16 Oct

Manfaat Kolagen untuk Kulit – Tampil Segar dan Awet Muda

Manfaat kolagen untuk kulit bisa mempertahankan penampilan awet muda. Bagaimana mempertahankan produksi kolagen dalam tubuh supaya tetap normal?  Bagaimana cara menghindari berkurangnya produksi kolagen sebelum waktunya? Seiring usia bertambah, bagaimana mempertahankan kesegaran kulit secara alami?

Apa itu kolagen?

Kolagen adalah protein yang dibuat sendiri oleh tubuh. Tempatnya ada di tulang, juga di kulit. Selain itu, kolagen juga ada di urat dan otot. Kolagen di kulit, secara khusus membuat kulit terlihat muda. Caranya dengan mempertahankan kekenyalan, juga kekuatan kulit. Selain itu, kolagen juga membantu pergantian kulit lama oleh kulit baru.

Untuk fungsi lain, kolagen juga membantu menyambungkan bagian tulang dan otot. Juga, membantu membentuk struktur tendon dan sendi serta melindungi berbagai organ tubuh.

Manfaat kolagen bagi kulit

Secara umum, manfaat kolagen sebenarnya cukup banyak. Terutama, untuk menjaga kulit tetap terlihat segar seperti saat remaja. Secara khusus adalah:

Manfaat Kolagen untuk Kulit

  • Melembabkan kulit

Kemampuan kolagen untuk melembabkan kulit, banyak dimanfaatkan di dunia kosmetik. Utamanya, pada produk skin care untuk krim wajah serta hand and body lotion.

Kolagen bisa dibawa ke kulit melalui krim yang dioleskan ke kulit. Kolagen akan membawa kelembaban ke kulit secara alami. Jadi, kulit yang kering akan kembali segar jika diberikan kolagen. Jika tidak, maka kulit kering bisa menjadi kasar. Bahkan bisa terjadi iritasi.

  • Mencerahkan warna kulit yang belang

Kolagen juga mampu membuat kulit lebih cerah. Terkadang, warna kulit leher bisa berbeda. Terutama leher yang sering terkena sinar matahari langsung. Bisa juga di lengan atau juga di ketiak.

Baca Juga :   Lokasi Dratini

Kulit yang belang, tentunya kurang enak dipandang. Jadi, perawatan dengan kolagen akan membuat kulit berwarna lebih merata.

Jika dipergunakan pada kulit yang sudah cukup cerah, ya, ada peluang memiliki kulit lebih putih juga.

  • Mengencangkan kulit wajah

Kulit wajah yang kencang membantu wajah terlihat lebih awet muda. Kerutan tidak cepat terbentuk jika kulit lebih elastis. Dan akhirnya, wajah juga terlihat lebih cerah.

  • Membuat wajah terlihat awet muda

Perawatan wajah dengan produk yang mengandung kolagen akan membuat wajah lebih awet muda. Untuk mereka yang sudah berusia mapan, maka produksi kolagen alami akan berkurang. Karenanya, bisa menggunakan produk yang mengandung kolagen. Seperti sabun muka dengan kolagen.

  • Mengurangi bekas luka

Jika mencukur ketiak, bisa jadi terjadi iritasi. Karenanya, produk seperti DOVE Deodorant Dry Serum Regenerate Care Collagen + Vitamin B3 bisa membantu Anda. Produk ini mengandung kolagen. Tentunya selain kandungan bermanfaat lainnya.

Gunanya, untuk membantu mengatasi iritasi akibat mencukur ketiak. Juga, melembabkan serta membuat kulit lebih cerah. Secara khusus, produk ini memiliki kemasan yang ringan, kecil dan mudah dibawa traveling.

Bagaimana cara mempertahankan produksi kolagen alami

Jika produksi kolagen normal, maka kulit akan tetap lembab, kencang dan segar. Tetapi, seiring usia yang meningkat, produksi kolagen juga akan menurun. Untuk mendapatkan produksi kolagen lagi secara alami, kita bisa melakukan beberapa cara. Misalnya, dengan kosmetik seperti diatas. Juga dengan suntik dan makanan yang membantu pembentukan kolagen.

