13 Aug

Harga Jasa Pembuatan Website Terbaru 2021

Harga jasa pembuatan website tahun 2021. Harga dari LAWANG TECHNO tidak berubah terlalu banyak. Bahkan masih sama dengan harga tahun 2020.

Ada beberapa alasan. Yang pertama, komponen biaya memang naik. Tetapi sedikit. Kemudian, pada masa ini ekonomi berubah kembali ke arah normal sejak corona. Jadi, harga yang tidak naik akan membantu bisnis lain seperti UMKM untuk juga menikmati pertumbuhan.

Sekarang ini, promosi dengan internet sudah sangat banyak. Kita terbiasa menggunakan HP. Pencarian di Google dengan perangkat mobil sudah sangat sering dilakukan. Termasuk, untuk berbelanja.

Karena itulah, website menjadi bagian penting dari promosi ini. Tidak masalah jika kita memiliki kanal media sosial atau lainnya. Yang penting, website kita bisa menjadi katalog yang lebih lengkap. Karena, ditempat lain mungkin ada beberapa keterbatasan disana.

Misalnya saja, cara penampilan posting medsos lebih terbatas. Di website bisa dibuat sesuai dengan keinginan.

Tambahan lagi, Anda bisa posting di blog kapanpun Anda mau. Website kami memiliki fitur blog. Jadi mudah update sendiri.

Misalnya saja, blog untuk travel, bisa diisi sedikit cerita travel dan berbagai foto. Bisa diupload setelah selesai trip. Setelah beberapa bulan, pastinya akan membuat website semakin “besar.”

Apa keuntunganya? Dari sisi pengunjung, lebih banyak pilihan konten. dari sisi kepercayaan, juga lebih tinggi.

Sebuah situs dengan banyak konten pastinya dibuat tidak dalam semalam. Artinya, pemilik situs serius dengan situsnya. Jika itu situs bisnis, akan terkesan jauh lebih serius juga. Kepercayaan pengunjung akan jauh lebih tinggi. Terutama para penbgunjung baru.

Nah, para pengunjung baru inilah yang berpotensi menjadi klien baru kita. Atau, potensi untuk memperluas pasar.

Memiliki website, juga mempunyai manfaat lain. Misalnya, menjadi “majalah online” untuk bisnis kita.

Bayangkan saja, jika review tempat wisata, trip dan lainnya ada secara teratur, maka lama – lama situs menjadi majalah wisata juga. Meskipun tidak semua objek wisata di Indonesia. tetapi tidak masalah. Selalu ada orang yang ingin melihat dan datang ke tempat yang kita review.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Salatiga

Harga Jasa Pembuatan Website Terbaru Tahun 2021

Secara umum, ada beberapa aspek yang terkait dengan harga website. Untuk website konten, harganya sperti pada link diatas. Untuk website lainnya, harga website, banyak dipengaruhi beberapa hal berikut:

  • Website konten atau aplikasi

Website konten adalah website untuk menampilkan konten. Jadi, mirip dengan web portofolio. Website instansi pemerintah dan juga website berita.

Yang penting dari website ini adalah kemudahan mengupdate konten. Konten bisa diupdate sendiri oleh pemilik web atau karyawannya. Kemudian, bisa juga diisi dengan gambar, video atau dengan file PDF.

Website aplikasi adalah situs untuk menjalankan aplikasi. Misalnya, untuk perusahaan taksi. Jika ingin sistem semacam GIS, yang bisa digunakan untuk melihat armada taksi ada dimana saja.

Website aplikasi ini membutuhkan biaya yang lebih tinggi untuk dibuat. karena, kerumitannya untuk menjalankan software / aplikasi lebih banyak. Lebih lama membuatnya. Apalagi, jika penggunaannya juga kompleks. Misalnya multi user yang terhubung bersama. Dan, dengan fasilitas atau fitur yang saling tersambung.

  • Website konten desain custom atau tidak

Untuk website konten, maka desain standar akan jauh lebih murah. Harganya mulai RP. 750.000 saja. Untuk desain custom, mulai Rp. 1,500.000 –

Desain website custom akan terlihat lebih baik. Dan lebih terlihat kreatif juga. Meskipun web standar tetap sama peluangnya untuk masuk halaman depan Google.

  • Ukuran jasa pembuatan website

Perusahaan yang lebih besar akan cenderung memasang harga yang lebih tinggi. Mereka membutuhkan margin yang lebih besar daripada yang kecil.

Freelancer, meskipun bisa lebih baik hasilnya dari perusahaan besar, justru bisa mematok harga lebih murah.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Pacitan

Tetapi, ada resiko juga untuk jasa pembuatan web dari freelancer. Jika ia berganti pekerjaan, maka situs Anda juga bisa ikut ditinggal. Karena itu, Anda harus meminta username dan password untuk login di server dan nama domain.

Sebisa mungkin, juga meminta diajari cara membayar sewa server hosting dan nama domain untuk periode berikutnya. Jadi, website bisa terus hidup meskipun pembuatnya berhenti dan ganti pekerjaan.

  • Apakah ada layanan lainnya atau tidak

Apakah Anda menggunakan jasa Search Engine Optimization ( SEO ) atau iklan Google? Atau jasa tambahan lainnya? Jika ada layanan tambahan, maka harga web tentunya bisa mahal.

Bahkan, jasa SEO ( jasa masuk halaman depan Google ) bisa semahal atau lebih mahal dari jasa pembuatan websitenya sendiri.

SEO itu gunanya untuk berpromosi. Membuat web masuk halaman depan pencarian Google memerlukan waktu. Dan usaha yang konsisten. Karenanya, harga jasanya bisa mahal tergantung kompetisinya.

Tetapi, biaya SEO akan terbayar karena website lebih sering dikunjungi. Artinya, lebih sering mendapat pelanggan. Juga, minimal lebih cepat terkenal. Jika belum dikunjungi, minimal akan terbaca oleh pencari Google.

Yang diatas, adalah faktor utama untuk menentukan harga jasa pembuatan website. Selain itu, ada faktor lain yang juga membuat harga website akan lebih mahal atau tidak.

  • Harga domain

Harga domain .com kini sekitar Rp. 160.000 untuk 1 tahun. Amda bisa membayar untuk 1 sd 3 tahun biasanya. Jika membeli di luar negeri, ada yang boleh hingga 5 tahun.

Harga domain memang berpengaruh, tetapi hanya sedikit. Untuk situs yang versi situs premium keatas, harga domain tidak terlalu berpengaruh.

Nama domain ID atau Indonesia juga sama saja harganya. Terutama untuk 2 tahun pertama. Setelah itu, harga pembaharuan bisa berbeda. Mungkin bisa lebih mahal. Hal ini saya kurang tahu sebabnya. Mungkin karena beberapa jenis domain ID menunjukkan nama perusahaan dan didaftarkan dengan akta perusahaan.

  • Harga sewa server hosting

Menyewa server hosting ada harganya. Bisa murah mulai Rp. 300.000 setahun. Tetapi, bisa juga mencapai jutaan setahun. Semua tergantung kapasitas server kita. Jika hanya untuk website portofolio perusahaan, mungkin server senilai Rp. 600.000 setahun sudah mencukupi. Tetapi, untuk web yang pengunjungnya ribuan sehari, akan butuh server yang jutaan setahun.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Subang, Jasa Buat Web di Subang

Ini adalah gambaran tentang harga website di LAWANG TECHNO. Untuk beberapa tempat lain, masih serupa juga. Jika Anda ingin website berkualitas, atau aplikasi, maka bisa menghubungi kami. Salam sukses luar biasa!

Leave a reply