13 Aug

Usaha Sampingan Modal Kecil Menguntungkan

Usaha sampingan modal kecil tetapi menguntungkan. Usaha yang tidak terlalu merepotkan untuk dikelola tetapi tetap bisa menambah penghasilan.

Membuka usaha sampingan banyak diinginkan oleh pekerja kantoran. Tetapi sedikit yang benar – benar melakukannya. Sebagian besar menjadikan kesibukan sehari – sehari menjadi alasan.

Meskipun begitu, jika ada waktu luang yang bisa kita alokasikan untuk membuka bisnis sampingan, ada baiknya bisnis itu dibuka.

Beberapa jenis bisnis sampingan yang bisa kita lakukan:

Ide bisnis sampingan di rumah

  • Menyediakan jasa laundry

Bisnis jasa bisa banyak macam dan jenisnya. Tetapi bisnis laundry adalah bisnis yang bagus untuk sampingan. Meskipun sampingan, bisnis laundry mungkin perlu pegawai juga.

Jika Anda berada di kantor, maka pegawai Anda yang menjalankan bisnis laundry ini. Masalahnya, Anda harus merekrut pegawai yang tepat supaya bisnis Anda berjalan lancar.

Bisnis laundry biasanya dikerjakan oleh operator wanita. Pegawai wanita umumnya dianggap lebih jujur saat ditinggalkan oleh pemilik usaha. Pegawai pria dianggap suka minta macam – macam dan kurang jujur.

Saat ini, bisnis laundry sudah banyak tetapi masih banyak juga yang membutuhkan. Jika Anda serius berbisnis laundry, maka bisa mencoba membeli alat pengering. Bisnis ini ramai justru saat musim hujan. Jadi, orang butuh baju kering segera.

Untuk mendapatkan omzet lebih besar, bisa juga menawarkan jasa laundry sehari jadi. Tentunya dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga normal.

Untuk menjalankan bisnis ini, modal yang dibutuhkan hanya dibawah 10 juta saja. Itu jika kita tidak membeli mesin pengering. Atau hanya menggunakan pengering milik mesin cucinya sendiri.

  • Cuci motor atau mobil

Bisnis cuci motor atau mobil merupakan bisnis sambilan yang bisa dilakukan di rumah atau tempat menyewa.

Mencuci mobil juga perlu karyawan. Bisa 2 atau 3 orang tergantung ukuran tempatnya.

Tempat cuci motor atau mobil biasanya tidak membutuhkan modal besar. Tetapi, pastikan juga air di tempat Anda mencukupi dan tidak mudah kekeringan.

  • Jasa desain grafis

Ini adalah jasa yang bisa dilakukan untuk sambilan. Anda bisa punya pegawai atau melakukan pekerjaan Anda sendiri.

Jika dilakukan sendiri, Anda sepertinya harus membatasi jam kerja juga. Misal setelah jam kantor sampai jam 12 setiap harinya. Jika lebih, maka sebaiknya membuka bisnis ini 100% berbisnis saja.

Untuk promosi, jasa desain grafis bisa berpromosi melalui marketplace atau media social. Bisa juga melalui website. Saat ini harga website sudah lumayan murah dan bagus dipergunakan untuk berpromosi.

  • Les / kursus

Kursus pelajaran sekolah atau kursus lainnya memang mudah dilakukan sebagai bisnis sampingan. Saya pernah memberikan kursus pelajaran sekolah saat kuliah. Tapi waktunya saya batasi mulai jam 19.30 malam hingga jam 21.00 saja.

Untuk pekerjaan sampingan seperti kursus pelajaran sekolah secara privat, kita memang tidak akan mendapatkan penghasilan yang tinggi sekali. Tetapi tetap ada penghasilan tambahan.

Jika mengharapkan penghasilan yang lebih besar, silahkan merekrut karyawan atau tutor untuk memberi les.

Saat ini ada beberapa jenis kursus yang selalu laris pasarannya.

Kursus pelajaran sekolah

Kursus pelajaran sekolah tidak pernah mati. Banyak orangtua pelajar yang ingin anaknya kursus. Banyak juga pelajar yang ingin masuk universitas favorit dan mengambil kursus untuk pelajaran tambahan.

Kursus calistung

Kursus calistung dibutuhkan untuk anak TK. Saat ini, guru SD sudah tidak mau mengajar berhitung dan menulis lagi. Jadi, pelajaran ini harus didapatkan dari luar atau dari orang tua sendiri.

Kursus mengemudi

Kursus mengemudi di akhir pekan adalah hal yang bagus jika peserta kursusnya juga karyawan. Jika Anda bisa menyediakan waktu untuk kursus mengemudi di akhir pekan, palanggan pasti akan ada.

Kursus menjahit

Kursus menjahit juga merupakan kursus yang bisa dilakukan saat malam sebenarnya. Tetapi, pastikan juga lampu di ruangan terang dan tidak mengganggu.

Dan lain sebagainya.

  • Menjahit pakaian

Menjahit pakaian adalah pekerjaan yang bisa dilakukan untuk sambilan. Bisa dilakukan setelah selesai bekerja atau di hari libur.

Untuk jahitan yang diterima, tergantung keahlian masing – masing. Menjahit gaun atau kebaya tentunya akan memakan waktu lebih panjang. Tetapi penghasilan yang didapat juga lebih besar.

Untuk yang serius, bisa mencari pegawai untuk menjahit dan Anda berpromosi.

  • Penerjemah

Pekerjaan sampingan lain yang bagus adalah sebagai penerjemah. Seperti halnya pekerjaan lain, Anda bisa merekrut karyawan untuk membantu pekerjaan Anda. Pekerjaan penerjemahan bisa dilakukan saat Anda berada di kantor. Dan bisa diawasi oleh orang lain.

Untuk tarif, Anda bisa memberikan tarif per kata. Jika harga tarifnya Rp. 50 per kata, maka setiap 500 kata akan diperoleh Rp. 25.000. Jumlah 500 kata ini kurang lebih hampir sama dengan 80% kertas folio dengan spasi sytandar.

Untuk promosi, silahkan menggunakan berbagai marketplace yang ad untuk berpromosi.

  • Makelar properti

Makelar properti mungkin bisa dilakukan untuk pekerjaan sampingan. Yang sulit adalah jika calon pembeli ingin bertemu saat jam kerja. Anda harus mengatur waktu untuk ini.

  • Agen asuransi

Agen asuransi adalah bisnis yang fleksibel dan tidak perlu waktu khusus untuk memasarkannya. Maksudnya, tidak harus dipasarkan saat jam kerja. Kita bisa memasarkannya di waktu yang tidak spesifik. Jadi bisnis ini cocok sebagai bisnis sambilan.

  • Agen pemasaran Umroh dan Haji Plus

Agen umrah dan haji plus itu kini lumayan diminati. Saat ini banyak warga yang ingin umrah karena jadwaj haji reguler lebih dari 20 tahun masa tunggunya. Minimal, mereka sudah berkunjung ke tanah suci.

Berbisnis sebagai agen umrah dan haji plus juga tidak terlalu sulit. Aktivis pengajian di kampung dan juga di kantor – kantor biasanya tertarik untuk melaksanakan umrah dan mungkin, haji plus bagi yang uangnya berlebih.

Jadi, pasarannya selalu besar jika kita pintar mencarinya.

  • Jual beli motor bekas

Jual beli motor bekas juga merupakan bisnis yang menarik. Bisnis ini pelanggannya banyak sebenarnya. Para peminat menyukai motor bekas tetapi yang masih bagus dan tidak rewel.

Jika Anda memahami mesin serta beberapa aspek lain, berbisnis sepeda motor bekas bisa menguntungkan.

  • Menawarkan barang

Kita bisa menawarkan barang ke orang lain. Barang itu bisa barang sendiri atau akan kita buat dengan cara pre order. Yang penting, Anda mengetahui penjual aslinya atau minimal reputasinya.

Jika berminat untuk kulakan, bisa saja menawarkan barang yang kita beli sendiri di toko grosir dan menjual lagi dengan harga pasaran.

  • Menjual produk fashion

Menjual produk fashion terutama baju yang murah bisa menjadi bisnis sampingan yang bagus. Baju murah tentunya akan dipakai setiap hari. Jadi pembelinya juga akan banyak. Dan, modalnya juga lumayan kecil.

Tetapi, menjual baju mahal dan bermerk juga untungnya besar sekali menjual. Jika Anda mengetahui cara mencari pasarnya, silahkan menjual baju yang mahal dan bermerk.

  • Menjual produk hobi kita

Menjual produk sesuai hobi kita adalah salah satu cara berbisnis sampingan yang menyenangkan. Jika Anda hobi menyelam, bisa menjual berbagai peralatan menyelam juga. Jika Anda hobi dengan akuarium, bisa menjual barang untuk hobi Anda juga.

Ini adalah kesenangan yang berbuah uang. Minimal, barang yang kita gunakan secara pribadi akan “digantikan” uangnya saat kita menjual yang lainnya.

  • Menitipkan kue

Menitipkan kue atau membuat makanan untuk dititipkan adalah bisnis sampingan yang bagus. Kita memasaknya setiap sempat dan menitipkannya setelah selesai memasaknya. Untuk kue, kue manis biasanya lebih awet dari jamur karena ada gulanya dibanding kue yang tawar.

  • Membuat makanan pagi

Membuat makanan pagi juga merupakan alternatif bisnis sampingan yang baik. Makanan pagi ini biasanya disiapkan saat sore atau malam hari. Kemudian dimasak matang menjelang subuh. Dan, dijual mulai jam 5 pagi.

Untuk memasarkannya, bisa membuat selebaran diedarkan ke lingkungan terdekat. Jika ada tempat kost karyawan atau mahasiswa, kemungkinan bisa laku.

  • Membuka coffee shop malam hari

Coffee shop secara umum buka malam hari. Ini adalah waktu relax para penggemar kopi. Jika Anda membuka coffe shop, biasanya harus buka minimal hingga jam 11 malam. Atau, sampai jam 12 malam sekalian meskipun tergantung tempat bukanya juga.

Jika pelanggan adalah warga setempat, buka hingga jam 10 cukup bisa diterima. Tetapi coffee shop anak muda biasanya agak lain ceritanya.

Untuk coffee shop, bisa juga disediakan wifi gratis untuk pelanggan dengan password yang berubah setiap hari.

  • Jasa fotografi pernikahan

Jasa fotografi pernikahan biasanya sibuk saat akhir pekan. Sayangnya, Anda mungkin harus menolak order foto prewedding jika dilakukan pada hari kerja. Jika kita masih menjadi pegawai suatu kantor, terlalu sering ijin membuat kita tidak produktif di kantor.

  • Menjual pulsa elektrik

Menjual pulsa elektrik juga merupakan pekerjaan sampingan yang mudah dilakukan. Selain membuka konter di rumah, bisa juga menjual langsung ke teman kita di kantor atau di tempat lainnya.

  • Usaha kerajinan tangan

Bisnis ini bisa menjadi andalan untuk usaha sampingan. Saat ini usaha kerajinan tangan bisa juga dipasarkan hingga keluar negeri. Minimal, ada marketplace untuk memasarkannya. Atau, bisa juga menghubungi jasa pembuatan website untuk dibuatkan website dan SEO untuk berpromosi. SEO = cara masuk halaman depan di pencarian Google dengan kata kunci bisnis kita.

Seperti halnya usaha lainnya, jika Anda ingin omzet Anda besar, bisa merekrut pegawai. Tetapi, kita juga harus rajin dalam marketing atau bisa juga merekrut marketing secara khusus.

  • Usaha gorengan

Usaha gorengan juga merupakan usaha sampingan yang baik. Usaha ini kebetulan biasanya buka sore hari saat menjelang jam 6 sore. Jika tersisa, maka bisa dititipkan di warung angkringan atau warung lain yang buka malam hari.

Untuk kata gorengan, kita juga tidak harus terpaku dengan gorengan tradisional. Kita perlu berkreasi dengan gorengan pisang coklet, pisang keju atau gorengan jenis lainnya.

  • Membuat produk kerupuk rumahan

Kerupuk juga memberikan keuntungan jika dijual. Karena harganya murah, kerupuk bisa laku banyak sekaligus.

  • Membuat kartu nama dan percetakan

Kita bisa menerima percetakan untuk kartu undangan, kartu nama dan bahkan spanduk. Juga, bisa menerima sablon dan semacamnya.

Usaha yang berhubungan dengan desain itu banyak macamnya dan tidak terlalu mahal untuk dilakukan. Kita bisa meminta dana DP saat pelanggan memesan. Jadi modal awal juga tidak terlalu besar.

  • Interior desainer

Mungkinkan pekerjaan seperti interior desainer dikerjakan secara sampingan? Mungkin saja. Mendesain interior bisa dilakukan disaat luang meskipun akan menghabiskan banyak waktu juga.

  • Usaha sampingan souvenir pernikahan

Untuk membuat souvenir pernikahan, kita bisa mebuat sendiri dibantu karyawan atau membeli dari pengrajin langsung.

Untuk ide souvenirnya, kita bisa melihat di internet apa saja yang menarik dan laris.

  • Warung kelontong

Warung kelontong juga merupakan bisnis sampingan yang menarik. Warung kelontong di daerah yang padat penduduk sudah hampir pasti akan laku.

  • Warung angkringan

Warung angkringan tidak terkesan mewah. Tetapi jika laris untungnya lumayan besar. Yang paling banyak untung dari warung ini adalah minumannya. Bisa mencapai 100% kotor. Padahal, pembeli minuman di angkringan banyak. Bisa mencapai lebih dari 100 orang sehari jika warung sudah terkenal.

  • Warung sembako

Warung sembako dan toko kelontong hampir sama. Tetapi bisa dibedakan juga. Warung sembako adalah warung kebutuhan pokok dan cocok untuk dijadikan usaha sampingan.

  • Jasa website developer dan pembuatan aplikasi

Jasa web developer bisa dilakukan dirumah sepertihalnya jasa pembuatan aplikasi. Yang jelas, untuk estimasi waktu selesai kita tetap harus menghitung waktu kerja kantor kita juga.

Itulah beberapa jenis usaha sampingan yang bisa dilakukan baik dengan karyawan atau dikerjakan sendiri. Jika Anda sama sekali akan meninggalkan karyawan tanpa bertemu, maka usaha sampingan Anda akan lebih sulit untuk manajemennya. Bagaimanapun, sebuah usaha tetap membutuhkan pengawasan meskipun tidak setiap hari secara langsung.



Share this

Leave a reply