18 Mar

Apa Itu Dedicated Hosting Server

Apa itu dedicated hosting server dan kapan kita memerlukannya? Jadi, ini adalah 1 server yang kita pergunakan sendiri. Artinya, semua prosesor, memory dan penyimpanan untuk kita. Juga, untuk bandwith internetnya.

Keuntungannya tentu tidak terganggu oleh situs website lain di server, kecuali milik sendiri. Untuk kecepatan, keleluasaan penggunaan bisa lebih maksimal.

Apa Itu Dedicated Hosting Server

Pada saat meluncurkan situs web baru, salah satu keputusan pertama yang harus Anda buat adalah memilih solusi hosting yang tepat untuk kebutuhan operasional bisnis Anda.

Sementara pemilik situs yang menjalankan blog dengan lalu lintas rendah atau usaha kecil biasanya memilih server shared hosting karena biayanya lebih rendah.

Namun webmaster yang mempersiapkan pertumbuhan situs atau persyaratan lalu lintas yang meningkat memerlukan solusi hosting yang menawarkan fleksibilitas, keamanan, dan kinerja yang lebih baik. Masukkan: server dedicated.

Jika Anda baru mengenal dunia server dedicated, panduan ini akan membantu Anda menavigasi sehingga Anda dapat membuat keputusan terbaik untuk kebutuhan situs web Anda. Di bawah ini kita akan melihat apa itu server dedicated, berbagai jenis paket hosting web dedicated yang tersedia, dan manfaat unik memilih server dedicated daripada solusi shared hosting.

 

Jadi, Apa Itu Dedicated Hosting Server?

Dedicated Server memberi situs web Anda server terpisahnya sendiri, yang berarti Anda tidak perlu berbagi sumber daya server yang sama dengan beberapa situs atau aplikasi. Ini memungkinkan situs web dengan lalu lintas tinggi untuk memberi pengguna akhir pengalaman pengguna (UX) yang stabil dan andal bahkan selama puncak lalu lintas tinggi.

Server dedicated juga memberi Anda kendali penuh atas konfigurasi server, seperti perangkat lunak yang berjalan dan infrastruktur keamanannya.

Hosting server dedicated memberi Anda akses tunggal ke server jarak jauh. Server ini disediakan oleh penyedia hosting, dan sepenuhnya didedikasikan untuk Anda dan situs web Anda, yang berarti Anda akan memiliki kendali penuh atas konfigurasi server dan akses ke semua sumber daya server.

Penyedia hosting biasanya juga memberikan dukungan teknis untuk server bila diperlukan. Meskipun server dedicated dapat berbagi akses jaringan dengan server dedicated terdekat di pusat data bersama, mereka tidak berbagi perangkat keras yang sama dengan server lain.

Baca Juga :   Web Murah ber SEO Halaman 1

 

Berbagai jenis manajemen untuk paket hosting web dedicated

Saat memilih paket hosting web dedicated, Anda dapat memilih antara server dedicated yang dikelola dan tidak dikelola:

Hosting yang Unmanaged / tidak dikelola: Anda atau administrator sistem Anda memiliki kendali penuh atas server dedicated Anda dan perangkat lunaknya, dan penyedia hosting menjaga infrastruktur perangkat keras server Anda berjalan lancar.

Hosting web dedicated yang tidak dikelola biasanya memerlukan keahlian internal dalam menginstal skrip, mengelola pembaruan dan masalah kompatibilitas, dan membuat protokol keamanan. Dengan hosting yang tidak dikelola, kami masih dapat membantu mengelola perangkat keras, infrastruktur daya, dan jaringan yang terhubung ke server Anda.

Managed Hosting (terkelola). Penyedia hosting web dedicated memiliki tanggung jawab server, termasuk mempekerjakan insinyur untuk memantau, mengonfigurasi, mengamankan, dan memelihara server dedicated.

Paket hosting server terdedikasi terkelola dapat berkisar dari host terdedikasi yang dikelola sendiri, terkelola utama, atau terkelola sepenuhnya. Hosting terkelola biasanya terdiri dari panel kontrol server seperti cPanel yang membantu Anda mengelola server dan situs yang dihosting di dalamnya.

Jenis paket hosting web dedicated yang Anda pilih harus bergantung pada pengalaman Anda. Dengan memiliki kendali penuh atas server dedicated Anda dengan paket yang tidak dikelola, Anda juga memikul tanggung jawab teknis yang terkait dengannya.

Namun, dengan rencana terkelola, Anda akan memiliki akses ke tim teknisi berpengalaman yang dapat memantau dan mengelola server Anda saat Anda fokus pada area lain di situs web atau bisnis Anda.

 

Manfaat server dedicated

Tanpa batasan server bersama, server dedicated memberi Anda dan pengguna akhir Anda banyak manfaat jaringan. Memilih server dedicated untuk situs web Anda akan memungkinkan Anda untuk:

Menghadapi kemacetan trafik

Apakah situs Anda saat ini mengalami peningkatan permintaan lalu lintas atau Anda mengantisipasinya akan tumbuh di masa mendatang karena inisiatif pemasaran atau promosi, server dedicated memastikan bahwa Anda siap menghadapi lonjakan lalu lintas yang dapat menjadi keunggulan kompetitif.

Karena bandwidth yang terbatas saat dihosting di server bersama, peningkatan lalu lintas yang signifikan dapat menyebabkan penurunan atau crash kinerja situs, rasio pentalan yang lebih tinggi, dan hilangnya pendapatan.

