18 Mar

5 Tipe Hosting Saat Ini

5 tipe hosting saat ini. Bagi Anda yang memerlukan web hosting, pastinya sering mendengar banyak jenis penawaran. Minimal, ada 5 jenis server hosting yang terkenal pada saat ini.

5 Tipe Hosting Saat Ini

Begitu Anda mulai menjelajahi pilihan Anda, Anda akan segera menemukan bahwa ada berbagai jenis hosting, masing-masing dengan harga, kinerja, fitur, dan kompleksitas teknis yang berbeda.

Jika Anda ingin membuat pilihan yang tepat untuk situs web Anda, penting untuk mengetahui apa itu masing-masing jenis hosting, serta kelebihan dan kekurangannya.

Tentang itulah postingan ini. Kami akan mulai dengan penjelasan umum tentang apa itu web hosting. Kami kemudian menganalisis jenis hosting yang paling populer dan membantu Anda menemukan yang tepat untuk situs web Anda.

Pelajari lebih lanjut tentang biaya tersembunyi hosting situs web

Apa itu hosting web?

Hosting situs web adalah perangkat keras yang menggerakkan situs web Anda dan membuatnya tersedia untuk pengunjung di seluruh dunia.

Dengan kata lain, ini adalah tempat Anda menyimpan file dan konten situs web Anda, dan yang menyediakan file tersebut kepada pengunjung Anda saat mereka mengunjungi situs Anda (dengan memasukkan nama domain situs Anda).

Di balik setiap situs terdapat jenis host web tertentu, baik itu situs besar seperti YouTube atau blog teman Anda.

Saat Anda membeli hosting web, pada dasarnya Anda menyewa ruang di komputer Anda. Itu bisa menjadi bagian dari komputer yang Anda bagikan dengan orang lain, seluruh komputer, atau bahkan ruang di jaringan komputer (juga dikenal sebagai “awan”).

Jika Anda memiliki hosting untuk situs Anda, Anda dapat mulai menggunakannya.

Dengan cara yang sama Anda dapat menginstal perangkat lunak (seperti aplikasi) di komputer pribadi Anda, Anda juga dapat menginstal perangkat lunak di host web Anda.

Situs web WordPress : hosting web (perangkat keras) dan WordPress (perangkat lunak). Setelah Anda menyiapkan kedua elemen ini, Anda dapat mulai mendesain situs menggunakan alat seperti Elementor.

Namun, jika Anda merasa kewalahan dengan aspek teknis dalam mengelola hosting web, Anda dapat memilih host WordPress terkelola all-in-one , seperti Elementor Hosting.

Ini memberikan dukungan pemenang penghargaan yang menangani keamanan, pembaruan perangkat lunak, kinerja, dan pencadangan sehingga Anda dapat fokus merancang dan membangun situs Anda.

Baca Juga :   Litespeed Web Server Hosting

Situs web yang berbeda akan memiliki kebutuhan hosting yang berbeda dalam hal sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan situs web.

Situs web dengan lalu lintas tinggi dan sumber daya tinggi akan membutuhkan hosting dengan kapasitas besar untuk menangani beban kerja, sedangkan situs web dengan lalu lintas rendah membutuhkan kapasitas lebih sedikit.

Secara umum, hosting yang lebih kuat akan membutuhkan lebih banyak uang. Jangan berharap laptop murah seharga $300 akan bekerja sebaik komputer seharga $10.000, dan hal yang sama berlaku untuk web hosting.

Apa 5 Tipe Hosting Saat Ini

Sekarang setelah Anda mengetahui apa itu web hosting, mari kita lihat lima jenis utama hosting situs web.

Semua jenis hosting ini sangat cocok untuk menjalankan situs web WordPress . Namun, beberapa di antaranya mungkin lebih cocok dengan situasi unik situs WordPress Anda daripada yang lain.

1. Shared Hosting

Dengan hosting Shared, akun dan situs web Anda akan berbagi sumber daya dengan akun hosting lain di server itu.

Faktanya, satu-satunya alasan untuk memilih shared hosting adalah harganya. Karena akun berbagi sumber daya, hosting bersama biasanya merupakan cara termurah untuk menghosting situs web.

Sebagian besar penyedia hosting bersama juga mengiklankan batasan murah hati seperti “situs web tidak terbatas” dan “penyimpanan tidak terbatas” (walaupun hosting “tidak terbatas” tidak benar-benar ada).

Namun, dari sudut pandang kinerja, berbagi sumber daya dengan akun lain bukanlah konfigurasi yang optimal. Seberapa baik hosting bersama berfungsi tergantung pada berapa banyak akun hosting yang coba dipasang oleh penyedia di setiap server.

2. Hosting VPS

Paket hosting web Virtual Private Server (VPS) menggabungkan fitur hosting web khusus dan bersama. Konten situs web dihosting di partisi virtual di server web untuk meniru server khusus tetapi masih berbagi server dengan banyak pengguna.

Hosting VPS memberi bisnis dan pemilik situs web kemampuan untuk mengatur penyimpanan mereka di server web tanpa memerlukan server khusus.

Keuntungan

Ini menyediakan fitur hosting khusus tetapi dengan harga lebih murah

Waktu aktif dan kecepatan lebih tinggi daripada hosting web bersama

kekurangan

Tidak dapat menangani lalu lintas tinggi karena berbagi sumber daya

Anda hanya dapat mengontrol beberapa aspek dari server.

3. Dedicated Hosting

Dengan hosting dedicated, Anda memiliki seluruh server fisik hanya untuk situs web Anda. Anda mendapatkan segalanya dan Anda tidak perlu membaginya dengan orang lain.

Keuntungan utama dari hosting khusus adalah Anda memiliki kendali penuh atas lingkungan fisik. Anda dapat memilih perangkat keras, perangkat lunak, dll.

Baca Juga :   Apakah Server Bisa Untuk Main Game

Namun, sebagian besar pengguna WordPress tidak memerlukan dedicated hosting. Ini terutama merupakan solusi untuk organisasi besar yang memerlukan lingkungan perangkat keras khusus untuk alasan teknis atau organisasi tertentu.

Untuk sebagian besar pengguna WordPress , Anda bisa mendapatkan manfaat kinerja dari sumber daya dengan hosting cloud dengan biaya lebih rendah dibandingkan dengan dedicated hosting.

Hosting Dedicated adalah sesuatu yang akan Anda temui, jadi perlu disebutkan. Tetapi untuk situs web yang memuat cepat, hosting WordPress yang managed / dikelola menawarkan nilai yang lebih baik.

4. Managed WordPress Hosting

Adalah jenis hosting yang dirancang khusus untuk situs web yang dibangun dengan WordPress . Tidak seperti hosting tradisional, hosting WordPress terkelola menyediakan lingkungan yang lebih aman dan terjamin untuk menghosting situs web WordPress .

Penyedia hosting menangani aspek teknis pengoperasian dan pemeliharaan situs web, seperti pembaruan perangkat lunak, keamanan, pencadangan, dan peningkatan kinerja. Hal ini memungkinkan pemilik situs web untuk fokus membuat dan menerbitkan konten tanpa harus mengkhawatirkan infrastruktur teknis yang mendasarinya.

Hosting WordPress Terkelola menyediakan serangkaian fitur “pramutamu” untuk pengguna WordPress yang melampaui apa yang ditawarkan hosting biasa. Ini mencakup fitur-fitur seperti berikut ini:

Pencadangan otomatis

Pembaruan WordPress otomatis

Peningkatan kinerja bawaan.

Fitur keamanan WordPress

Dukungan ahli untuk WordPress

5. Colocation Hosting

Colocation hosting adalah jenis hosting tingkat lanjut yang hanya digunakan oleh perusahaan besar di dunia nyata.

Dengan bundling, Anda sebenarnya memiliki perangkat keras hosting. Artinya, Anda akan benar-benar membeli server hosting yang ingin Anda gunakan.

Namun, Anda menyewa ruang di pusat data perusahaan lain sehingga Anda memiliki kapasitas perusahaan tersebut dan mereka memelihara peralatan tersebut untuk Anda.

Pada dasarnya, Anda terus menggunakan infrastruktur Anda sendiri, tetapi Anda tidak harus memiliki ruang fisik sendiri untuk infrastruktur tersebut (bersama dengan semua biaya terkait seperti listrik dan AC).

WordPress akan membutuhkannya , tetapi ini adalah jenis hosting yang mungkin Anda lihat, jadi ada baiknya mengetahui istilahnya.

Elementor Managed Hosting untuk WordPress

Seperti yang Anda lihat, ada banyak kerumitan terkait jenis hosting yang berbeda.

Jika Anda tidak ingin memilih dari semua opsi ini dan lebih suka fokus hanya pada membangun dan mengembangkan situs web Anda, Anda dapat memilih Elementor Hosting.

Elementor Hosting mengambil kesulitan untuk memilih infrastruktur hosting Anda dengan memberi Anda platform lengkap untuk membangun situs web dengan WordPress dan Elementor.

Baca Juga :   Apa Itu Service Host Local System

Alih-alih mengutak-atik detail teknis, yang perlu Anda lakukan hanyalah mendaftar dan mulai membangun situs web Anda dengan alat yang dimuat sebelumnya.

 

Kesimpulan Tentang 5 Tipe Hosting Saat Ini

Jika Anda ingin membuat situs web, Anda memerlukan hosting. Namun, ada berbagai jenis hosting yang dapat Anda pilih, jadi penting untuk memahami pilihan Anda serta kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis hosting.

Misalnya, beberapa jenis hosting berfokus pada pengurangan biaya dengan mengorbankan kinerja, sementara yang lain berfokus pada penyediaan kinerja dan fleksibilitas maksimum (namun seringkali dengan mengorbankan biaya yang lebih tinggi atau kerumitan tambahan).

Bagi mereka yang mencari cara yang lebih mudah dan nyaman untuk memulai, Elementor Hosting adalah pilihan yang bagus untuk mengaktifkan dan menjalankan situs web Anda dengan cepat tanpa masalah teknis.

Anda akan merasa tenang mengetahui semuanya dikelola untuk Anda, termasuk keamanan yang kuat, pembaruan perangkat lunak otomatis, dan pencadangan rutin.

Selain itu, situs Anda akan memuat dengan cepat, memberi pengunjung Anda pengalaman yang luar biasa.

Daripada mengkhawatirkan detail teknis dan jenis hosting apa yang terbaik, Anda dapat langsung fokus membuat situs web dengan platform all-in-one Elementor.

Apakah Anda masih memiliki pertanyaan tentang berbagai jenis hosting dan mana yang tepat untuk situs web Anda? Beri tahu kami tentang hal itu di komentar!

5/5 - (1 vote)

Leave a reply