04 Apr

Pengertian File Server dan Cara Kerjanya

Pengertian file server dan cara kerjanya. File Server: pengertian, jenis, contoh, kelebihan dan kekurangan. File server dalam jaringan komputer. Server jaringan membantu menyimpan semua file data pusat yang dapat diakses oleh pengguna jaringan lain yang terhubung.

Ini memungkinkan semua data disimpan di server, yang menghilangkan replikasi semua file di komputer terpisah, sehingga lebih sedikit ruang disk yang diperlukan untuk menyimpannya. Server ini berperan penting dalam server jaringan dan sistem operasi jaringan lainnya seperti Windows NT, Novell Netware, UNIX, dll.

Pengertian File Server dan Cara Kerjanya

Saat ini, file server menjadi lebih canggih dengan catu daya yang lebih besar, berbagai rak untuk memasang banyak hard drive, dan sistem pendingin yang lebih canggih. Ini mirip dengan mesin multiprosesor dan dikonfigurasi dengan lebih banyak memori daripada sistem komputer pengguna tunggal.

Kita dapat mengatur komputer mana pun sebagai host yang berperan sebagai file server. Dengan kata lain, file server bisa menjadi sistem komputer sederhana yang mampu mengirim dan menerima semua permintaan file melalui jaringan komputer.

File server berfungsi sebagai sistem khusus seperti penyimpanan terpasang jaringan (NAS). Server khusus ini biasanya digunakan dalam aplikasi perusahaan karena menyediakan akses data yang lebih cepat serta kapasitas penyimpanan yang lebih banyak dibandingkan dengan server yang tidak khusus.

Ketika file server terdiri dari struktur file dan memetakan beberapa atau seluruh entri bersama dengan kunci unik, ia dapat melakukan banyak operasi seperti membaca, menulis, memperluas, menghapus, menggabungkan, dan banyak lagi.

Jika file server tidak memiliki struktur internal filenya, maka server ini tidak dapat melakukan operasi yang rumit, tetapi hanya melakukan tugas baca dan tulis.

Baca Juga :   Apa Itu Share Hosting Server

Ketika file server berisi semua file dalam bentuk hierarkis, itu berarti bentuk pohon. Ini adalah bentuk yang paling umum, memiliki struktur file internal dan juga memungkinkan operasi yang rumit.

Jenis file server

File server dibagi menjadi dua kategori sebagai file server khusus dan tidak khusus. Server khusus hanya dimaksudkan untuk digunakan sebagai file server bersama dengan workstation yang terhubung dengannya untuk membaca atau menulis file, serta database. Dedicated server dimaksudkan untuk digunakan sebagai server serbaguna, seperti file server dan database server.

Jenis file server lainnya:

XS: Ini adalah server hanya input/caching dan digunakan untuk operasi CHAIN hanya input sederhana.

XF: Ini adalah server I/O dan dapat menjalankan berbagai fungsi seperti membaca, membuat serial, dan menyiapkan file.

X: Ini adalah server Gosok & Edit khusus, dan dapat mengambil pusat biaya, nomor akun, bidang numerik, atau string data dalam format entri atau file apa pun yang valid, mengonversinya ke format apa pun, memeriksa catatan master, dan secara opsional memindahkan master record atau data yang sudah di scan ke dialer.

File server terutama menggunakan dua metode untuk mengakses data, seperti file server Internet dan file server LAN. Akses ke file server di Internet dilakukan dengan menggunakan protokol FTP (File Transfer Protocol), dan file server di jaringan lokal diakses menggunakan protokol SMB/CIFS.

Beberapa file server Windows:

  • File server Windows
  • Kluster failover Windows
  • kluster Windows Server

Contoh file server

File server terutama digunakan di berbagai area, seperti perusahaan kecil, sekolah, dan jaringan rumah. Kita dapat menyiapkan file server dengan beberapa cara; Misalnya, semua komputer dapat diakses melalui Jaringan Area Lokal LAN saat file server dikonfigurasi secara otomatis.

Di sisi lain, seperti dalam pengaturan bisnis, tetapi di sini keamanan data menjadi perhatian utama, sehingga file server mengizinkan semua mesin klien untuk masuk sebelum mengakses server. Dalam metode lain, Anda hanya perlu memberikan akses ke daftar sistem komputer tertentu, yang didefinisikan sebagai alamat IP atau alamat MAC.

Baca Juga :   Web Hosting Lokal terbaik 2021

Manfaat file server

  1. Lebih sedikit perawatan untuk sistem Anda
  2. Data dilindungi dengan aman dan mudah dicadangkan.
  3. Pemulihan data yang mudah.
  4. Tangani semua file secara terpusat dengan mudah.
  5. Tidak perlu mengubah perangkat lunak aplikasi saat mengubah file fisik
  6. Gunakan rilis di rilis mendatang untuk memungkinkan program dari versi sebelumnya bekerja dengan database yang diubah.
  7. Transisi yang mudah dari database lama ke database baru.
  8. Ini membantu mengurangi beban pada ruang disk sistem klien.
  9. Anda dapat menggunakan satu file server pada satu waktu tanpa mengubah seluruh sistem Anda.
  10. File server dapat diakses dari jarak jauh menggunakan WebDAV dan SCP.

Kerugian dari file server

  • Ada batasan file server
  • Ini bisa mahal jika digunakan dalam bisnis kecil dengan dua atau tiga karyawan.
  • Membutuhkan profesional TI yang sangat terampil untuk konfigurasi dan manajemen.
  • Meningkatkan throughput jaringan saat file dibaca dan ditulis ke dan dari file server oleh semua klien.
  • Jika file server mati, semua file hilang hingga dapat dipulihkan dari cadangan.

Apakah yang Anda maksud: file server

File server adalah sistem komputer berkinerja tinggi yang bertanggung jawab untuk menyimpan dan mengambil semua jenis file (file audio, gambar, video, database, dan dokumen lainnya) dan file ini digunakan oleh semua perangkat klien yang terhubung melalui jaringan lokal. jaringan.

Untuk apa file server digunakan?

File server adalah komputer yang bertanggung jawab untuk menyimpan dan mengelola file data, setelah itu komputer lain di jaringan komputer yang sama dapat mengakses file-file ini. Hal ini memungkinkan pengguna untuk bertukar semua informasi melalui jaringan N/W tanpa menggunakan file sebenarnya untuk transfer.

Mengapa Anda memerlukan file server?

File Server menyediakan repositori pusat untuk menyimpan semua file Anda, setelah itu banyak pengguna diizinkan untuk mengerjakan dokumen, spreadsheet, dan data lain yang sama. File server juga memungkinkan perusahaan untuk mencadangkan hanya ke satu komputer untuk menjaga keamanan data mereka.

Apa saja jenis file server?

File server dibagi menjadi dua kategori sebagai dedicated file server khusus dan bukan dedicated. Server khusus hanya dimaksudkan untuk digunakan sebagai file server bersama dengan workstation yang terhubung dengannya untuk membaca atau menulis file, serta database. Dedicated server dimaksudkan untuk digunakan sebagai server serbaguna, seperti file server dan database server.

Baca Juga :   Apa itu Web Hosting dan Server

Apa contoh file server?

File server umumnya digunakan di beberapa area, seperti organisasi kecil, sekolah, dan jaringan rumah. Kita dapat menyiapkan file server dengan beberapa cara; Misalnya, semua komputer dapat diakses melalui jaringan lokal.

Apa keuntungan dan kerugian dari file server?

Pada postingan ini, kami telah menjelaskan kelebihan dan kekurangan dari file server; Anda bisa membacanya.

File server memiliki banyak fitur seperti:

Pertukaran data bisnis yang sederhana dan aman

Keamanan dan manajemen jarak jauh

Keandalan melalui ketertelusuran

Keamanan jarak jauh end-to-end

Kata penutup

Sekarang Anda menyadari apa itu file server, jenis dan contohnya; Dan dengan mudah menangani kelebihan dan kekurangan dari file server. Jika artikel ini bermanfaat bagi Anda, silakan bagikan dengan teman, anggota keluarga, atau kerabat Anda di jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, Linked In, Twitter, dan lainnya.

5/5 - (1 vote)

Leave a reply