01 Oct

Apa kelebihan dan Kekurangan CMS untuk Website?

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Apa kelebihan dan kekurangan CMS untuk website? jika Anda sedang berfikir untuk membuat website, maka pertanyaan semacam ini tentunya akan terpikirkan.

Jawaban mendasarnya adalah tujuan dari website Anda sendiri.

Jika tujuannya adalah membuat konten untuk berpromosi, mengupload foto, video serta lainnya, maka silahkan saja untuk menggunakan CMS. Kita tidak memerlukan website yang dicoding dari nol untuk website UMKM atau website pribadi.

Untuk Anda yang sekedar ingin cepat menjual, silahkan menggunakan CMS.

Jika kita hanya butuh situs untuk menampilkan portofolio jasa arsitektur kita, maka kita tidak membutuhkan website aplikasi. Kita hanya membutuhkan website CMS saja yang praktis untuk dikelola.

Website dengan coding serta fitur custom yang dibuat dari nol mungkin bagus jika ada keperluan khusus disana.

Website ini bisa menjadi website untuk mengelola proyek besar. Ada beberapa proyek yang berjalan bersama – sama. Setiap proyek memiliki laporan project dasboard serta beberapa hal lainnya.

Setiap proyek bisa berbagi jadwal dan kemudian sumber daya mereka. Kapan di suatu proyek ada alat berat yang “tersisa.” Apakah alat berat tersebut adalah pilihan tepat untuk proyek ditempat lainnya.

Kemudian, mungin kita perlu website aplikasi untuk memantau penjualan di toko cabang kita. Semua input di komputer akan diteruskan langsung ke server di pusat dan langsung bisa dihitung datanya.

Website aplikasi semacam ini mahal harganya. Website aplikasi juga kurang praktis untuk dikelola sendiri.

Jika kita menginginan perubahan, maka kita pasti kesulitan membuat perubahan yang kita inginkan. Kita akan tergantung dengan pengembang website tersebut untuk jangka waktu yang lama.

Website CMS memberikan kemudahan untuk dikelola sendiri. Posting produk atau portofolio baru bisa dilakukan seperti posting update di Facebook.

Kita hanya tinggal menulis, mengupload gambar, atau mengembed video di Youtube dengan mudah. Kemudian, kita bisa mengganti harga produk juga dengan mudah.

CMS gratis sebenarnya tidak jelek. Banyak developer ahli yang memberikan kontribusinya disana.

Sebuah CMS bisa dibuat oleh banyak developer ahli dalam jangka waktu yang banyak jika dihitung secara keseluruhan.

Untuk CMS terpopuler, WordPress, CMS ini setara dengan hasil buatan seorang programer yang bekerja selama 112 tahun.

Tentunya, karena banyak programer yang mengerjakannya, maka waktu pembuatannya menjadi lebih sedikit.

Tetapi, ini menunjukkan bahwa kualitas WordPress sangat bagus.

Jika kita menginginkan CMS untuk banyak keperluan, ada banyak CMS untuk berbagai keperluan.

Magento adalah CMS untuk toko online yang bagus dan fleksibel. Kemudian masih ada CMS lain yang dirancang untuk keperluan lainnya. Jadi, pilihan kita menggunakan CMS sebenarnya mencukupi untuk berbgai keperluan online kita.

Yang perlu diingat, pemilihan CMS ini sebenarnya lebih ke soal kepraktisan serta biaya untuk kita kedepannya. kami menyarankan untuk tidak menggunakan website coding dari nol jika keperluan Anda hanya sebatas konten.

Atau, kita hanya menampilkan produk untuk berpromosi, kita lebih mudah berpromosi menggunakan CMS.

Ini karena setiap perubahan konten bisa ditangani sendiri. Kita tidak perlu mengubah halaman dengan mengubah coding website kita. Harga mengubah coding ini pastilah mahal dan kita perlu menyewa developernya lagi.

Untuk menggunakan CMS, kita bisa membuatnya sendiri.

CMS nya sendiri juga di maintain cukup mudah. Update biasanya bisa dilakukan dengan sekali klik saja. Nah semua kemudahan ini pastilah membuat harga website kita menjadi lumayan murah.

Untuk situs aplikasi, harga minimal puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

Sebuah situs CMS bisa tampil custom sesuai keinginan serta bisa tampil di halaman depan Google hanya dengan dana kurang dari 5 juta rupiah. Ini adalah kelebihan situs CMS.

Jika Anda akan menjadikan pemrograman untuk sumber kehidupan Anda, Anda bisa belajar membuat website dengan mengetik programnya dari nol.

Atau, Anda ingin web aplikasi, maka silahkan membuat website dengan coding dari nol juga.

Tetapi bagi Anda yang hanya berfikir untuk menjual secara online, silahkan membuat website CMS yang praktis serta lebih mudah digunakan.

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan website yang di coding dari nol. Hanya saja harganya menjadi lebih mahal.

Kemudian, saat ini juga ada jasa pembuatan website yang menawarkan CMS buatan sendiri. Yang semacam itu silahkan Anda gunakan.

CMS buatan sendiri atau website yang dicoding dari nol bisa memiliki kelebihan. Jika programernya bagus, struktur website lebih ringkas dan rapi dibanding CMS yang ditujukan untuk penggunaan yang lebih universal.

Please rate this



Share this

Leave a reply