12 Aug

Usaha Kecil Menguntungkan Dari Rumah

Beberapa jenis Usaha modal kecil yang menguntungkan. Bisa dikerjakan dari rumah dan tanpa modal yang terlalu besar. Usaha – usaha ini juga cukup sederhana untuk dikerjakan. Beberapa memerlukan keahlian tetapi masih dalam taraf yang sederhana.

Kunci keuntungan usaha – usaha ini adalah karena peminatnya banyak. Bisnis – bisnis kecil ini adalah bisnis penting yang mempermudah kehidupan kita sehari – hari.

Meskipun dibilang modal kecil, tetap saja memerlukan uang didepan meskipun mungkin hanya beberapa ratus ribu rupiah saja. Tetapi jangan khawatir, karena modalnya kecil, kemungkinan rugi juga kecil.

Apakah berarti untungnya kecil juga?

Sepertinya tergantung promosi kita juga sih. Jika promosi kita bagus dan orang tertarik, ya bisa banyak laku juga.

Beberapa contoh usaha kecil menguntungkan yang bisa dilakukan di rumah:

Usaha kecil menguntungkan Offline

1. Usaha Jasa Menjahit

Usaha kecil menguntungkan pertama adalah usaha menjahit. Yang perlu disiapkan mungkin hanya 1 buah merk mesin jahit yang bandel seperti singer. Sebaiknya, peralatan utama kita beli yang awet dan bandel supaya bisa berproduksi lancar.

Usaha menjahit ini menguntungkan karena ukuran baju orang berbeda. Anak muda biasanya cukup dengan ukuran baju standar. Tetapi, yang sudah berumur terkadang perlu ukuran baju khusus. Bisa agak gemuk atau malah terlalu kurus.

Pelanggan seperti ini terkadang sulit mendapatkan ukuran dan gaya yang cocok di toko baju. Jadi, mereka menjahitkan.

Selain itu, ada juga anak sekolah atau instansi yang memiliki seragam yang khas yang perlu dijahitkan. Bahkan, baju batik seragam RT saja juga perlu dijahitkan secara khusus.

2. Bisnis kuliner

Bisnis kuliner adalah bisnis yang sangat bisa dilakukan di rumah. Modal awal juga lumayan kecil.

Bisnis paling sederhana adalah bisnis gorengan. Modalnya m7ungkin dibawah Rp. 100.000 saja. Tetapi, jika gorengan enak, pelanggan setia biasanya banyak. Dan jika pelanggan banyak, omzet harian bisa lebih dari Rp. 100.000 juga.

Bisnis lain yang cukup sederhana adalah berjualan es jus, es coklat atau es kelapa muda.

Oh ya, untuk bisnis kuliner, Kita bisa menitipkan makanan buatan kita ke warung atau tempat lainnya yang terhitung laris.

Jika memiliki modal agak banyak, bisa mencoba membuat warung di depan rumah.

Jika mau omzet agak banyak, bisa dicoba untuk bekerjasama dengan catering misalnya membuat sate atau kue – kue tertentu.

Atau, bisa juga menerima order nasi kotak atau nasi bungkus sendiri.

3.  Bisnis rumahan pulsa elektrik

Pulsa elektrik adalah bisnis yang dibutuhkan saat ini. Kita selalu butuh pulsa setiap saat. Bisnis pulsa elektrik bisa disertai bisnis aksesoris HP yang sedang trend.

4. Bisnis kursus privat

Bisnis kursus privat adalah bisnis yang selalu dibutuhkan juga. Privat calistung adalah privat penting saat ini.

Anak TK belum boleh diajari membaca ( secara resmi ). Padahal, Anak kelas 1 SD sudah harus bisa membaca. Jika dahulu tugas guru kelas 1 adalah mengajari membaca dan berhitung, sekarang tidak lagi.

Karena itulah privat baca tulis dan hitung menjadi sangat penting saat ini.

Selain bisnis privat calistung, usaha kursus pelajaran sekolah hingga kursus ujian masuk PTN juga sangat menjanjikan. Anda bisa menerima siswa secara privat atau berkelompok di suatu kelas tergantung tersedianya ruangan di rumah Anda.

Untuk yang hobi memasak atau menjahit, kursus memasak juga banyak disukai orang.

Bahkan, kursus pemrograman komputer atau editing video sebenarnya juga bisa dilakukan di rumah.

5. Jasa desain, editing video

Jasa desain dan editing sangat mungkin dilakukan di rumah. Jasa desain dan editing membutuhkan komputer yang bermemori tinggi. Mungkin, perlu kamera atau beberapa perangkat ringkas lain. Jadi, tidak terlalu perlu perangkat yang menyita ruangan dan berat.

Usaha kecil seperti edit foto, video atau percetakan juga bisa dilakukan di rumah.

6. Jasa video pernikahan

Jasa video pernikahan bisa menggunakan rumah sebagai alamat tanpa repot. Jasa video shooting ini biasanya bekerja diluar rumah jadi rumah hanya menjadi alamat kantor saja.

Untuk peralatan, yang diperlukan adalah kamera serta komputer ( PC atau laptop ) untuk mengedik video serta beberapa perlengkapan lainnya.

Untuk ukuran, peralatan – peralatan ini ukurannya termasuk kecil saja.

7. Jasa foto pernikahan

Seperti halnya jasa video pernikahan, maka jasa foto pernikahan juga bisa dilakukan di rumah. Bahkan, hampir semua jasa foto pernikahan memulainya dirumah.

8. Jasa laundry

Jasa laundry secara umum juga dilakukan di rumah. Ada juga yang menyewa tempat khusus. Tetapi, jasa laundry di rumah pribadi sudah cukup bagus. Kita tidak perlu biaya lagi untuk sewa tempat.

9. Toko sembako

Toko sembako adalah toko yang mudah didirikan di rumah. Toko sembako tinggal menyiapkan 1 ruangan khusus didepan rumah. Setelah itu, kita bisa langsung mengisinya dengan barang dagangan.

Untuk toko sembako, ada baiknya membuat catatan barang yang paling laku da yang paling banyak memberikan keuntungan. Kita mungkin bisa berpromosi secara khusus dengan barang – barang tadi.

10. Potong rambut pria

Potong rambut pria biasanya sederhana saja. Potong rambut pria sering juga tidak memberikan layanan berupa cuci keramas. Karena, pria biasanya hanya butuh rambutnya dipotong saja. Maunya ringkas, cepat dan langsung beres.

Jadi, karena karakter pria yang seperti itu, maka usaha potong rambut pria juga menjadi sederhana untuk didirikan. Kita tidak perlu perlengkapan salon lengkap untuk mendirikan tempat cukur rambut pria.

Usaha kecil menguntungkan online

Setelah beberapa jenis usaha kecil menguntungkan di rumah yang offline, ini ada beberapa jenis yang bisa dilakukan secara online.

1. Bisnis dropshipper

Bisnis dropshipper adalah bisnis yang modalnya paling ringan.

Silahkan mendaftar di marketplace untuk mulai menjual barang dropshipper Anda.

Untuk memilih supplier, ada beberapa tips mendasar.

  • Tips memilih supplier

Bintangnya 4,5 keatas.

Supplier yang bintangnya 4,5 keatas adalah supplier yang reputasinya baik. Karena itulah, ia akan mampu memberikan support untuk bisnis kita.

Waktu respon dibawah 5 menit.

Supplier yang responnya cepat akan cepat menjawab pertanyaan kita juga. Jika supplier lambat memberikan tanggapan, kita akan lambat juga terhadap pelanggan.

2. Bisnis affiliate marketing

Jika bisnis dropshipper meminta kita berinteraksi dengan supplier, maka bisnis affiliate marketing tidak.

Bisnis affiliate marketing hanya perlu menjualkan produk orang lain dengan website kita atau cara lainnya. Untuk setiap penjualan, maka akan ada komisi bagi yang menjualkan.

Untuk situs affiliate marketing paling terkenal:: amaxon.com

3. Online shop

Kita bisa membuka online shop di rumah masing – masing. Toko online ini akan menjadi pegawai kita selama 24 jam

Online shop juga bagus untuk para pelanggan milennial. Mereka, para pelanggan millenial selalu membawa HP smartphone kemana – mana. Jadi, akan mencari jasa atau produk pilihan lewat internet juga.

4. Jasa web developer

Web developer seperti LAWANG TECHNO bisa dikerjakan dari rumah. Jika pelanggan ingin berkomunikasi, bisa dengan chat WA. Jika ingin bertemu langsung, bisa – bisa saja. Tetapi untuk kantor, kantor tidak hanrus berada ditempat yang khusus.

5. Jasa aplikasi online

Jasa pembuatan aplikasi online juga sangat bisa dilakukan di rumah. Jasa ini hanya perlu keahlian dan sambungan internet jika ingin mulai.

6. Bisnis reseller

Bisnis reseller adalah menjual barang milik orang lain. Bedanmya dengan dropshipper adalah, bisnis reseller perlu membeli barang dalam jumlah mencukupi untuk diakui sebagai reseller.

5/5 (1)

Please rate this

Summary
Article Name
Usaha Kecil Menguntungkan
Description
Usaha kecil di rumah yang mudah murah tetapi tetap menguntungkan.
Author
Publisher Name
LAWANG TECHNO
Publisher Logo

  • hp oppo terbaru 2019

Share this

Leave a reply