25 Sep

Bagaimana Web Gratis Memperoleh Keuntungan

Bagaimana website gratis bisa mendapat penghasilan? Intinya, adalah soal kepercayaan pada situs gratis. Kepercayaan ini penting.

Sekarang, jika ada cara untuk membangun kepercayaan, Apakah melulu dengan memasang iklan? Tidak. Penghasilan yang besar justru bukan diraih dari iklan. Tetapi, karena menjual produk sendiri.

Anda pastinya tahu, orang menjual itu terkadang beriklan. Nah, biaya beriklan ini pastinya dihitung lebih kecil daripada keuntungan. Jadi, memang secara umum menjual produk sendiri lebih menguntungkan.

Tetapi, sekarang, bagaimana cara menjual dengan baik menggunakan website gratis?. Bagaimana membangun kepercayaan konsumen pada website gratisan kita?

Bagaimana Web Gratis Memperoleh Keuntungan

  • Jika menjual barang atau jasa sendiri

Jika kita bicara web gratis, maka kesan yang ada adalah, kurang dipercaya. Akun gratisan bisa diubah atau ditinggalkan kapanpun. Apalagi jika template desain standar. Apakah semua pengunjung akan berpendapat demikian?

tentu saja tidak. Tetapi, memang ada syaratnya akun gratisan bisa menghasilkan uang.

  • Menggunakan alamat asli. Juga Peta Google asli

Ini adalah cara ampuh meningkatkan kepercayaan pengunjung. Meskipun website terlihat gratis, tetapi alamat kita asli. Peta Google kita asli.

Jika pengunjung menemukan alamat kita real, mereka akan tetap percaya bahwa kita benar – benar menjual dengan real. Bukan menipu. Tetapi, biasanya yang percaya masih terbatas konsumen lokal. Atau dari kota yang sama, yang mudah mengakses alamat Anda.

Selain itu, Anda bisa sengaja meminta mereka datang ke alamat Anda untuk membeli. Cara ini membuat orang lebih percaya juga.

  • Aktif mengisi konten

Aktif mengisi konten ada 2 keuntungannya. Meningkatkan rangking di Google. Juga menambah kepercayaan. meskipun website gratis, tetapi jika kontennya banyak, maka akan lebih dipercaya.

Membuat ratusan konten mestinya bukan pekerjaan 1 hari kelar. Karenanya, website gratis Anda akan dianggap berumur lama. Dan, bisnis Anda juga sudah lama berjalan. Orang menjadi lebih yakin bahwa pelanggan akan mendapat produk jika melakukan order. Bukan ditipu.

  • Aktif dengan forum sesuai bidang Anda

Ini adalah salah satu cara mengenalkan bisnis Anda. Tetapi, jangan melakukan spam. Akibatnya akan kontra produktif. Toko bisa dibenci orang.

Baca Juga :   Membuat Website Gratis, Mudah !

Yang baik, adalah berinteraksi secara biasa saja. Tetapi, bisa menggunakan nama toko untuk nama ID kita di forum. Atau, meninggalkan signature, jika memungkinkan.

Untuk signature, jangan banyak – banyak hingga terkesan spam.

  • Menggunakan foto – foto milik sendiri

Cara mebuat identitas, adalah memuat foto milik sendiri. Misalnya, latar belakang foto ada logo bisnis kita. Bukan logo yang digambar di foto ya. Tetapi logo yang ikut difoto.

Memiliki gambar sendiri akan jauh memberikan keyakinan dibanding menggunakan foto dari internet. Misal saja, mencetak kertas dengan logo “LAWANG TECHNO.” Kemudian, menjual HP. HP ini fotonya berlatar belakang kertas tadi. Pasti orang yakin itu foto HP yang kami jual. Pengaruhnya besar lho.

  • Melayani pelanggan dengan baik

Pelanggan perlu memberi review yang baik, jika mereka mau memberi review. Atau, meninggalkan komentar yang baik. Meskipun website gratis, jika comment bagus, akan terangkat juga derajatnya.

Jika review atau komentar orang jelek, susahlah bisnis itu. Sudah websitenya gratisan, komentarnya miring pula.

  • Ikut menjual di sosial media atau tempat lainnya

Hal ini juga penting. Toh medsos itu gratis. Sekarang, kita hubungkan link medsos dan juga website kita. Kemudian, promosi kita harus saling mendukung.

Memiliki 1 web gratis masih akan diragukan apakah bisnis serius atau tidak. memiliki akun sosmed juga mungkin meragukan. Tetapi, memiliki beberapa akun sekaligus, dan terhubung, akan menenangkan konsumen. Mereka lebih yakin jika bisnis kita jujur.

Kemudian, jika memungkinkan, buka juga channel Youtube. Bagaimanapun juga, Youtube lebih sering dipergunakan ketimbang Instagram. Dan, hanya kalah dengan Facebook saja.

Kemudian, sekali lagi, bisa menggunakan nama channel sesuai nama bisnis. Dan, memasukkan link website gratis disana.

Intinya, untuk membangun kepercayaan pada website gratis, perlu perjuangan lebih. Lebih banyak hal yang perlu dikerjakan.

