02 Nov

Mengapa Membuat Website bisa Mahal?

Mengapa harga website bisa sangat berbeda antara satu website dengan website lainnya? Tentunya karena fitur didalamnya. Sebuah website yang isinya hanya informasi tentang produk saja tentunya harganya cukup murah. Tetapi jika Anda ingin website yang memang bekerja sesuai harapan Anda, dengan cara yang Anda inginkan, web custom harganya mahal. Ini karena membuatnya perlu waktu khusus.

Website aplikasi dengan fungsi khusus tidaklah murah. Misal saja, website dengan aplikasi untuk mengedit video secara online. Aplikasi ini khusus dan membuatnya lama. Bisa berbulan – bulan. Artinya, Anda mesti membayar “kehidupan” perusahaan yang Anda sewa selama beberapa bulan tersebut.

Bagi pebisnis biasa, sebuah website berisi informasi produk / jasa beserta foto dan video biasanya sudah mencukupi. Untuk desain, biasanya sudah cukup custom dan mewakili karakter perusahaan bersangkutan.

Harga website untuk situs jenis ini mulai Rp. 1.500.000 – saja hingga Rp. 10.000.000 -.

Website seperti ini biasanya didominasi oleh website company profile. Bisa juga website untuk berpromosi atau menjual secara langsung.

Website company profile biasa dipergunakan oleh berbagai perusahaan seperti perusahaan kontraktor, pengacara da sebagainya. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bisa digunakan untuk berpromosi jasa atu produk.

Untuk website yang bertujuan untuk penjualan, secara umum lebih mementingkan promosi daripada fitur. Biasanya memang fitur aplikasi rumit tidak diperlukan. Itu jika bisnis mereka memang bukan tentang aplikasi.

Untuk bisnis sedot WC misalnya, yang diperlukan adalah website dan masuk ke halaman depan Google saat dicari pelanggan. Meskipun begitu, desain tetap harus bagus. Itu karena berkaitan dengan kepercayaan pengunjung.

Situs rental mobil atau wisata juga mengandalkan informasi dan desain serta foto / video. Biasanya situs – situs ini mengandalkan foto – foto atau video menarik untuk membuat calon pelanggan tertarik.

Foto – foto tour atau foto mobil yang disewakan akan membuat pengunjung tertarik dan akhirnya menggunakan jasa bersangkutan.

Website aplikasi yang rumit biasanya dipergunakan untuk keperluan tertentu. Misalnya 2 atau 3 kantor ingin sistem database sama. Sistem ini letaknya di satu tempat, tetapi bisa diakses dari berbagai kantor yang ada.

Sistem ini bisa saja mengandalkan website perusahaan yang dibuat khusus atau bisa juga tanpa menggunakan website. Website terakhir ini memang merupakan web custom dan harganya bisa mahal. Tergantung kerumitan yang Anda minta.

Inilah sedikit gambaran mengapa harga website bisa sangat berbeda meskipun mungkin tampilannya mirip. Web aplikasi akan lebih mahal dibandingkan website informasi atau website konten.

Leave a reply