28 May

Jenis Server dan Fungsinya

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Server dalam sebuah jaringan komputer adalah sebuah sisyem komputer yang bertujuan untuk pelayanan tertentu. Server bisa berfungsi sebagai server untuk aplikasi, server proxy untuk koneksi jaringan ke internet serta server data (data server).

Jenis – Jenis Server

1. Data server atau database server

Server jenis ini menyediakan fasilitas untuk pengelolaan basis data, untuk pengelolaan aplikasi data ataupun mendukung sistem manajemen basis data (SMBD).
Server ini bisa berfungsi untuk menyimpan data yang bisa digunakan untuk, perngarsipan, analisis data dan lain sebagainya.

Jenis server database:

Flat file database. Adalah file database sederhana yang berisi informasi yang dipisahkan tanda koma, semicolon atau usus. Yang kedua adalah database relasional. Database jenis ini menggunakan tabel. Yang ketiga adalah database objek. Ini adalah database multimedia yang bisa menyimpan data lebih banyak daripada database relasional.

2 File Server

Komputer server ini bertujuan untuk menyimpan file bersama komputer atau penyimpanan bersama. Disini, file yang disimpan tidak diproses seperti file di data server. File disini lebih seperti file dokumen, suara atau foto yang bisa diakses bersama oleh komputer dalam jaringan.

Disini server tidak melakukan komputasi atas file yang disimpan. Komputasi dilakukan oleh workstation atau komputer klien sendiri. Komputer klien mengakses file dan melakukan komputasi sendiri atas file yang diaksesnya.
File server biasanya digunakan di kantor atau sekolah untuk menyimpan data bersama.

Meskipun begitu, karena file server menggunakan komputer yang cepat dengan memori besar, maka klien tetap bisa melakukan komputasi dengan server bersangkutan.

3. DHCP Server

DHCP server dapat memberikan alamat IP kepada klien secara otomatis. Proses kerjanya adalah,

  • SHCP client menyebarkan broadcast mencari DHCP server aktif.
  • DHCP server yang aktif dan mendengar permintaan tersebut merespon dengan menawarkan sebuah alamat IP kiepada klien.
  • DHCP klien menyetujui penawaran tersebut
  • DHCP server mengirimkan paket DHCPACK yang berisi konfigurasi alamat IP kepada klien yang meminta. Server juga memperbarui databasenya dan klien dapat terhubung ke jaringan.

4. Wide Area Information Server (WAIS)

Gampangnya, server ini adalah semacam mesin pencari untuk mencari basis data di suatu remote server. Salah satu contohnya “Poject Gutenberg” yang merupakan situs buku gratis. Selain mencari data yang sudah terindeks di suatu server, WAIS juga bisa digunakan untuk mesin pencari sebuah web individual.

5. Web Server

Web server adalah aplikasi server yang permintannya berupa permintaan HTTP atau HTTPS. Web server mengirimkan hasil permintaannya berupa file HTML dan CSS. Oleh browser, file file tersebut ditata dan ditampilkan dalam bentuk berbagai halaman website.
Selain bekerja dio jaringan internet, web server juga bisa digunakan untuk perangkat keras seperti printer atau router atau yang lainnya yang memiliki akses layanan http di jaringan lokalnya.

6. Mail Server

Server ini menggunakan software yang dibuat khusus untuk menangani e-mail dan bebbagai file lampirannya. Mail server adalah kantor pos modern yang menangani pengiriman surat elektronik

7. FTP Server

FTP server memiliki layanan protokol FTP untuk transfer data.

8. Proxy Server

Proxy server digunakan untuk memperkuat security pada suatu jaringan. Proxy juga bisa digunakan untuk filter dalam komunikasi jaringan, misalnya memblok sebuah IP address.

9. Telnet Server

Adalah server yang digunakan untuk melakukan remote terhadap komputer yang kita inginkan. Sebelum melakukan remote, kita perlu login terlebih dahulu di telnet dan telnet meneruskan permintaan kita ke komputer tujuan.

10. Game Server

Game server adalah server untuk menghubungkan banyak komputer client yang digunakan para pemain game. Selain berada di server khusus, server game ini juga bisa menggunakan komputer salah satu pemain game bersangkutan.

11. Server Aplikasi

Sesuai namanya, server ini berguna untuk menjalankan seatu aplikasi

12. Streaming Media Server

Server untuk melayabi streaming musik dan video. Dengan server ini, kita bisa memutar video atau musik tanpa perlu menfownloadnya terlebih dahulu.

13. Server DNS

Komputer server ini menterjemahkan alamat diman menjadi alamat IP.

14. Server Printer

Server printer adalah server yang menghubungkan suatu printer dengan jaringan. Dengan konfigurasi ini, maka banyak komputer klien bisa mengakses printer secara langsung. Hasilnya penggunaan printer menjadi jauh lebih efisien daripada menggunakan 1 printer untuk 1 komputer.

Inilah sebagian dari berbagai jenis server yang terkenal dan biasa kita gunakan. Sebenarnya, masih banyak jenis server lain yang biasa kita temui atau tidak kita sadari kehadirannya.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply