12 May

Tips Cara Sukses Adsense dan Affiliate Marketing

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Mendapatkan dolar dari internet dari Adsense dan Affiliate marketing masih menjadi impian banyak orang. Saat ini memang sudah sangat banyak orang yang mendapatkan penghasilan dari internet dari mulai yang bisa membeli rumah hingga yang sekedar menambah penghasilan bulanan.

Motifasi inilah yang membuat banyak orang bersemangat membuat blog atau website dan memasang iklan di websitenya. Untuk mendapatkan penghasilan dolar dari internet memang mudah prosedurnya. Kita tinggal mengikuti mekanisme yang ada di web penyedia iklan dan memasang iklan mereka di web kita. Jika ada klik atau pembelian, maka kita mendapatkan komisi. Sebenarnya semudah itu tetapi sekarang, kondisinya tidak seperti itu lagi.

Google Adsense yang merupakan pemilik iklan terbesar internet melakukan screening yang ketat untuk para pengiklannya sejak tahun 2008.

Para pengiklan yang tidak mematuhi TOS mereka kena banned dan akhirnya tidak bisa menggunakan Adsense lagi. Akhirnya mereka yang terkena banned mencoba iklan lainnya. Tetapi, iklan lain ternyata memberikan hanya 10% penghasilan dari Google Adsense.

Yang terkena banned inipun biasanya disebabkan karena ketidak fahaman terhadap aturan Google Adsense.

Apakah Anda memahami bahwa artikel kita, yang dititung dari <body> hingga ke </body> atau di halaman konten harus berisi minimal 300 kata? Jika kurang, pasti kita di banned oleh Google.

Apakah Anda mengetahui Adsense dilarang dipasang di halaman berkonten apa saja?

Apakah Anda pernah membaca aturan Google Adsense, yang banyak dan membosankan itu satu persatu?

Jika belum, ya jangan menyalahkan Google jika kena banned.

Karena kalau aturan itu kita ikuti satu persatu, sebenarnya akun adsense kita aman – aman saja.

Jadi tips aman untuk akun adsense adalah:

Mengikuti semua panduan Adsense yang banyak dan terkesan membosankan itu satu persatu! Dengan detail!

itu saja, tidak usah membuat aturan sendiri!

Google yang memiliki Adsense, mereka yang membuat aturan. Ini saja prinsip kita jika kita ingin menggunakan Adsense.

Aturan Google Adsense ini sebenarnya ditulis secara langsung, ringkas dan praktis.

Jangan biarkan kita melewatkannya hanya karena melihat tampilannya yang banyak tersebut.

Apakah Anda tidak jadi membaca buku hanya karena melihat bukunya tebal tanpa membaca terlebih dahulu isinya?

Pengalaman penulis, Google adsense sebenarnya hanya membayar rata – rata paling banyak Rp 6000 tiap kliknya. Ini untuk konten yang berbahasa Inggris dan sudah diriset bahwa harga iklannya lumayan mahal. Yang lainnya biasanya lebih kecil antara 2000 hingga 3500 tergantung tema konten website / niche kita.

Untuk Adsense berbahasa Indonesia, harganya sekitar 1/10 harga iklan Adsense berbahasa Inggris.

Maaf, inilah kenyataannya. Kita beriklan Adwords bahasa Indonesia juga murah. Jadinya, iklan adsense bahasa Indonesia menjadi murah.

Untuk memilih tema konten / niche yang mahal, sebenarnya mudah. Apapun yang mahal di dunia nyata akan mahal juga di dunia maya.

Untuk program affiliate, biasanya komisi penjualan kita hanya sekitar 2 hingga 5 persen harga barang yang terjual. Untuk affiliate program, perhitungan berapa jumlah penjualan untuk jumlah pengunjung tertentu sulit dicari korelasinya.

Untuk Adsense, kita masih bisa menghitung penghasilan rata – rata sekitar 20 dolar per 1000 pengunjung atau 10 dolar per 1000 pengunjung. Kita bisa merubah layout web dan iklannya untuk mendapat klik yang lebih banyak meskipun pengunjung jumlahnya tetap.

