17 Mar

Apa Itu Server Komputer

Apa itu server komputer. Komputer server adalah jenis komputer yang didedikasikan untuk menyediakan layanan ke komputer lain. Ini bertindak sebagai hub yang menyimpan dan mengelola data, aplikasi, dan sumber daya lainnya.

Pada dasarnya, server adalah sistem terpusat yang mengelola dan mengoordinasikan sumber daya dan data untuk banyak klien atau pengguna. Ini dioptimalkan untuk kinerja tinggi, keandalan, keamanan, dan skalabilitas, dan biasanya menggunakan komponen perangkat lunak dan perangkat keras khusus untuk mencapai tujuan ini.

Apa Itu Server Komputer

Komputer server sangat penting untuk banyak bisnis karena merupakan tulang punggung dari banyak jaringan komputer. Memilih perangkat keras yang Anda gunakan untuk server di jaringan Anda adalah salah satu keputusan utama yang Anda buat saat mengatur jaringan Anda.

Bagaimana Memilih Komputer Server

Memilih komputer server yang tepat untuk kebutuhan bisnis Anda bisa sangat membingungkan. Penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor seperti ukuran bisnis Anda, jenis aplikasi yang perlu Anda jalankan, dan tingkat kinerja yang diperlukan.

Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan biaya server serta efisiensi energinya. Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai.

Berikut adalah beberapa poin umum yang perlu dipertimbangkan saat memilih komputer server untuk jaringan Anda:

Perluasan. Skalabilitas mengacu pada kemampuan untuk meningkatkan ukuran dan kekuatan komputer server tanpa kerumitan yang tidak semestinya.

Salah besar jika membeli komputer server yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini, karena bisa dipastikan dalam setahun kebutuhan Anda akan berlipat ganda.

Jika memungkinkan, lengkapi server Anda dengan lebih banyak ruang disk, RAM, dan daya prosesor daripada yang Anda butuhkan saat ini.

Baca Juga :   Tempat Beli Web Hosting dan Domain di Jogja

Baca apa yang dikatakan IBM tentang skalabilitas server

kredibilitas. Pepatah lama “Anda mendapatkan apa yang Anda bayar” berlaku baik untuk komputer server. Mengapa menghabiskan $10.000 untuk komputer server jika Anda dapat membeli komputer dengan spesifikasi serupa dengan diskon $2.000 di toko elektronik?

Salah satu alasannya adalah keandalan. Kegagalan komputer klien hanya mempengaruhi pengguna yang menggunakan komputer ini. Namun, ketika server mati, semua orang di jaringan terpengaruh. Komputer yang paling murah kemungkinan besar terbuat dari komponen berkualitas rendah yang cenderung gagal.

ketersediaan. Konsep ketersediaan terkait erat dengan keandalan. Ketika komputer server mogok, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki masalah dan membuat server aktif kembali?

Komponen

Komputer server dirancang agar komponennya dapat dengan mudah didiagnosis dan diganti, sehingga mengurangi waktu henti yang disebabkan oleh kegagalan komponen. Pada beberapa server, komponen bersifat hot swappable, artinya beberapa komponen dapat diganti tanpa mematikan server.

Beberapa server dirancang untuk toleran terhadap kesalahan sehingga dapat terus berfungsi bahkan jika komponen utama gagal.  Layanan dan dukungan. Layanan dan dukungan adalah faktor yang sering diabaikan saat memilih perangkat keras komputer.

Jika komponen komputer server gagal, apakah Anda memiliki teknisi ahli di lokasi untuk memperbaiki komputer yang rusak? Jika tidak, Anda harus membuat kontrak dengan layanan komputer di tempat.

Jangan puas dengan kontrak perawatan yang mengharuskan Anda membawa komputer ke bengkel, atau lebih buruk lagi, mengirimkannya ke bengkel. Anda tidak bisa terlalu lama tanpa server.

Anda bisa menghubungi kami untuk mempelajari tentang opsi server terbaik untuk website Anda, atau kunjungi halaman solusi server kami untuk mempelajari lebih lanjut.

Apa Itu Server Komputer dan Jenisnya

Server dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan fitur dan kemampuannya, antara lain:

Baca Juga :   Apa itu Virtualisasi Server

Server web: Server ini menghosting situs web dan aplikasi web dan menanggapi permintaan klien melalui HTTP.

file server. Server ini menyimpan dan berbagi file dan data di seluruh jaringan, memungkinkan banyak pengguna untuk mengakses dan mengelolanya.

Server basis data: Server ini mengelola dan memproses data yang disimpan dalam basis data dan menanggapi permintaan klien menggunakan SQL atau bahasa basis data lainnya.

Server surat. Server ini mengelola dan mengirimkan pesan email antar klien menggunakan protokol seperti SMTP, POP, atau IMAP.

Server aplikasi. Server ini menyediakan platform untuk menjalankan dan mengelola aplikasi bisnis seperti ERP, CRM, atau sistem pengiriman pesan.

Server game: Server ini menghosting game online dan lingkungan multipemain, memungkinkan pemain untuk berinteraksi dan bermain satu sama lain dalam waktu nyata.

Server dapat berupa fisik atau virtual, tergantung pada penerapan dan konfigurasinya. Server fisik adalah perangkat fisik yang menjalankan perangkat lunak server dan terhubung ke jaringan. Di sisi lain, server virtual adalah contoh perangkat lunak server yang berjalan di mesin virtual, biasanya dihosting di server fisik atau infrastruktur cloud yang lebih besar.

Secara umum, server komputer adalah komponen penting dari infrastruktur TI modern, menyediakan komunikasi yang efisien dan andal, pengelolaan data, dan pemanfaatan sumber daya dalam jaringan dan sistem.

5/5 - (1 vote)

Leave a reply