Tambahan lagi, kita juga dianjurkan menghindari hal – hal yang merusak produksi kolagen kita.

  • Konsumsi makanan yang meningkatkan produksi kolagen

Bahan dasar kolagen adalah asam amino. Sayangnya, asam amino esensial tidak bisa dirpoduksi tubuh. Jadi, kita perlu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat ini. Misalnya, daging, susu, telur, ikan dan sumber protein lainnya.

Selain itu, produksi kolagen bisa dipicu oleh makanan lain. Misalnya yang mengandung vitamin A. C dan berbagai sayuran.

  • Mengkonsumsi suplemen kolagen

Pada penelitian, diketahui. Konsumsi kolagen  2,5 hingga 5 gram selama minimal 8 minggu, berakibat kondisi kulit yang lebih baik. Tanda – tanda yang bisa dilihat adalah: kulit lebih lembut, peredaran darah yang lebih lancar. Juga adanya keriput di kulit menjadi berkurang.

  • Suntik kolagen

Suntik kolagen secara alami membantu kulit menjadi lebih muda. Tetapi, karena prosesnya suntik, maka Anda perlu berkonsultasi dengan dokter Anda.

Baca Juga :   Memanfaatkan google ping

Suntik kolagen, jika dilakukan dengan benar, bisa mengurangi kerutan. Mengurangi garis wajah dan terlihat lebih muda.

Selain konsumsi makanan, Anda juga disarankan untuk berolahraga teratur dan menghindari hal – hal yang merusak produksi kolagen.

Cara menghindari produksi kolagen menurun

Apa saja hal yang menurunkan atau merusak produksi kolagen alami? Ada beberapa hal. Sebenarnya, cara menghindari terganggunya produksi kolagen ini kita sudah melakukannya. Tetapi, untuk alasan lain.

  • Banyak terkena sinar matahari langsung

Biasanya, kita sudah menghindarinya karena sinar matahari langsung itu panas. Tetapi, sinar Ultra Violet ( UV ) punya cara sendiri merusak kulit. Sinar UV akan memecah kolagen. Dan, merusak serat elastin. Lapisan elastin ini, terkandung pada dermis. Atau, lapisan kulit terdalam.

Jika jaringan penopang, elastin dan kolagen rusak, maka kelenturan kulit akan hilang. Dan, timbul keriput.

  • Merokok

Nikotin pada rokok banyak sekali pengaruh buruknya. Antara lain, menyempitkan pembuluh darah pada lapisan kulit terluar. Jadi, apa akibatnya kira – kira? Pastinya aliran darah tidak lancar. Jadi, berbagai nutrisi vital tidak terkirim dengan baik.

Tambahan lagi, banyak sekali bahan kimia beracun di dalam asap rokok. Yang pasti, akhirnya akan merusak kolagen, dan juga elastin.

  • Kurang tidur

Kurang tidur diduga membuat sistem kekebalan menurun. Dan akhirnya ikut merusak kolagen di dalam kulit.

Yang jelas, kurang tidur sendiri dampak fisiknya tidak enak. Badan akan mudah capek. Bahkan, saat seharusnya bekerja dengan produktif.

  • Banyak mengkonsumsi makanan tinggi gula

Mengapa banyak gula tidak baik? Gula akan menempel dengan protein. Hasilnya adalah advanced glycation end products (AGEs). AGE ini adalah molekul yang bisa merusak kolagen dan elastin. Jadi, jika kebanyakan, hasilnya akan ikut merugikan kulit.

Baca Juga :   Begini Nih, Cara Melacak Lokasi Pacar Lewat Whatsapp Tanpa Aplikasi

Untuk proses penggabungan gula dan protein, proses ini terjadi di dalam pembuluh darah.

  • Ekspresi wajah

Ekspresi wajah pada akhirnya membuat garis – garis pada wajah. Jika usia bertambah dan kelenturan kulit berkurang, maka kerutan akan mulai timbul.

Inilah sedikit artikel tentang manfaat kolagen untuk kulit. Cara meningkatkan produksi kolagen alami, dan juga cara menghindari produksi kolagen berkurang. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!.

Leave a reply