06 Sep

Apa Website yang Cocok Untuk Bisnis? – Begini Cara Memilihnya

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Apa website yang cocok untuk bisnis kita? lalu bagaimana cara memilih website yang cocok untuk bisnis kita? Ini beberapa cara memilihnya berdasarkan:

  1. Apa fungsi website?
  2. Apa yang paling cocok harganya bagi kita
  3. Apa yang paling mudah membuatnya
  4. Jika menggunakan jasa pembuatan website, bagaimana track record dan support mereka?
  5. Jika menggunakan web gratis, apa yang sebaiknya dipilih?

1. Apa fungsi website?

Fungsi sebuah website sangat menentukan pilihan kita dalam membuatnya. Sekarang, apakah kita perlu membuat website yang bisa menerima pendaftaran pelanggan serta memproses dokumen?

Ataukah kita hanya memerlukan website yang bisa menampilkan portofolio kita saja.

Kita bisa jadi hanya perlu menampilkan hasil berbagai desain arsitektur kita beserta beberapa cerita saat proyek ini dibuat hingga hasil akhirnya.

Apakah kita perlu website yang bisa memproses booking tiket secara online?

Ataukan kita perlu website yang bisa mengerjakan perhitungan tertentu? misalnya, menghitung akuntansi atau simulasi yang rumit?

Kemudian, apakah kita perlu aplikasi khusus untuk perusahaan yang akan kita tempatkan di website? Misalnya, mahasiswa yang mengakses serta mengisi KRS secara online.

Jika kita memiliki keperluan tertentu yang kompleks, maka website kita menjadi mahal. Ini karena kita perlu website yang menggunakan kode pemrograman yang khusus hanya dibuat untuk website tersebut. Jadi kita membayar beberapa programer untuk mewujudkan website kita.

Kemudian, proses yang ada bisa berlangsung hingga beberapa bulan. hasil akhirnya adalah website yang lumayan mahal harganya.

Jika kita hanya menginginkan website untuk portofolio perusahaan, kita mungkin hanya perlu website dengan Content Management System (CMS) seperti WordPress saja.

CMS ini gratis tetapi handal. WordPress dibuat oleh ribuan kontributor yang ahli di bidang masing – masing. Jadi, hasil akhirnya adalah sistem yang handal, dengan bug atau kesalahan minimal serta murah untuk digunakan.

Sejujurnya, CMS ini bisa jadi lebih handal dari sisi sistem dibanding CMS atau website buatan beberapa programer yang membuat website dari nol. Masalahnya, CMS wordpress biasanya memiliki fitur yang terbatas, jadi, bagi yang ingin menjalankan aplikasi akuntansi secara online jelas tidak bisa diakomodasi.

Tetapi, bagi pemilik perusahaan yang hanya ingin membuat Company Profile, website WordPress sudah mencukupi. Desain yang ada sudah bisa dibuat custom. Dan, yang lebih bagus lagi, CMS WordPress ini sangat SEO friendly.

SEO adalah Search Engine Optimisation. Biasanya diterjemahkan oleh orang sebagai cara mencapai halaman depan Google.

WordPress sangat ramah dengan Google. Struktur linknya mudah diindeks dan mudah dibuat masuk halaman depan Google. Web lain, yang strukturnya ditulis sendiri belum tentu semudah itu diindeks Google.

Sejujurnya, WordPress ini diciptakan oleh ribuan programer yang sebagian juga memahami SEO dengan sangat baik. Jadi, CMS ini sebenarnya sudah sangat bagus.

Masalahnya ya itu, fiturnya lebih untuk membuat blog, atau maksimal portal dan toko online. Jadi, kita tidak perlu berharap menjalankan aplikasi simulai atau akuntansi di WordPress.

Jika kita perlu yang aplikasi kompleks itu, maka kita terpaksa harus membuat sendiri. Nah, kalau sudah membuat sendiri, harga websitenya bisa minimal 15 juta hingga ratusan juta rupiah.

Sebenarnya, ada beberapa website WordPress yang dibuat untuk perusahaan ternama. Diantaranya:

  • TechCrunch.
  • Bloomberg Professional.
  • Sony Music.
  • The New Yorker.
  • The Official Star Wars Blog.
  • BBC America.
  • MTV News.
  • Variety.

Jadi, wordpress bukan kacangan. Hanya karena gratis atau murah bukan berarti buruk. Hanya fiturnya terbatas karena tujuan awalnya dibuat sebagai blog.

Google sendiri bisa dipakai gratis, tetapi bagus kan?

Yahoo mail juga. Linux yang gratis itu juga sering digunakan di server.

Nah, setelah membandingkan berbagai hal diatas, kita bisa menjawab pertanyaan dibawahnya.

2.  Apa yang paling cocok harganya bagi kita?

Kita bisa memilih yang berharga masuk akal bagi kita. UMKM tidak perlu membuat website dengan framework dan sebagainya. pasti jatuhnya mahal, lama serta fungsinya tidak perlu yang kompleks serta spesifik.

3.  Apa yang paling mudah membuatnya?

Tentunya, jika kita hanya perlu website company profile, kita bisa menggunakan CMS yang murah saja. Kemudian, arsitek juga hanya perlu web berdesain menarik untuk display gambar serta video. Tidak perlu website dengan aplikasi. jadi tidak perlu yang code pemrogramannya dibuat dari nol.

4.  Jika menggunakan jasa pembuatan website, bagaimana track record dan support mereka?

Kita perlu mengetahui hal ini sebelumnya. Ada beberapa jasa pembuatan website yang ditangani oleh mahasiswa. Secara pribadi, saya senang jika mahasiswa sudah mencari uang. Mereka akan jauh lebih cepat terbiasa mandiri. Biasanya juga, karir mereka kedepan juga akan lebih bagus daripada yang sekedar belajar saja.

Tetapi, bayangkan jika Anda perlu support saat mereka sedang skripsi. Biasanya sih, repot…

5.  Jika menggunakan web gratis, apa yang sebaiknya dipilih?

Salah satu saran adalah menggunakan wordpress.com

WordPress.com memberikan tempat penyimpanan yang lumayan besar serta fitur yang lumayan lengkap. WordPress.com adalah domain utama untuk blog gratis WordPress. Domain ini seperti nama domain utama  blogspot.com.

Kita bisa mendaftarkan nama sub domain kita seperti: layang-layang.blogspot.com atau layang-layang.wordpress.com.

Blogspot sebenarnya juga bagus dan handal. Tetapi fiturnya jauh lebih sedikit.

Tetapi, jika kita berniat untuk membuat web bagi bisnis kita, maka pilihannya adalah membuat website yangprofesional dengan nama domain sendiri. Website semacam ini pastinya akan berfungsi serta terlihat jauh lebih pantas bagi citra bisnis kita.

Untuk kebanyakan bisnis, harga website termasuk murah. Tentunya, karena kebanyakan bisnis tidak memerlukan website dengan fungsi yang kompleks.

Inilah panduan memilih website yang cocok untuk bisnis. Kita membuat website tentunya berdasar keperluan serta dana kita yang tersedia. Kemudian, kita perlu mencari yang mudah dibuat. Ya, buat website saja kok ribet…Kemudian, kita perlu jasa pembuatan website yang supportnya bagus.

Tetapi, bagi yang perlu website gratis, wordpress.com serta blogspot.com dari Blogger merupakan pilihan yang baik dan mudah untuk digunakan sebagai sarana belajar.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply