16 Oct

Bisnis Online 2019 Yang Prospektif, Jangan Ketinggalan

Bisnis online 2019

Apa saja bisnis online 20198 yang prospektif? sebenarnya banyak. Yang jelas, bisnis online ini disukai karena bisa kita lakukan hampir tanpa modal. Bayangkan saja, dengan modal negosiasi kita bisa ikut menjual produk milik orang sebagai dropshipper. Bahkan, kita juga bisa menawarkan produk genteng milik tetangga secara online juga. Semua, tentunya bermodal negosiasi dengan pemilik produknya.

Sebenarnya, apa saja bisnis online 2019 yang potensial? Ini daftarnya:

  • Bisnis Online Fashion

Ini adalah bisnis online yang sudah bertahun – tahun berprospek bagus. Sekarang di 2018 dan 2019 mendatang, bisnis online fashion ini tampaknya akan tetap menjadi bisnis yang cerah.

Untuk target pasar bisnis fashion, yang utama adalah target untuk wanita dewasa.

Target inipun masih bisa kita bagi lagi. Kita bisa membaginya menjadi bisnis sepatu, tas, hingga hijab dan kemeja.

  • Bisnis pengembang website, aplikasi dan software

Kami menyampaikan hal ini bukannya mencari saingan. Tetapi, memang prospek bisnis ini cerah kok kedepannya. Coba saja, semua orang ingin otomatisasi. Dan, otomatisasi pasti melibathkan software dan mungkin juga hardware.

Bahaimana mengelola supermarket secara manual? Kita mesti menghitung penjualan satu persatu begitu? kemudian merekap penjumlahannya satu persatu saat toko tutp jam 9 malam. Yah, bisa – bisa jam 11 malam belum selesai itu proses rekapnya.

Nah, dengan software, maka toko tutup tinggal membereskan hal lain yang lebih sederhana.

  • Menjadi Youtuber

Menjadi Youtuber merupakan bisnis yang potensial juga. Selama kita kreatif, kita bisa mendapatkan banyak view. Untuk urusan internet, view atau pemirsa akan sama hasilnya dengan uang. Semakin banyak view akan semakin banyak uang yang kita hasilkan.

  • Bisnis desain garfis

Saya memiliki rekan yang gigih mencari order desain grafis dari luar negeri. Yah, harganya berbeda dibanding dengan harga untuk jasa serupa di Indonesia.

Kita bisa ikut di situs seperti freelancer.com atau Devianart untuk mendapatkan pekerjaan. Untuk situs dalam negeri, ada marketplace yang bisa dipakai untuk berjualan. Ada juga FJB di kaskus yang sudah terkenal sebagai forum jual beli besar di Indonesia.

Kalau mau lebih keren, silahkan membuat website sendiri untuk memajang semua portofolio kita disana.

Kita bisa membuat majalah desain sendiri di website kita.

  • Bisnis jasa konsultasi

Bisnis jasa konsultasi bisa kita lakukan jika kita memiliki keahlian. Jangan berfikir bahwa konsultasi hukum hanya bisa dilakukan melalui tatap muka saja. Pada batas tertentu, kita bisa berkonsultasi secara online. Untuk keperluan lain, ada banyak urusan yang harus kita selesaikan dengan bertatap muka atau mengurus surat – surat secara langsung.

Bagi akuntan, silahkan memasarkan jasa Anda secara online. Banyak website yang memberikan tutorial terkait akuntansi, dan juga pajak. Nah, mengapa tidak mencoba kesana?

  • Bisnis artwork

Ini adalah bisnis yang masih jarang di Indonesia. Tetapi, saya sendiri memiliki saudara yang suka corat – coret desain. (dengan tangan). Desain ini hasilnya bisa dijual di luar negeri. Bahkan, saudara saya ini menjual artworknya sejak tahun 1997. saat itu bahkan internet masih tergolong baru di Indonesia. silahkan mencoba situss eperti:

Creativemarket.com
Artworkheroes.com
Society6.com

Untuk menjual karya Anda.

  • Bisnis penerjemah

Dengan semakin berkembangnya internet, maka semakin berkembang pula bisnis jaman now. Seiring pergaulan manusia, penerjemahan semakin dibutuhkan . Anda yang fasih berbahasa asing bisa mengambil kesempatan ini. Silahkan menawarkannya secara online untuk klien dari manapun di dunia ini.