Kita bisa menginstal plugin Adsense heat Map untuk mengetahui dibagian mana web kita yang sering mendapatkan klik. Kita bisa meletakkan iklan disana dengan format iklan dan ukuran yang cocok.

Format iklan bisa kita coba apakah iklan image, text ataukah model link unit. Kita bisa mencoba 1 layout dengan 1 format iklan selama seminggu. Apakah hasilnya lebih baik. Kita bisa memindah – mindah posisi iklan dan mengganti warna di blog dan sebagainya.

Dengan cara ini, klik kita atau CTR bisa bertambah hingga dua kali lipat atau bahkan lebih untuk jumlah pengunjung yang sama.

Sebagai patokan, program bisnis apapun yang ada di internet perlu kerja keras untuk membuatnya berhasil.

Untuk iklan lain, yang membayar lebih banyak dari adsense memiliki syarat yang (jauh) lebih sulit ditembus.

Misalnya, ada iklan yang baru mengijinkan kita mendaftar jika pengunjung blog atau web kita minimal 500,000 orang atau setengah juta pengunjung per bulan. Pengunjung ini harus datang dari mesin pencari dan harus berasal dari Amerika.

Kita perlu website dengan kualitas artikel dan foto sekelas majalah cetak untuk menembus batas seperti ini. Website yang biasa – biasa saja meskipun SEOnya baik dan pengunjungnya diatas 1/2 juta orang, pasti tidak bisa ikut program semacam ini.

Bagi yang sudah kena banned Adsense, jika mengikuti program iklan per klik lain akan merasakan bahwa jumlah penghasilan menjadi sangat kecil.

Untuk program Affiliate, Anda bisa mengikuti program affiliate marketing milik Amazon ataupun yang lain. Dengan komisi antara 2% hingga 5 % dari harga produk, Anda masih bisa mendapatkan hasil yang lumayan sebenarnya.

Ingat, Anda juga mesti membaca aturan yang ada satu persatu dengan detail. Amazon juga melakukan banned sebenarnya. Jadi kita harus mematuhi aturan mereka juga.

Cara paling gampang mendapat uang di program affiliate adalah menulis review positif untuk produk tersebut. Jangan asal posting dengan artikel apa adanya atau artikel promosi milik perusahaan bersangkutan. Minimal Anda harus menulis ulang artikel tersebut.

Google sekarang dikenal tidak suka dengan website yang link afiliasinya banyak dan yang penempatan iklannya terkesan spam.

Web yang halamannya penuh iklan akan mendapat rangking rendah, tidak peduli iklan ini adsense atau iklan lainnya.

Pengunjung web terganggu dengan iklan yang berlebihan dan menutupi konten, Google merangking web – web semacam ini dengan rangking yang buruk.

Untuk menghindari hal ini, Gunakan Webmaster Tools untuk memperoleh Tools yang lengkap dari Google. Disana ada link untuk mengecek apakah iklan Anda kompatibel dengan aturan Google.

Yang harus diingat, ruangan untuk Adsense kita jangan sampai memakan tempat lebih dari 30% halaman yang kita buka. Jika lebih, Google memilih menyembunyikan iklan kita jika web kita dibuka di browser Chrome. Iklan Adsense kita tidak di banned tetapi disembunyikan atau di blok. Hasilnya ya sama saja kita tidak mendapatkan uang.

Untuk iklan adsense yang tampil di gadget, pastikan jarak iklan minimal 1 iklan tiap scroll. Lebih rapat dari itu Anda pasti kena banned. Jika belum, hanya soal menunggu giliran saja.

Iklan Adsense dan affiliate marketing memang cara mudah mendapatkan uang secara online. Jika kita serius, hasil yang kita dapatkan pun serius.

Ingat, selalu membaca TOS mereka yang panjang itu satu persatu.

Tos yang panjang itu sebenarnya sistematis dan sederhana jika kita membacanya.

Kita hanya menjadi malas karena melihat artikelnya panjang dan text book. Tetapi sekali kita baca, semuanya sebenarnya sederhana.

Jangan melewatkan apapun dan jangan mencoba menabrak apapun daripada kita menyesal nantinya.

Inilah tips cara sukses Adsense dan affiliate marketing dan sekaligus aman dari banned. Semoga bermanfaat.

 

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply