07 Aug

Berbisnis yang Menjanjikan – Bagaimana dan Apa Saja?

Berbisnis yang menjanjikan memang dicari orang, dan orang juga biasanya bertanya bagaimana cara menjalankan bisnis supaya menguntungkan.

Berbisnis itu sebenarnya bagus untuk mendapat penghasilan yang lumayan tinggi. Meskipun begitu, ada saja yang menghindarinya. Itu karena selalu ada kemungkinan gagal yang lumayan besar.

Bisnis yang gagal biasanya karena kalah persaingan. Jadi, meskipun barang atau jasa yang ditawarkan sama, tetapi kalah laku.

Ada beberapa hal yang mendasari.

Pertama adalah promosi yang kurang.

Jika pesaing kita promosinya mencapai 1 propinsi, maka kemungkinan pelanggan juga konsumen dari 1 propinsi.

Jika orang lain promosinya hanya 1 kabupaten, secara umum akan kalah laku.

Yang kedua, adalah soal pelayanan.

Jika pelayanan kita lebih baik, maka pelanggan bisa jadi berpindah kepada kita untuk pembelian selanjutnya.

Jika masalah pemasaran dan layanan ini dibenahi, maka kita bisa menjadi lebih menarik dibanding kompetitor kita dimata konsumen.

Untuk berpromosi, saat ini ada cara yang mudah. Promosi online lebih murah tetapi jangkauannya jauh. Kami memiliki jasa seo hingga jasa marketing online yang bagus untuk bisnis Anda.

Dengan jasa ini, website anda bisa berada di halaman depan hasil pencarian Google.

Secara umum, untuk memulai sebuah bisnis, kita memerlukan beberapa hal.

Hal yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis

  • Melakukan riset, apakah yang kita tawarkan dibutuhkan orang.

Bisnis yang produk atau jasanya dibutuhkan orang adalah bisnis yang awet. Menjual beras, meskipun sederhana adalah bisnis yang akan tahan lama. Semua warga Indonesia butuh makanan. Mayoritas akan membeli beras.

Apabila bisnis kita menjual jasa atau produk yang dibutuhkan orang, maka bisa tahan lama.

Jika Anda memiliki ide bisnis yang baru dan kreatif, maka perlu diteliti bagaimana pasarnya. Atau, bagaimana cara menjualnya.

Anda pastinya pernah mendengar cerita tentang Aqua. Perusahaan air mineral ini dikatakan tidak dibutuhkan orang saat awal dibangun dahulu.

Mengapa air harus dikemas? Bukankah air yang gratis banyak?

Tetapi, sekarang hasilnya berbeda. Kita sering membawa botol air mineral jika bepergian.

Paduan antara kebutuhan konsumen serta cara penjualan yang khas ( pada saat awal produk diluncurkan ) membuat aqua dan produk air mineral menjadi produk dengan omzet besar di Indonesia.

  • Membuat business plan / rencana bisnis.

Setelah menentukan jenis bisnis dan riset pasar, kita memulai dengan sebuah rencana bisnis. Business plan ini tidak perlu terlalu muluk. Misalnya, bagaimana menangani pembelian, penjualan dan produksi. Kemudian tentang pengaturan keuangan dan karyawan. Jika Anda sudah memiliki karyawan sejak awal.

  • Merencanakan keuangan sederhana.

Merencanakan keuangan pada suatu bisnis sebenarnya sangat bergantung pada perencanaan pemasaran.

Uang bisa kita kelola kalau ada uangnya. Supaya uangnya ada, kita perlu menjual.

Kalau tidak mampu menjual secara layak, pengelolaan keuangan yang baik tidak bisa membantu. Pasti, uang yang ada habis untuk membayar biaya.

  • Mencari tempat strategis

Tempat strategis untuk berbisnis itu sangat penting. Berbisnis warung makan di samping atau didepan pabrik besar jauh lebih menguntungkan dibanding membuka warung makan dipinggir jalan di desa.

Tempat yang strategis adalah tempat yang menyediakan konsumen baru bagi bisnis kita tanpa kita mencari konsumennya.

Tetapi, jika tempat strategis sulit diperoleh, kita bisa melakukan beberapa hal.

  • Mempersiapkan dan melaksanakan strategi pemasaran.

Strategi pemasaran adalah ujung tombak bisnis. Apakah kita menjual kue hanya menunggu didepan rumah saja?

Ataukah kita menjual kue dengan ikut pameran? berpromosi untuk acara arisan dll?

Pemasaran perlu direncanakan dan diberikan target. Hal ini mempermudah kita untuk memberikan evaluasi performa.

  • Menentukan kebutuhan SDM.

Kebutuhan sebuah bisnis baru bisa berbeda. Bisnis rumah kost biasanya memerlukan penjaga. Ini karena pemilik kost bisanya lebih banyak berada di kantor daripada menjaga kostnya.

Untuk bisnis lainnya, kita mungkin perlu marketing secara khusus atau perlu tenaga teknis. Bisnis bengkel memerlukan banyak karyawan teknis yang bisa membantu pekerjaan kita.

Bisnis aplikasi, bisa jadi perlu merekrut Programer supaya pekerjaan menjadi lebih lancar.

Untuk bisnis event organizer atau hotel, kita memerlukan personel marketing dan personel cutomer service juga.

Sekarang, ini adalah beberapa jenis bisnis yang laris saat ini

Jenis usaha yang cepat laku dan menguntungkan

Ini adalah beberapa jenis bisnis yang laku setiap hari. 

  • Usaha paling laris modal kecil – menjual gorengan

Ini adalah jenis usaha dengan modal dibawah Rp. 100.000 saja. Jika ternyata nanti berkembang, maka keuntungannya lumayan besar. Satu outlet biasanya mampu memberi omzet lebih dari Rp. 200.000 setiap harinya.

  • Usaha paling laris modal kecil – menjual jus coklat

Jus coklat memang banyak yang suka. Jika sedang dalam perjalanan, maka biasanya senang dengan minuman segar. Juga, anak – anak akan senang dengan jus coklat karena rasanya memang enak.

Jika jus coklat dijual di dekat sekolah atau kampus, maka akan lumayan laris.

  • Usaha paling laris modal kecil – kursus les privat

Kursus les privat adalah salah satu jenis usaha paling laris dengan modal kecil. Les privat hanya membutuhkan buku. balpoin dan kertas untuk mencatat.

Bisnis ini juga bisa dilakukan saat pulang kerja. Bahkan, waktu sore ini juga cocok untuk siswanya juga. Mereka sudah pulang sekolah dan mungkin masih sempat beristirahat.

  • Jualan yang laku tiap hari – jual pulsa elektrik

Bisnis pulsa elektrik bisa dimulai dengan modal sekitar Rp. 300.000 saja. Berbisnis pulsa bisa laku setiap hari karena yang membutuhkan banyak. Bisnis ini memang untungnya juga tidak besar. Tetapi apabila laris bisa mencukupi keperluan harian.

Berbisnis pulsa perlu tempat yang lumayan strategis. Kemudian, perlu juga menawarkannya kepada teman atau tetangga.

Untuk memulai bisnis ini, Anda perlu mendaftar untuk menjadi agen.

  • Jualan yang laku tiap hari – jual gas

Bisnis menjual gas adalah bisnis yang laku tiap hari. Masyarakat selalu membutuhkan gas untuk memasak. Sekarang, Anda bisa memilih untuk menjual gas subsidi atau bukan subsidi.

Gas subsidi cepat habis. Biasanya tabungnya habis sebelum diantarkan yang baru dengan truk. Gas 3 KG juga dibatasi. Kita tidak bisa menjual sebanyak – banyaknya karena batasan tadi.

