16 Nov

Jasa Pembuatan Website Murah, Bagaimana Menghitungnya?

Jasa pembuatan website murah memang lebih cenderung disukai pelanggan. Tidak selalu yang murah itu jelek. Tetapi, lebih banyak yang bagus itu harganya memang lebih mahal. Ini adalah hukum alam.

Bagaimana menghitung harga website?

Kita bisa menghitung harga website berdasarkan komponen biayanya. Dan juga keuntungan yang biasanya diambil oleh jasa pembuatan website yang bersangkutan.

  • Misalnya, jumlah pegawai perusahaan

Jumlah pegawai perusahaan jasa pembuatan website akan menentukan harga website mereka. Jika pegawainya banyak, ada peluang harga website mereka lebih mahal. Untuk perusahaan besar, harga jasa pembuatan website bisa 2 kali harga dari yang diminta seorang freelancer. Alasannya sederhana saja. Freelancer mungkin bisa hidup sendiri dengan menerima jasa 4 pembuatan website sebulan. Tetapi, perusahaan tidak bisa. Jika pegawainya 10, maka mereka perlu membuat minimal 60 website yang setara untuk bisa menutup ongkos harian. Atau, meningkatkan harga 2 kali harga si freelancer dan hanya perlu membuat 30 buah website saja sebulan.

Tetapi, membuat website di perusahaan besar akan lebih aman. Komitmen untuk menjaga bisnis mereka secara umum jauh lebih besar. Jadi, pelanggan juga akan lebih diuntungkan karena perusahaan besar tidak menutup dan mengganti bisnisnya sewaktu – waktu. Dan, meninggalkan klien bingung saat memerlukan support.

Kemudian, perusahaan besar juga suka membuat website yang mahal untuk perusahaan yang juga besar. Ini supaya 1 website bisa berharga hingga 10 hingga 20 kali harga website dari freelancer. Tentusaja, beda harga ini bukan sekedar website sama yang dipatok harga mahal. Tetapi, memang perusahaan besar biasanya meminta banyak fitur khusus juga.

  • Jenis website

Jenis website sangat menentukan harganya. Website aplikasi pastinya lebih mahal harganya daripada website konten atau website informasi. Web aplikasi misalnya website yang bisa digunakan untuk mengedit foto atau video secara online. Atau, untuk sarana masuk ke database suatu perusahaan dan mengelolanya dari jarak jauh.

Untuk harga website aplikasi, baru bisa ditentukan berdasarkan kerumitan yang Anda minta. Jika pembuatnya sudah memahami keperluan Anda, ia bisa menentukan kapan website jadi beserta harganya.

  • Biaya server dan domain

Nama domain misalnya nama lawangtechno.com. Server adalah tempat semua data website kita diletakkan dan sekaligus tersambung ke internet. Jadi, situs bisa idakses juga lewat internet.

Untuk harga, nama domain .com atau .net biasanya berkisar di Rp. 150.000- untuk 1 tahun.  Nama domain biasanya minimal dibayar untuk minimal 1 tahun hingga 5 tahun. Biaya server, bisa mulai dari Rp. 20.000 sebulan. Ada yang dibayar bulanan atau setiap tahun.

Inilah beberapa komponen yang terkait dengan biaya jasa pembuatan website. Untuk LAWANG TECHNO, ini tabel harga website kami.

Leave a reply