika diperlukan.

Selain itu, website seperti ini perlu untuk menghasilkan output yang bisa kompatibel dengan software lain yang populer, misalnya microsoft Excell jika diperlukan.

Website aplikasi perlu kemampuan untuk menjalankan aplikasi secara online sesuai tujuannya.

Website semacam ini codingnya ditulis dari nol dan biasanya dibuat dalam jangka waktu lama. Jadi, biayanya secara umum menjadi mahal. Biasanya puluhan hingga lebih dari 100 juta.

Sulit untuk menentukan biaya pembuatan website aplikasi hanya dengan gambaran yang terbatas.

Kita harus memiliki konsep yang jelas tentang website. Fungsi dan sebagainya. Barulah harga website bisa ditentukan lebih pasti.

Yang harus diingat, mengubah suatu fungsi ditengah jalan bisa menjadi hal yang tidak sederhana dalam pemrogramannya.

Bisa jadi programer hanya perlu menambah modul. Tetapi bisa jadi pula harus mengubah seluruh alur algoritma / logika program yang ada. Ini artinya mengubah banyak hal.

Yang perlu kita ingat, website toko online untuk UMKM atau web semacam ini tidak terlalu memerlukan aplikasi secara khusus. Cukup menggunakan CMS saja yang mudah dibuat dan dikelola.

Web dengan CMS bukan website yang buruk. Tetapi memang fungsinya tidak khusus. Karena itulah web tipe ini murah.

Bayangannya, kita bisa mencatat penjualan supermarket dengan Microsoft (MS) Excell. Tetapi software toko pasti jauh lebih efisien.

Software toko bisa digunakan bersama sebuah barcode. Ia tersambung dengan laci elektronik yang aman. Software toko juga bisa mencatat barang dan menjumlah sesuai jenis secara otomatis. Bisa menghitung stok dan memberi peringatan jika stok kosong. dan sebagainya.

MS Excell tidak memiliki semua fitur itu. Secara teknis ia adalah software yang sangat baik. Tetapi tidak dibuat secara khusus untuk keperluan software supermarket.

CMS sendiri juga bukan barang murahan. CMS ini hasil kerja programer luar negeri. Ada CMS gratis yang merupakan hasil kerja ribuan kontributor. Hasil akhirnya secara teknis sangat bagus dan handal. Tetapi memang tidak berfungsi secara spesifik sesuai keperluan kita.

Website perusahaan atau website company profile juga tidak memerlukan aplikasi khusus. Jadi, kita tidak perlu membuatnya dengan mengetik kode program dari nol.

Jika harus mengetik program dari nol, maka nantinya perubahan yang ada juga harus mengganti program juga. Jadi pasti lama dan tentunya mahal.

Ini belum terhitung jika programernya sudah pindah kerja.

kemudian jika kita ternyata tidak mengetahui satu hal ini:

Jika perusahaan jasa pembuatan website tersebut tidak memiliki standar penulisan program yang baik, maka akan lebih sulit lagi. Apalagi jika standar tersebut tidak dibuat.

Membaca serta mengetahui program milik orang lain lebih sulit daripada membuat sendiri.

Membaca program tidak seperti membaca tulisan. Kita harus membaca pola atau alur logika si programer tadi. Belum lagi kita belum tentu tahu dimana ia menempatkan fungsi apa.

Jadi, seperti masuk sebuah rumah dan mencari sendiri dimana sendok sayur diletakkan di dalam dapur. Ini jika sendok sayur masih diletakkan di dapur atau ruang makan. Jika ternyata dibawa ke belakang rumah untuk keperluan lain, dan tertinggal disana, bagaimana kita tahu hal itu?

Ya, meskipun tidak persis sama, tetapi mirip dengan polisi menggeledah sebuah rumah dan mencari barang bukti tanpa petunjuk.

Semakin besar rumahnya semakin kompleks. Semakin besar programnya semakin kompleks juga.

Jadi, proses editing program oleh orang lain bisa menjadi cukup lama bahkan untuk mengganti fungsi yang terlihat sederhana.

Inilah repotnya.

Jadi, berapa harga jasa pembuatan website di Solo?

Jawabannya adalah tergantung fungsi website kita. Untuk lawangtechno.com, kami menyediakan jasa pembuatan website dengan biaya yang terjangkau. Harga website kami terhitung murah untuk fungsi dan fitur website yang ada.

Jika Anda menginginkan informasi lebih banyak, silahkan menghubungi kami. Sampai jumpa!

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply