26 Sep

Panduan Cara Sukses Affiliate Marketing

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Panduan cara sukses affiliate marketing.

Panduan ini kami tulis karena ada banyak orang yang ingin tahu caranya.

Affiliate marketing berbeda dibandingkan dropship atau berjualan sendiri di marketplace.

Affiliate marketing menjual barang orang lain juga. Tetapi, tidak perlu menerima sms, WA ataupun telepon pemesanan dari konsumen.

Untuk affiliate marketing, ada portal besar yang mengatur semuanya. Kita mendaftar disana sebagai affiliate dan bukan sebagai pedagang.

Setelah mendaftar sebagai affiliate, kita akan mendapat banyak produk yang bisa kita jual melalui website ataupun bloig kita.

Setiap kali kita login, kita akan tercatat dan mendapat halaman untuk meng-copy link produk – produk yang ada.

Jangan khawatir, situs affiliate besar seperti Amazon atau cj. com memiliki puluhan ribu produk. Semua bisa kita jual lewat situs kita.

Kembali ke copy link. Copy link produk BESERTA id affiliate kita. Link dengan id ini hanya bisa kita dapat jika kita login di amazon atau cj.com.

Gunanya, link dengan id ini bisa melacak pembelian yang terjadi di link produk ini. Jadi, bisa saja link kita copy sekali kemudian produk kita tampilkan di banyak halaman website atau bahkan banyak situs sekaligus.

Meskipun begitu, biasanya kita juga bisa mengkopi link lagi untuk barang yang sama jika dibutuhkan. Tetapi, biasanya juga, link “baru” ini id nya masih sama dengan yang pertama.

Jangan sampai copy link produk tanpa ada id, karena kalau laku identitas kita tidak terlacak dan mendapat bayaran.

Website seperti Amazon melacak link kita dari pertama kali dikunjungi pengunjung hingga pembelian dalam 24 jam.

Jadi, sekarang jam 12 ada konsumen berkunjung tetapi baru jam 3 membeli, akan terlacak dan komisi kita tetap dibayarkan.

Untuk situs affiliate lainnya, ada yang tidak melacaknya hingga 24 jam.

Ada juga yang harus langsung beli supaya kita mendapat komisi. Jadi, penghasilan dari affiliate marketing memang berbeda dibanding Google Adsense.

Jika penghasilan Google Adsense memiliki korelasi dengan jumlah pengunjung, maka affiliate marketing tidak memiliki korelasi dengan jumlah pengunjung.

Penghasilan Adsense bisa kita rata – rata misalnya 12 dolar per 1000 pengunjung. Penghasilan ini bisa berubah tergantung pada: layout web dan penempatan iklan. Warna website serta profesionalitas tampilan serta konten.

Tetapi, perubahan layout misalnya bisa menaikkan rata – rata penghasilan atau menurunkannya.

Untuk affiliate marketing, tidak ada pola rata – rata penghasilan.

Yang ada hanya semakin banyak pengunjung akan cenderung semakin banyak penghasilan.

Tetapi, affiliate marketing ini hasilnya tetap lumayan sebenarnya, terutama jika kita bisa melakukan beberapa hal dibawah ini.

Beberapa tips panduan cara sukses affiliate marketing.

  • Membangun merk website.

Gunakan nama domain website yang sekaligus bisa menjadi merk kita. Merk ini sebaiknya mudah diingat serta sebisa mungkin ada keyword tentang penjualan atau produk kita.

  • Membuat konten yang unik.

Ini adalah salah satu cara untuk memenangkan pasar. Katakan saja semua orang menulis tentang sepatu A sepatu B dan semacamnya. Mereka menulis warna sepatu, kualitas, model dan sebagainya.

Tulisan kita, misalnya tentang seorang pelari marathon. Bagaimana ia memilih sepatu, apa saja pertimbangannya. bagaimana sepatu pilihannya bisa diajak berlari 2 jam nonstop dengan tetap awet serta nyaman. Dan sebagainya.

Tulisan unik ini pasti memberikan kesan berbeda dibanding tulisan biasa. Dan, akan lebih mudah mendapat share di media sosial juga.

Jika terpaksa sama, coba kita lihat apa yang ditawarkan affiliate lainnya dan bagaimana mereka menawarkannya. Kita mungkin bisa menggunakan ide yang berbeda.

Kita bisa menggunakan pengalaman kita, relasi kita atau apapun yang bisa membuat konten kita terasa berbeda.

  • Biarkan kolom komentar terbuka.

Biarkan para pengunjung serta pembeli memberikan komentar mereka. Kita mungkin perlu memoderasi komentar yang ada untuk menghilangkan SPAM. Tetapi, kita sebaiknya menerima komentar mereka.

  • Gunakan metode berbeda untuk menjual.

Meskipun kita menjual produk affiliate dengan website, kita juga perlu share di media sosial. Tentunya, kita juga perlu media sosial dengan peserta dari luar negeri jika affiliate marketing kita menjual produk ke luar negeri juga.

  • Gunakan fasilitas email untuk marketing.

Misalnya saja, kita bisa menawarkan ebook gratis kepada pelanggan yang mendaftarkan email. Dan, kita bisa menyusun penawaran kepada mereka melalui email.

  • Gunakan blog.

Jika kita menggunakan situs wordpress untuk affiliate marketing, maka kita bisa menggunakan blog untuk meningkatkan potensi penjualan kita.

Menulis blog merupakan sarana paling ampuh untuk meningkatkan rangking situs kita di Google. Artikel membawa kata kunci ke pencarian Google. Semakin banyak artikel, semakin padat kata kunci di website kita. Dan, semakin mantab Google menempatkan website kita sebagai yang “relevan” dengan kata kunci tadi.

Rangking naik artinya makin banyak pengunjung. Makin banyak pengunjung artinya makin banyak penghasilan.

Belum lagi, jika konten kita berkualitas serta memenuhi keperluan banyak orang. Mereka akan lebih percaya dengan produk yang kita jual.

  • Gunakan Media Sosial seperti FB Fan Page, Twitter atau IG.

Meskipun kita sudah membangun website, gunakan juga FB fan page. Disana ada grup juga yang mungkin perlu kita ikuti.

Untuk mengelola media sosial ini, kita harus mau membagi halaman kita. Kita juga perlu membuat konten yang diinginkan konsumen.

  • Share hal – hal yang kita memang bersemangat dengannya. Konsumen kita akan ikut bersemangat juga. 
  • Kita juga perlu responsif serta membalas respon atau komentar mereka. 
  • Kita perlu konsisten untuk menghasilkan post yang rutin dan, juga mengulangi hal – hal yang sudah berhasil sebelumnya. 
  • Bangun hubungan dengan mereka yang paling besar di niche Anda.
  • Kita ikuti twitter mereka, link ke posting websitenya dan pikirkan juga, apa hal yang bisa menguntungkan bagi Anda bersama.

Memasarkan affiliate marketing secara mendasar sama saja dengan memasarkan produk lainnya. Kita harus aktif untuk menjangkau konsumen kita serta memelihara hubungan baik dengan mereka.

Inilah sedikit tips dari kami tentang panduan bagaimana cara sukses affiliate marketing. Salam sukses!

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply