26 Jan

Kenapa Sakit Punggung ? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa sakit punggung bisa datang tiba – tiba?. Juga mengganggu kenyamanan karena rasannya nyeri. Ini dia jawabannya.

Nyeri di punggung biasanya terjadi pada punggung bagian bawah. bagian ini memang menopang tubuh kita lebih banyak dari bagian lain. Sakit punggung memang tidak nyaman. Tetapi, akan lebih tidak nyaman jika ternyata penyebabnya juga penyakit serius. Ini, ada beberapa hal yang menyebabkan sakit punggung. Serta, beberapa cara untuk mengatasinya.

kenapa sakit punggung

Penyebab penyakit punggung

  • Gerakan menghentak yang membebani punggung

Gerakan menghentak yang tiba – tiba tidak baik untuk otot. Jika bisa, kita juga jangan melakukan olahraga tanpa pemanasan dan peregangan. Selain otot punggung, sebenarnya gerakan menghentak juga bisa menyebabkan nyeri pada bagian tubuh lainnya.

  • Salah angkat barang

Mengangkat barang berat dengan membungkukkan badan kemudian tegak tidaklah tepat. Ini karena beban akan dibawa ke punggung dan tulang belakang secara langsung.

Yang dianjurkan, adalah mengangkat beban dari posisi jongkok kemudian berdiri. Jadi, beban barang akan lebih banyak ditumpu pada kaki.

  • Stress dan kelelahan

Stress bisa menyebabkan otot pada pundak dan leher menegang. Akhirnya, akan terasa sakit. Apalagi, jika secara fisik tubuh memang capek. Gabungan keduanya akan membuat rasa sakit menjalar hingga ke punggung.

Untuk mengatasinya, olahraga seperti Yoga sangat disarankan.

  • Posisi duduk yang tidak baik

Posisi duduk yang tidak baik di kantor juga memicu sakit punggung. Duduk dalam waktu lama, dan dengan posisi yang salah, akan membuat otot ada yang bekerja lebih keras.

Kursi serta meja, juga laptop yang tidak ergonomis juga menjadi penyebab. Desain furniture yang kurang baik akan memberikan beban yang tidak alamiah ke otot tubuh. Akhirnya, bagian itu, termasuk punggung, akan bisa sakit.

  • Posisi tidur yang tidak pas

Sekarang, matras dan bantal yang tidak ergonomis juga akan menganggu punggung kita. Biasanya, matras yang tidak ergonomis bisa membuat tidak hanya punggung, tetapi bagian tubuh lain juga nyeri. Misalnya, pinggang atau leher.

Baca Juga :   Tips Cara Android Mengucapkan Semua Pesan Masuk

Untuk matrsa yang baik, adalah yang medium firm. Atau kekerasannya medium. Jika terlalu keras, maka akan ada titik -titik tubuh yang tertekan. Akhirnya, akan menjadi nyeri.

Jikas aat terbangun punggung terasa pegal, maka sebaiknya langsung berganti posisi tidur. Selain itu, pastikan juga membeli matras yang ergonomis.

  • Otot tubuh tidak seimbang

Keseimbangan otot bisa dicapai dengan makanan yang baik. Juga dengan berolahraga secara teratur.

  • Ada gejala radang sendi

Biasanya, area yang terserang radang sendi ada di punggung bagian bawah. Misalnya pinggul dan tulang belakang. Gejala penyakit ini, jika siang penyakit terasa membaik. Tetapi, saat malam akan lebih sakit.

Jika terasa penyakit semacam ini, maka sebaiknya bisa kita cek ke dokter untuk mengetahuinya.

  • Ada penyakit serius

Ini yang patut lebih diwaspadai. Penyakit punggung bisa disebabkan penyakit berat loh. Misalnya saja, pada pankreas, ginjal dan bahkan kanker pada bagian tulang belakang.

Selain itu, ada juga Kompresi Fraktur yang terjadi ke tulang belakang. Sebabnya adalah karena osteoporosis atau kekurangan kalsium. Kemudian, bisa juga karena Disk tulang belakang pecah atau herniasi.

Bahkan, penyempitan kanal tulang belakang juga bisa menjadi sebab dari sakit punggung.

Nah, jika ada yang merasakan sakit punggung terus – menerus, maka bisa diperiksakan ke dokter. Apalagi, jika gaya hidup kita sudah menjadi lebih sehat. Misal, suka berolahraga dan makan yang baik. Tetapi, sakit punggung ini masih ada.

Gejala lain yang tidak bisa diremehkan adalah, adanya kesemutan atau mati rasa di area kaki. Selain itu, sering demam dan juga penurunan berat badan tanpa sebab.

Sakit punggung bisa jadi penyebabnya sederhana. Tetapi, bisa juga tidak sederhana. Karena itulah, jika tidak kunjung sembuh, perlu juga mempertimbangkan untuk menemui dokter.

Baca Juga :   Jasa Marketing Online Jogja

Cara mengatasi penyakit punggung

Untuk penyakit punggung yang ringan, cara pengobatannya juga mudah. Misalnya saja:

  • Mengompress

Kita bisa mengompres dengan kain atau handuk. tempatnya di tempat yang sakit misalnya di punggung atau leher.

Kompress yang kita lakukan adalah kompress dingin. Yaitu, meletakkan es di kain. kemudian kita kompresskan di tempat yang terasa nyeri.

  • Menggunakan obat pereda nyeri

Jika kompress dingin kurang manjur, maka paracetamol mungkin bisa membantu. Obat pereda nyeri ini masih termasuk obat bebas. Dan, terasa ringan.

Untuk obat pereda nyeri yang agak berat, biasanya diberikan jika kita tidak punya penyakit tukak lambung. Karena, penyakit maag ini bisa kumat. Selain itu, jika ada yang menderita gangguan fungsi ginjal, pemberian obat pereda nyeri juga akan dipertimbangkan lagi oleh dokter.

  • Memperbaiki postur tubuh saat duduk

Saat bekerja, kita bisa berhenti sebentar. Misalnya untuk melakukan peregangan. Atau, bisa juga jalan – jalan sebentar. Kemudian, untuk waktu 2 jam, setidaknya perlu minum air putih secukupnya. Inibisa membantu postur tubuh kita kembali lebih baik.

  • Berolahraga

Berolahraga teratur akan sangat membantu mengatasi nyeri punggung. Apalagi, jika kita juga melakukan peregangan. kemudian, olahraga juga memberi tekanan pada tulang sehingga kepadatannya terjaga.

Untuk olahraga yang cocok, bisa dengan lari, yoga atau berenang.

  • Pola makan yang sehat

Untuk keprluan tulang, kita bisa makan yang menagndung vitamin A, C, D, K dan juga vitamin B12. Kemudian, juga tambahan makanan yang mengandung zat besi, magnesium, dan kalsium.

Makanan – makanan ini membantu meningkatkan imun. Serta, membantu mencegah resiko sakit punggung.

  • Minum Anlene supaya tulang, sendi dan otot sehat

Biasanya, oarng berusia diatas 35 tahun mulai mengalami penurunan kepadatan tulang. Nah, jika tulang punggung kepadatannya menurun, maka akan lebih rentan menderita sakit punggung.

Anlene, memberikan nutrisi – nutrisi yang penting untuk tubuh. Bukan hanya untuk tulang, tetapi juga penting untuk otot dan sendi. Karena itu, rekomendasi kami adalah mengkonsumsi susu Anlene minimal 2 gelas sehari. Selain itu, aktif bergerak dan berolahraga.

  • Mempertimbangkan terapi fisik

Terapi fisik akan mengajarkan cara peregangan. Tujuannya supaya mengatasi rasa sakit tersebut. Tetapi, terapi memerlukan panduan dari ahlinya. Jika memang kondisi Anda tidak terkena penyakit, tetapi punggung tetap sakit, maka bisa mempertimbangkan terapi.

Baca Juga :   Artikel Kesehatan dan Tips Kesehatan Ter-Update untuk Keluarga

Inilah beberapa penyebab kenapa sakit punggung serta cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan salam sehat serta sukses luar biasa!

Leave a reply