28 Mar

Bisnis Online, Apa Saja Yang Menjanjikan?

Bisnia online banyak yang menjanjikan keuntungan. Saat ini fashion yang dijual online adalah yang paling besar peminatnya. Tetapi, seiring waktu, bisnis lain akan segera online.

Alasan yang paling mudah adalah pertumbuhan pengguna internet. Saat ini Indonesia merupakan salah satu negara yang pertumbuhan pengguna internetnya sangat cepat.

Pada tahun 2017, pertumbuhan pengguna internet di Indonesia adalah 5 besar di dunia. Juaranya saat itu: China, India, USA dan Brazil.

Pada tahun 2018, Indonesia kembali masuk peringkat kelima pertumbuhan pengguna internet. Untuk rangking 1 sd 4, masih negara yang sama. (ulasannya disini: https://www.internetworldstats.com/top20.htm).

Pertumbuhan pengguna internet ini pada akhirnya akan menyebabkan pergeseran kebiasaan.

Beberapa tahun lalu, kita masih menyempatkan melihat iklan di majalah saat ingin mencari jasa servis AC. Sekarang, mungkin tinggal buka HP saja.

Hp yang kita kantongi atau yang ada di tas kita kini menjadi alat untuk mencari banyak hal. Kita mencari alamat restorang yang kita mau dengan HP. Kita mencari alamat rekan kenalan baru dengan peta di HP dan sebagainya. Kita juga mencari soal ulangan anak SD hingga mahasiswa dengan HP / smartphone.

Untuk penjualan jasa / produk, kini HP juga menjadi andalan. Mereka yang tidak ikut memanfaatkan kesempatan menjual secara online bisa dipastikan akan tertinggal pada akhirnya.

Saat ini, ada beberapa bisnis online yang sudah terkenal laris dan menguntungkan. Untuk tahun – tahun berikut, jenis bisnis online yang menguntungkan pasti akan semakin bertambah.

bisnis online murah menguntungkan

Bisnis online fashion

Bisnis online ini sudah terkenal paling laris bertahun – tahun yang lalu. Penjualan baju secara online mungkin lebih menarik bagi pembeli karena mereka bisa membeli tanpa datang.

Atau, pembeli tertarik jenis pakaian, sepatu atau lainnya yang modelnya menarik meskipun awalnya tidak membutuhkan pakaian tersebut.

Jika kita tertarik dengan bisnis fashion online, kita bisa memilih satu jenis saja atau beberapa jenis sekaligus. Semua tergantung kemampuan kita.

Bisnis fashion wanita. Ini adalah salah satu jenis yang paling besar penjualannya.

Selain itu, kita bisa mencoba bisnis pakaian anak – anak online atau bisnis gamis dan pashmina online.

Bisnis jasa desain grafis online

Salah satu yang booming saat ini adalah jasa desain grafis online. Para desainer bahkan mengincar pasar luar negeri juga. Ada banyak platform web freelancer yang bisa kita gunakan untuk berpromosi. Misal projects.co.id atau sribulancer.com. Kemudian, banyak juga website asing yang menerima freelancer untuk jasa desain grafis hingga animasi 3D.

Untuk mendapat order, kita harus menampilkan portofolio yang baik. Layani klien dengan baik karena mereka akan memberikan ulasan disana. Jika ulasan kita bagus, maka klien kita akan bertambah.

Ada juga cara dengan bid atau lelang. Cara ini mengharuskan kita memberi penawaran kepada pemilik proyek soal harga yang kita terima untuk proyek dia.

Jika berhasil, maka proyek ini bisa menjadi portofolio kita di situs tersebut. Makin banyak portofolio, makin besar kemungkinan kita disewa untuk selanjutnya.

Bisnis menjual artwork online

Barang – barang seni bisa dijual secara online. Beberapa situs akan bisa membantu kita menjual karya seni kita. Diantaranya:

Creativemarket.com
Artworkheroes.com
Society6.com
Etsy.com
Redbubble.com

Gambar kita disana diberi harga jika ingin diunduh. Harganya mulai dari $1 hingga $1000 tergantung kualitas.

Menjadi programer / developer software dan aplikasi serta web developer online

Pekerjaan ini banyak yang mencari sebenarnya. Tetapi memang kemampuan kita jangan setengah – setengah. Bagi yang kemampuannya bagus, banyak yang bersedia membayar biaya web developer hingga lebih $2000 tetapi dengan deadline pekerjaan 1 minggu. Ya, harus memang benar – benar bisa menguasai web developer dan coding dengan baik.

Untuk mereka yang profesional, mendapat penghasilan hingga $6000 setiap bulan bukan hal yang terlalu sulit.

Bahkan, WordPress lewat Automattic yang merupakan perusahaan pengelola WordPress sering menyewa programer / developer dengan berbagai spesialisasi secara online.

Bisa juga, Anda mendirikan perusahaan jasa pembuatan aplikasi yang promosinya menggunakan website. Klien pada akhirnya akan bertemu Anda juga secara fisik. Tetapi promosinya online sehingga bisa menjangkau tempat yang jauh dan biaya promosinya murah.

bisnis online murah menguntungkan terkini

Bisnis menjual makanan online

Bagi yang tidak suka ribet harus stok makanan dalam jumlah besar, bisa menerima order secara online.

Saat menerima order, kita baru membuatkan makanannya. Saat ini, saya sudah melihat cara ini diterapkan untuk bisnis seperti kue brownis hingga menjual gorengan.

Menjual produk lain secara online

Internet kita gunakan untuk mempromosikan berbagai produk kita yang lain. Misal menjual sepeda, menjual sepeda motor bekas dan juga peralatan rumah tangga.

Membuat kursus online

Kursus online bisa kita lakukan dengan misalnya membuat ebook dan siap didownload. Atau, kita juga bisa melengkapinya dengan video tutorial. Cara terakhir ini sangat membantu para pelanggan memahami penjelasan kita.

Selain itu, internet juga bagus menjadi sarana mempromosikan jasa dari kita yang lain. Misal, jasa sedot WC atau jasa sumur bor serta jasa penerjemah.

Jasa menaikkan Followers di media sosial

Terkadang, jumlah follower memang mempengaruhi penilaian masyarakat untuk berinteraksi dengan kita di medsos. Jika follower kita banyak, maka follower asli akan bisa lebih percaya. Karena itulah, jasa menaikkan jumlah follower di medsos saat ini lumayan laris.

Menjadi penulis konten

Menulis konten tidak akan pernah sama hasilnya dengan menjadi pengembang aplikasi online. Tetapi tetap bisa ada uangnya. Anda bisa menulis di website – website yang membayar para penulisnya jika jumlah pembaca tulisan melampaui yang sudah ditentukan.

Menjadi penulis konten bisa dikembangkan untuk menulis blog sendiri. Jika kita bisa mendapat iklan Google Adsense dan menulis dalam bahasa Inggris, maka penghasilan kita akan lumayan dibanding jika blog kita berbahasa Indonesia.

Menulis di blog sendiri belum tentu hasilnya lebih banyak dibanding menulis di platform khusus penulis.

Menjadi dropshipper atau reseller

Menjadi dropshipper akan menjual produk secara dropship. Artinya, kita menawarkan produk milik pedagang llain dan jika laku, maka akan dikirim langsung ke alamat pembeli dari alamat pedagang pertama tadi. Biasanya, dengan alamat milik si dropsipper dan bukan alamat milik pedagang alsinya.

Kita hanya menghubungkan atau menjadi makelar saja.

Disini, kita menaikkan harga jual barang ke konsumen untuk mendapatkan keuntungan.

Menjadi dropshipper bisa kita lakukan dengan “mengambil” barang di Tokopedia dan menjual kembali di marketplace lainnya. Tentunya dengan harga lebih tinggi dibanding aslinya.

Menjadi reseller agak berbeda. Kita harus membeli terlebih dahulu barang – barang tersebut sebelum dijual kembali.

Menjadi Youtuber

Youtuber yang terkenal sebagian mungkin wajahnya memang menarik. Tetapi ada juga yang tidak. Nah, yang terakhir ini memang mengandalkan profesionalisme dalam menghasilkan gambar yang bagus.

Bagian mana yang ditampilkan, cara menampilkan dan juga stabilitas gambar dan lainnya.

Selain itu, kreatif. Konten kreatif di Youtube banyak diputar dan menghasilkan banyak uang bagi pemiliknya.

Menjual plugin atau template untuk wordpress

Bisa juga theme atau template untuk CMS drupal dan sebagainya. Jika kita senang dengan pemrograman komputer, cara ini bisa menghasilkan uang. Terutama jika template kita bagus atau plugin kita memang bermanfaat.

Membuat dan mengupload aplikasi di App Store atau PlayStore

Untuk para pengguna Apple, mereka menyukai aplikasi berbayar yang handal dan memang lengkap.

Untuk para pengguna android, mereka menyukai aplikasi gratis. Untuk mendapatkan uang dari aplikasi kita, kita bisa menggunakan iklan adsense atau iklan lainnya.

Bisnis online menjual foto

Ada beberapa situs yang siap menjualkan foto – foto Anda. Situs seperti shutterstock.com dan juga istockphoto.com adalah dua situs besar yang sudah berdiri bertahun – tahun yang lalu.

Anda bisa mendaftar disana dan mengikuti semua prosedur yang ada. Memasukkan foto di kategori yang benar dan prosedur lainnya hingga prosedur pembayaran.

Jadi, daripada foto dinikmati sendiri, lebih baik dijual juga. Harganya antara $ 12 hingga $ 100 tergantung kualitas foto kita.

Kesimpulan

Ada banyak kesempatan berbisnis online yang saat ini mulai menjamur. Mulai dari sekedar mempromosikan bisnis offline di internet hingga bekerja untuk sesuatu yang hanya ada di dunia online seperti menjual template WordPress atau menjadi pengembang di Automattic.  Kesmpatan ini banyak sebenarnya dan akan terus berkembang.

Leave a reply