04 Jul

Manfaat Air Mawar Bagi Tubuh, Bisa Dicoba Sendiri Lho

Fungsi air mawar ternyata banyak lho. Dari mulai sekedar menyempurnakan riasan, melembabkan kulit hingga membantu kesehatan mata. Hingga kini, air mawar banyak dipergunakan untuk kecantikan wajah. Karena itu, Anda yang ingin tampil lebih prima, bisa menggunakan air mawar ini.

Secara umum, air mawar adalah air yang didapat dari hasil merebus atau menyaring uap kelopak bunga mawar. Air mawar ini, wangi tentunsaja. Bahkan, penggunanya sudah ada sejak jaman dahulu. Tepatnya sejak abad pertengahan. Dan, oh ya, mawar yang sering dipergunakan adalah mawar jenis Mawar Damask atau Rosa Damascena.

fungsi air mawar manfaat air mawar untuk kesehatan dan kecantikan

Minyak mawar yang terkandung, sebenarnya sangat rendah. Untuk mawar jenis ini, hanya sekitar 10 sd 15 persen saja dari air mawarnya. Air mawar dari spesies ini, kini menjadi salah satu minyak atsiri termahal di dunia.

Manfaat Air Mawar untuk Wajah

Ada minimal 10 manfaat yang bisa kita sebutkan. Misalnya saja:

  • Melembabkan Kulit Wajah

Air mawar adalah antioksidan alami dan dapat menghindari kulit kering. Karena itulah, air mawar sering dipergunakan sebagai Toner atau pembersih wajah alamai. Air Mawar bisa menghindari kulit wajah menjadi kusam dan kering. Dan, selain untuk wajah, air mawar bisa dipergunakan untuk bagian tubuh lain seperti tangan dan kaki.

  • Menghambat Penuaan Dini

Meskipun penelitian yang lebih lanjut diperlukan, tetapi ada beberapa bukti awal manfaat air mawar untuk mencegah penuaan dini.

Adanya kandungan antioksidan dan kelembaban air mawar juga mencegah adanya kerutan dan garis halus di wajah. Ditambah lagi, antioksidan ini juga membantu mengurangi kerusakan kulit.

  • Meredakan Peradangan Kulit

Ekstrak dari bunga mawar memiliki kandungan yang disebut  polifenol dan flavonoid. Keduanya memiliki antioksidan. Karenanya air mawar bisa membantu mengurangi peradangan kulit. Selain itu, juga bisa membantu juga untuk mengurangi adanya gejala penyakit eksim dan rosacea.

Baca Juga :   Pelatihan Komite Keperawatan Rumah Sakit Negeri Dan Swasta 2020

Untuk cara penggunaanya, air mawar bisa dioleskan ke kapas. Dan, dioleskan ke kulit kita yang membutuhkan.

  • Mengurangi Jerawat

Sebagian kosmetik ternyata memiliki PH Tinggi atau basa. Padahal, PH tinggi ini cenderung memicu masalah seperti jerawat, keriput atau psoriasis.

Nah, air mawar sendiri PH nya cenderung sedikit asam. Jadi, akan bisa membantu menetralkan PH kulit kita.

Sebagai tambahan juga, Air Mawar juga mengandung antiseptik. Anda pasti tahu kan bahwa antiseptik itu anti bakteri. Dan, jerawat itu juga sebagian disebabkan karena adanya bakteri.

Nah, untuk mengurangi jerawat, kita hanya perlu mengusap wajah dengan kapas yang telah dibasahi dengan air mawar.

  • Menyempurnakan Riasan

Anda tahu, riasan yang kusam bisa menjadi cerah lagi. Caranya tinggal menyemprotkan air mawar ke wajah.

  • Membersihkan Riasan

Kemampuan air mawar untuk membersihkan riasan waterproof bagus lho. Tidak kalah dengan produk pembersih. Bahkan, karena tergolong alamai, tidak menimbulkan iritasi.

  • Membersihkan Kulit

Menurut Bold Sky, air mawar bisa menghilangkan radikal bebas. Air mawar ini adalah yang telah diolah menjadi minyak esensial.

Sebagai tambahan, produk ini bisa juga membersihkan kulit dari kotoran dan juga membersihkan pori – porinya. Artinya, kulit wajah akan menjadi lebih segar dan cerah.

Manfaat Air Mawar untuk Tubuh

Untuk tubuh, air mawar juga berkhasiat, misalnya saja:

  • Membantu Meredakan Sakit Kepala

Minya Mawar itu memiliki aroma seperti aroma therapi. Ada aroma esensial yang dihasilkan dan bisa mengurangi sakit kepala atau migraine. Tambahan lagi, aroma esensial air mawar juga membantu meningkatkan suasana hati. Terutama saat ada dalam kondisi cemas atau stress.

Hal ini terungkap dala penelitian oleh  Department of Physiology and Pathology/LTF, University of Paraiba-Caixa, Brasil.

Baca Juga :   Cara Mudah Cari Uang di Internet

Minyak esensial bunga mawar bisa menenangkan jika dihitup.

Bagi Anda yang ingin mendapat efek serupa, bisa melakukannya sendiri. Atau, mendapatkan minyak esensial sendiri. Caranya mudah. Yaiyu menggunakan kelopak mawar pada air panas. Kemudian, dipergunakan untuk mandi.

  • Membantu Sistem Pencernaan

Ada beberapa manfaat bunga mawar untuk membantu pencernaan. Misalnya melancarkan “pembuangan limbah” dan juga memperkuat pencernaan. Kemudian, ada juga manfaat berupa kemampuan memperkuat Mukosa Lambung.

Karena itulah, bunga mawar juga dikenal sebagai obat pencahar alamai dan juga obat diare.

Untuk menggunakannya, kita perlu mencampurkan satu genggam kelopak bunga mawar dengan 50 ml air. Ditumbuk dan dikonsumsi pagi saat belum makan.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Bunga mawar ternyata juga membantu melancarkan metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang baik, maka berat badan juga cepat turun. Untuk mengkonsumsinya, disarankan mencampur 10 sd 15 kelopak mawar dengan air mendidih. Jika air sudah berwarna merah muda, bisa dikonsumsi.

Tentu saja, kita boleh menambah bahan alamai lain seperti madu atau kayu manis. Sehingga, air mawar kita juga lebih enak dikonsumsi.

  • Meningkatkan Sistem Imun

Bunga mawar mengandung antioksidan dan juga vitamin C. Keduanya dipercaya mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat ini, bunga mawar bisa kita jadikan teh seperti cara diatas.

  • Membantu Kesehatan Mata

Bunga mawar juga bisa dioleh untuk membantu kersehatan mata. Caranya adalah dengan dijadikan obat tetes mata alami. Bunga ini, bisa membantu kesembuhan setelah operasi. Juga, membantu mengatasi mata merah, mata kering serta penyakit mata degeneratif ( karena penuaan ) seperti pinguecula, katarak, dan pterigium.

Inilah beberapa manfaat air mawar, atau bunga mawar. Secara umum, manfaat ini banyak diaplikasikan juga menjadi berbagai produk. Mislanya seperti Rexona Dry Serum Fresh Rose.

Baca Juga :   E-Voucher HSBC - Gimana Sih Cara Tukarnya?

Selain itu, banyak juga cara untuk memanfaatkannya sendiri. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!

Leave a reply