  • Bisnis penulis

Banyak yang bisa dilakukan dengan menulis. Yang paling biasa adalah menulis blog. Kemudian menulis artikel untuk situs yang membayar. Freelance writer dan, yang terakhir menulis ebook untuk dijual. Tentunya, Anda bisa menemukan bentuk menulis lain yang menghasilkan uang. Tetapi minimal ada 3 cara diatas.

Menulis blog memberikan kita kesempatan untuk tumbuh dan menumbuhkan blog kita sendiri. Dengan menulis 3 artikel sehari dan 5 hari seminggu, kita bisa mendapat 720 artikel setahun. Dalam 3 tahun. jumlahnya lumayan untuk memberikan kita pengunjung dalam jumlah yang cukup. Jika menerima penulis tamu, maka lebih cepat lagi blog kita tumbuh.

Tentunya, kita harus memastikan artikel penulis tamu tersebut bukan artikel duplikat dari situs lain.

Untuk langsung mendapatkan bayaran, kita bisa menulis untuk website seeprti brilio.com dan sejenisnya. Hanya saja, secara umum kita kehilangan kesempatan membangun merk website / blog kita sendiri.

Jika kita mengetahui SEO, maka membuat blog sendiri, apalagi dalam bahasa Inggris jauh lebih menuntungkan daripada menulis freelance.

Yang paling utama, semakin banyak artikel dan proses SEO yang kita berikan di blog kita, semakin bertambah pengunjung kita.

Jadi, posting artikel / konten lama kita masih memberikan pengunjung secara rutin. Tentunya, ditambah pengunjung dari konten baru juga.

Bagi yang berniat menjual ebook, bisa menjualnya di kdp.amazon.com. Disini ebook yang adea rata – rata memiliki 5000 kata dengan harga antara $2 hingga $3.5.

Tidak terlalu mahal. Kita akan mendapatkan 35% dari nilai penjualannya. Lumayan jika bisa terjual banyak.

Untuk situs lokal ada nulisbuku.com. kita bisa menjual buku kita disini.

Jika Anda yakin dengan kemampuan menulis Anda, bisa berpetualang menjual tulisan disana.

  • Bisnis dropship

Secara umum, produk fashion juga bisa kita jadikan bisnis dropship. Tetapi, ini adalah bisnis yang lebih umum. Andaikata tetangga kita adalah pembuat batako, kita bisa melobi untuk menjual batakonya secara online. Yang ini mungkin bukan dropship tetapi sama – sama bisnis tanpa modal yang besar.

  • Bisnis affiliate

Ini adalah bisnis menjual produk milik orang lain secara online. Agak berbeda dengan dropship yang perlu menghubungkan pembeli dengan pemilik barang, bisnis affiliate berjalan secara otomatis. Kita hanya memajang link produsen / pemilik barang diwebsite kita saja. Link ini sudah memiliki identitas dan setiap penjualan akan tercatat secara otomatis.

Situs affiliate yang baik: Amazon. com Yang recommended kedua: cj.com. (yang terakhir ini sudah ada sejak tahun 2000 an).

  • Bisnis makanan online

Siapa bilang bahwa bisnis makanan hanya cocok dijalankan melalui retoran?

Jika kita hanya memiliki produksi terbatas, maka kita bisa menjual secara online sendiri lewat website atau medsos atau dua – duanya. Jika kita memiliki restoran, maka kita bisa membuat website dan menjual lewat Goofood juga. Tetapi, yang terakhir ini perlu stok makanan yang banyak ya. Kalau kita baru membuat saat ada pesanan, ya pasti bakal kesulitan.

  • Bisnis online pulsa

Pernah mendengar Paytren. Ini adalah salah satu aplikasi untuk menjual pulsa secara online. Yang namanya pulsa sekarang merupakan beras kedua di negara kita. jadi menjual pulsa mestinya bisa untung lumayan juga.

  • Bisnis jasa

Bisnis jasa bisa apa saja. Bisnis jasa fotografi, service AC dan sebagainya.

Saat ini, konsumen kita sudah menggenggam gadget masing – masing. Jadi, berbisnis online sebennarnya sudah merupakan kewajiban kita di 2019 ini.

  • Kesimpulan

Inilah beberapa daftar untuk bisnis online 2019. semoga bermanfaat. salam sukses!



Share this

Leave a reply