Untuk gas yang besar, penggunaannya biasanya agak lama. Tetapi tidak dibatasi jumlah yang boleh dijual.

Jika Anda bersedia mengantar gas tabung besar, maka sebaiknya mencari order pembelian dari area 1 kecamatan yang cukup luas dan banyak penduduknya.  Bukan sekedar dari tetangga kampung.

  • Bisnis makanan / bisnis kuliner

Bisnis yang laku tiap hari lainnya adalah bisnis kuliner. Bisnis ini dibutuhkan orang setiap hari. Ada banyak jenis kuliner yang disukai orang dan laris. Misal:

Ayam geprek atau ayam penyet

Ayam penyet atau ayam geprek rasanya universal enak. Penggemarnya juga banyak. Jika kita berbisnis ayam geprek, maka bisa awet laku setiap hari.

Jualan makanan yang laku setiap hari – Ayam goreng / fried chicken

Ayam semacam fried chicken ini biasa dibeli untuk lauk yang cukup disukai. Saat ini, setiap hari penjual ayam fried chicken baik yang berupa warung makan atau gerobak dorong, sering menjual ayam mereka hingga habis.

Siomay

Siomay ( dan juga makanan seperti sebalak ) adalah makanan yang sering dipilih jika bosan dengan makanan harian. Rasa siomay yang khas membuat warung atau restoran yang menyajikan siomay sering laris pembeli.

Warung angkringan

Warung angkringan adalah warung yangterkenal di Jawa. Harga makanan murah dan hanya mengambil keuntungan Rp. 500 rupiah saja atau bahkan kurang.

Tetapi, keuntungan warung ini ada pada penjualan minuman. Untuk penjualan minuman bisa mendapatkan keuntungan kotor sekitar 50%. Padahal, pembelinya bisa banyak sekali. Mayoritas, justru membeli minuman.

Warung angkringan memiliki konsep kerjasama dengan pihak lain. Ada yang menitipkan makanan, nasi kucing dan juga jenis makanan lain.

Pembeli senang karena makanan lengkap. Pedagang senang karena setelah itu pembeli hampir pasti membeli minuman yang persentase keuntungannya besar.

Bisnis catering nasi box

Bisnis catering nasi box atau bisa juga catering mahasiswa memang menguntungkan. Bisnis ini bisa menawarkan nasi box untuk berbagai acara seperti syukuran atau lainnya. Bisa juga menawarkan catering utuk mahasiswa yang waktunya sempit untuk memasak.

Mahasiswa berlangganan membeli lauk di catering tersebut. Bisa berlangganan setiap hari atau beberapa kali seminggu. Jadi, mereka hanya perlu menanak nasi saja.

Kedai susu

Saat ini, kedai susu sudah menjadi trend. Penjual biasanya membeli susu segar dalam jumlah banyak dan menjualnya per gelas seperti restoran.

Warung atau restoran susu biasanya juga memiliki makanan pendamping berupa camilan. Tetapi, bisa juga menyajikan makanan berat jika memang dirasa peminatnya banyak.

Bisnis es coklat / Es cream

Bisnis es coklat atau es cream memang salah satu bisnis abadi. Penggemarnya banyak dan lebih sering laris sepertinya.

Bisnis ini bagus jika dilakukan di lokasi yang dekat anak – anak. Theme park atau tempat permainan atau sekolah.

Untuk es coklat, penggemarnya bisa usia yang jauh lebih tua. Karena itu bagus juga dilakukan ditempat strategis lain seperti pusat perbelanjaan atau pasar. Taman rekreasi dan sebagainya.

Sosis bakar

Makanan ini adalah makanan pilihan anak – anak hingga umur SMP atau SMA. Menjual sosis bakar sebenarnya bisa juga dimana saja. Tetapi biasanya lebih banyak anak – anak yang suka.

Cofee shop

Coffee shop memiliki pasar generasi millenial. Secara umum, mereka yang datang ke coffee shop sekarang usianya 20 an tahun hingga 30 an.

Untuk Coffee shop yang memiliki Wifi, pengunjungnya akan ramai.

Dan lain – lain

Bisnis kuliner laris sebenarnya banyak juga yang lainnya. Tetapi tidak disebutkan disini semuanya.

  • Jualan apa yang laku di kampung – Membuka warung sembako

Warung sembako terlihat sederhana. Tetapi, selalu ada pembelinya setiap hari. Jika warung sembako ada di daerah padat penduduk, maka akan laris dan tidak cuma laku.

Yang agak kurang, banyak bisnis diatas membutuhkan kehadiran pemilik secara langsung. Warung sembako termasuk yang perlu kehadiran pemilik secara langsung.

  • Bisnis jasa desain, editing foto, dan percetakan

Bisnis percetakan memiliki pasar yang tidak pernah habis. Bisnis ini akan ada terus untuk melayani bisnis lainnya. Jasa desain, percetakan adalah bisnis yang lekat dengan promosi. Itu jika kliennya juga berasal dari dunia bisnis.

Jika Anda membuka bisnis jasa desain. editing foto dan percetakan, Anda bisa mencoba mencari klien dengan menawarkan jasa ke berbagai perusahaan lainnya.

Untuk menjual jasa Anda, ada berbagai situs yang bagus. Misal, sribulancer.com. ciptaloka.com. projects.co.id. sribu.com dan sebagainya.

Website ciptaloka memungkinkan Anda menjual desain kaos. Jika ada pesanan, maka baru dibuatkan. Jadi Anda bisa menghemat modal meskipun tetap ada modal juga diawal.

  • Bisnis laundry

Bisnis laundry adalah bisnis yang laris secara umum. Jika Anda mau, bisa mencoba bekerjasama dengan pihak hotel atau losmen.

Atau, bisa juga pemilik bisnis lain yang berpotensi memberikan order banyak.

Tetapi, tentunya perlu kita ingat juga kapasitas kita. Kita mesti ingat hotel itu punya banyak kamar dan perlu kainnya selesai di laundry segera.

  • Peluang bisnis online

Bisnis online juga salah satu bisnis yang cukup menjanjikan saat ini. Para pelanggan kini sudah terhubung secara online dan juga senang membeli online.

Jika menjual barang, biasanya barang fashion wanita dan anak – anak akan lumayan laris di bisnis online. Untuk penjualannya, bisa menggunakan Instagram atau Facebook. Tetapi, pastikan untuk menggunakan foto yang baik.

  • Peluang bisnis menguntungkan dengan membuat website

Website untuk arsitek bisa dijadikan sebagai majalah arsitektur online.

Website untuk bisnis tour bisa menjadi majalah wisata online.

Website yang didesain seperti itu akan membantu mendapatkan pelanggan baru.

Membaca tulisan wisata menyenangkan. Jika tulisan itu berasal dari periusahaan tour, maka akan selalu ada pengunjung yang tertarik untuk mengikuti tour Anda.

  • Peluang usaha jasa menjahit

Bisnis ini bisa dijalankan baik dengan modal online ataupun tidak. Jika dipromosikan online, maka akan jauh lebih baik lagi pemasarannya.

Faktanya, saat ini LAWANG TECHNO telah menerima jasa pembuatan website untuk berbbagai perusahaan konveksi.

Artinya, pemasaran bisnis jasa menjahit ini bisa mencapai luar kota juga.

Itulah beberapa jenis bisnis yang menjanjikan serta tips cara menjalaninya hingga untung.

Resume ( tips jenis bisnis yang menjanjikan ) :

  • Pilih bisnis yang dibutuhkan masyarakat.

  • Membuat business plan / rencana kerja.

  • Promosi dengan baik.

  • Layanan dan support pelanggan yang baik.

  • Belajar manajemen keuangan.

  • Belajar manajemen SDM.

Sekian, semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!



Share this

Leave a reply