Peningkatan kecepatan dan kinerja situs web

Dengan server dedicated, situs web Anda tidak berbagi kekuatan pemrosesan, lebar pita, atau memori server dengan situs lain. Ini berarti Anda dapat meningkatkan waktu aktif halaman dan kinerja situs secara keseluruhan dengan mengontrol di mana sumber daya server digunakan pada waktu tertentu.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website di Larantuka

Kontrol penuh dari server

Tidak seperti menggunakan server bersama, menghosting situs web Anda di server dedicated memberi Anda keuntungan kontrol penuh atas konfigurasi server, termasuk akses root atau administrator ke server.

Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan setiap aspek server Anda, termasuk perangkat lunak server, spesifikasi perangkat keras, dan sistem operasi (OS) server.

Terapkan langkah-langkah keamanan tingkat lanjut

Jika perusahaan Anda menangani informasi sensitif, termasuk data pelanggan, nomor kartu kredit, dll., server dedicated dapat membantu Anda meningkatkan keamanan situs web Anda.

Dengan server dedicated, Anda akan memiliki alamat Protokol Internet (IP) Anda sendiri dan kebebasan untuk mengatur langkah-langkah keamanan yang disesuaikan dengan kebutuhan dedicated situs Anda.

Tingkatkan Memory Server Anda

Banyak paket hosting web dedicated menyediakan drive terpisah untuk penyimpanan server untuk data situs, pengarsipan, dan pencadangan. Ini membantu server Anda memberikan kinerja situs web yang optimal kepada pengguna akhir dengan membebaskan memori di server sebenarnya.

Biaya hosting web dedicated

Harga paket hosting web dedicated bergantung pada penyedia yang Anda pilih, konfigurasi server yang diperlukan, dan jangka waktu kontrak Anda. Secara umum, paket hosting server dedicated yang lebih murah memiliki lebih sedikit sumber daya, sementara paket yang lebih mahal memiliki lebih banyak bandwidth, kapasitas penyimpanan, dan lebih banyak ruang untuk berkembang.

Selain itu, memilih paket terkelola juga dapat meningkatkan biaya bulanan Anda, karena bisnis Anda akan memiliki akses ke tim dukungan yang dapat membantu Anda dengan masalah teknis atau bertanggung jawab penuh atas server. Rata-rata, Anda akan membayar $169 atau lebih per bulan untuk paket hosting server dedicated.

Siapa yang Harus Memilih Dedicated Server?

Jika Anda menjalankan situs web kecil dengan lalu lintas rendah, server bersama dapat membantu Anda menghemat biaya dengan memberikan pengalaman pengguna terpadu (UX) untuk pengunjung Anda.

Namun, jika Anda menjalankan situs web besar, seperti perusahaan e-niaga, akan sulit bagi server bersama untuk memenuhi kebutuhan atau lonjakan lalu lintas.

Dengan server dedicated, webmaster dengan situs web lalu lintas tinggi dapat memberikan pengalaman pengguna yang konsisten dan andal kepada pengguna akhir sambil mempertahankan tingkat keamanan situs yang lebih tinggi.

Virtual Private Server vs. Server Dedicated

Virtual Private Server (VPS) adalah jenis layanan hosting situs web yang menggabungkan shared hosting dengan hosting dedicated. Dengan teknologi virtualisasi, VPS memasang lapisan virtual di atas sistem operasi server dedicated untuk membaginya menjadi beberapa bagian terpisah.

Setiap bagian dedicated kemudian dipetakan ke situs web individual, memberikan situs web solusi hosting yang lebih andal, dapat disesuaikan, dan konsisten daripada server yang shared sepenuhnya.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Murah di Bener Meriah

Ini membuat kasus penggunaan optimal antara VPS dan server dedicated sangat berbeda. VPS adalah yang terbaik untuk situs web berukuran sedang yang tidak mengharapkan arus lalu lintas yang besar, sedangkan server dedicated adalah yang terbaik untuk situs web dengan lalu lintas tinggi yang ingin berkembang dengan layanan hosting.

Cloud hosting vs server dedicated

Cloud hosting adalah layanan hosting situs web yang menggunakan server virtual. Server ini menggunakan teknologi komputasi awan untuk mendistribusikan data di antara beberapa server yang terhubung di berbagai wilayah.

Meskipun server dedicated adalah solusi hebat untuk menghosting situs web besar, penyiapannya sering kali memerlukan pengetahuan teknis dari webmaster atau departemen TI Anda.

Dengan cloud hosting, Anda dapat menikmati banyak fitur yang terkait dengan server dedicated tanpa banyak kendala teknis. Selain itu, cloud hosting memudahkan situs web untuk menskalakan sumber daya server.

Sebagai pemilik bisnis, penting untuk membuat keputusan hosting situs web yang mencerminkan kebutuhan unik situs dan anggaran Anda.

Jika situs Anda mengalami pertumbuhan eksplosif atau peningkatan permintaan lalu lintas, memilih solusi hosting web dedicated akan memberi Anda lebih banyak fleksibilitas daripada berbagi server dengan situs web lain.

Dengan server dedicated, Anda dapat dengan mudah mengoptimalkan konfigurasi server Anda, bersiap untuk ledakan lalu lintas jaringan, dan menetapkan standar keamanan yang kuat untuk memenuhi kebutuhan bisnis unik Anda. Jika Anda siap untuk kinerja dan keamanan situs web tingkat tinggi, coba paket Server Terkelola Web hari ini.

5/5 - (1 vote)

Leave a reply