Tetapi, jika sudah untung, sangat disarankan untuk mengganti website gratis dengan yang berbayar. Misalnya ditempat kami.

  • Cara website gratis menghasilkan uang jika menggunakan iklan

Sekarang, jika website gratis hanya menggunakan iklan. Misalnya pay per click atau pay per view. Maka, jujur saja. Akan jauh lebih sulit menghasilkan uang. Tetapi, bukan tidak mungkin menghasilkan uang.

Yang paling penting, adalah ekspektasi Anda. Berapa yang ingin Anda hasilkan dari web gratis tersebut. Soalnya, biasanya, orang berakhir menghasilkan uang hanya ratusan ribu sd beberapa juta sebulan. Tetapi, ada juga yang menghasilkan hingga puluhan juta sebulan dengan website gratis. Jika Anda ingin penghasilan yang besar, ada jalan yang harus dilalui. Lalu, bagaimana caranya?

  • Menggunakan nama domain berbayar

Akhirnya membayar dong?

Baca Juga :   Apa Website yang Cocok Untuk Bisnis? - Begini Cara Memilihnya

Iya. Karena mayoritas iklan juga menuntut website kita memiliki nama domain berbayar. Meskipun server bisa jadi masih gratis.

Tetapi, ada kekurangan. Saat ini website gratis di WordPress.com banyak yang kena banned. Yah, termasuk beberapa website gratis saya yang tidak pernah terurus.

Tampaknya, biaya untuk mempertahankan situs gratisan memang mahal. WordPress memutuskan menghilangkan situs yang tidak update, atau kontennya kurang berkualitas.

Suatu hari nanti, bukan tidak mungkin standar mereka bertambah. Dan situs kita yang sekarang masih dianggap bagus bisa kena banned juga.

Artinya, hilanglah pekerjaan kita sekian lama itu. Jadi, kita harus tetap menyiapkan diri untuk yang terburuk, jika menggunakan gratisan.

  • Menggunakan sosial media untuk berpromosi

Sama seperti dengan situs yang menjual produk sendiri. Promosi itu penting.

Saya mengenal situs gratisan blogspot. Dulunya  pemilik menulis apa yang diketahui saat kuliah S1 dan S2. Ternyata, bahan blog seperti itu justru banyak dicari. Untuk promosinya, saat itu dengan Facebook.

  • Aktif share atau membagi konten

Dengan Facebook juga, pemilik situs ini membagi konten. Dan, di share ulang oleh penggemarnya. Konten dia sebenarnya pertanian dan perikanan. Banyak tips menanam tanaman. Juga bertani ikan. Jadi memang banyak diperlukan orang.

Mereka yang senang kontenya, akan datang ke website untuk membaca kontan lainnya.

  • Membuat konten yang memang dibutuhkan orang

Ini adalah hal penting. Membuat konten yang menjadi solusi masalah orang lain. Maka, website Anda akan banyak kunjungan meskipun berupa website gratis. Dan, akan berimbas pada penghasilan yang memadai.

Untuk kasus website pertanian tadi, bahkan bisa mencapai puluhan juta sebulan dari iklan Google Adsense.

  • Membuat konten secara teratur

Kembali lagi, konten yang update teratur disukai Google. Juga, website yang kontennya banyak lebih dipercaya pengunjungnya.

Apakah Anda lebih percaya website dengan konten 5 halaman, dibanding yang sudah mencapai 2000 halaman? Yang sudah dibangun 5 tahun lebih?

Pastinya, yang terakhir kan?

  • Cara website gratis menghasilkan uang –  membuat konten bersponsor

Salah satu cara menghasilkan uang di website gratis, dengan konten bersponsor. Artinya, konten dibuat untuk promosi produk atau situs website lain. Mungkin ada backlink ke situs yang berpromosi. Juga mungkin minta share link dia ke akun sosmed kita.

Baca Juga :   Website Murah Toko Online Murah di Provinsi Jambi

Tetapi, sekali lagi, konten bersponsor biasanya juga tersedia untuk website dengan nama domain Top Level Domain / TLD atau berbayar.

Jadi, minimal situs Blogspot dengan nama domain sendiri. misal, reviewHP.id

Memang, website yang gratis 100 persen biasanya kurang dipercaya. Itu karena website bisa dihapus pemilik server kapanpun. Entah karena melanggar, atau karena mereka menghapus layanan gratisnya.

Jadi, sebaiknya memang membuat website itu dengan nama domain TLD. Dan, juga dengan server berbayar. karena, akan lebih awet. tanpa takut sewaktu – waktu layanan gratisnya dihapus.

Kemudian, Anda bertanya, apakah cara promosi diatas bisa diterapkan untuk website berbayar? Ya, pastinya lebih bagus lagi kan hasilnya.

Jika dipakai web keren dan berbayar seperti buatan kami, akan lebih mantab lagi tips dan trik itu bekerja!

Ini sedikit tips cara website gratis menghasilkan uang. Semoga bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung dan salam sukses luar biasa!

Leave a reply