25 Sep

Keuntungan Menggunakan CMS WordPress, Banyak Lho

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Kelebihan dan Kekurangan CMS

Ada beberapa orang yang menanyakan apa saja keuntungan dan kerugian menggunakan CMS WordPress. Jawabanya sebenarnya tergantung kepada tujuan dari situs yang ingin kita buat. Tetapi, sebagai pengantar awal, CMS WordPress cocok bagi mereka yang tidak mengetahui kode pemrograman. Kemudian, cocok juga bagi mereka yang hanya menggunakan situs untuk kepentingan mengisi konten. Atau, untuk toko online, tiket online dan semacamnya.

Tetapi, jika kita ingin membuat website yang perlu menjalankan aplikasi spesifik, maka situs yang ditulis programnya dari awal jauh lebih menguntungkan. Kita bisa menyesuaikan pemrograman, struktur web serta linknya dengan tujuan website sejak awal.

Jadi, apa saja daftar keuntungan serta kerugian menggunakan CMS.

Kelebihan CMS :

  • Cepat untuk membuat website.
  • Tidak merancang database sendiri.
  • Pengguna situs mudah mengubah konten sendiri tanpa mengetahui kode pemrograman wedsite. (Html, CSS, JS dan PHP).
  • Ada CMS tersedia secara gratis.
  • Tersedia modul, (ekstensi, plugin dsb).

Kekurangan CMS :

  • Fitur serta desain terbatas bagi yang ingin keperluan khusus.
Pembahasan:

Kelebihan CMS :

  • Cepat untuk membuat website.

Kecepatan untuk membuat websit ini juga sebanding dengan kepraktisan yang ditawarkan. Anda tidak perlu menunggu beberapa bulan untuk mendapatkan website Anda. Selain itu, proses pembuatan website juga menjadi murah.

Bagi pengembang websitenya sendiri, menggunakan CMS artinya tidak pelu menulis pemrograman dari awal. Mereka biasanya hanya menambah, mengedit atau menghilangkan program – program yang diinginkan.

  • Tidak merancang database sendiri.

Satu hal yang pasti, pengembang tidak perlu merancang database sendiri. Disini database sudah tersedia bersama CMS yang ada. “Pengembang” hanya menseting databasenya saja.

  • Pengguna situs mudah mengubah konten sendiri tanpa mengetahui kode pemrograman wedsite. (Html, CSS, JS dan PHP).

CMS atau konten management system memang dirancang untuk memudahkan penggunanya. Karena itulah CMS bisa diupdate tanpa mengetahui pemrograman. Kita tinggal mengupdate konten seperti mengupdate Facebook kita saja.

Artikel, foto serta video mudah diupload serta diembed di dalam situs CMS.

  • Ada CMS tersedia secara gratis.

Banyak sebenarnya CMS yang tersedia secara gratis. Diantara CMS – CMS itu, CMS WordPress merupakan yang terbaik bagi kami.

Bagi kami, secara khusus CMS WordPress sangat SEO friendly strukturnya. Atau, dengan kata lain mudah mendapatkan rangking di halaman pertama Google.

Jika kita bicara soal kemudahan modifikasi program CMS nya sendiri atau pengembangannya, maka ada CMS lain yang lebih bagus. Ada CMS lain yang lebih mudah diadaptasi untuk mengembangkan situs UMKM yang kecil hingga situs perusahaan besar.

Tetapi, kami memang secara khusus menempatkan pemasaran dalam prioritas pertama.

Jadi website yang mudah masuk halaman depan Google lebih penting bagi kami daripada situs web yang memungkinkan pengembangan web secara lebih fleksibel. Tetapi, yang lebih fleksibel ini ternyata lebih sulit masuk halaman pertama Google dan lebih sulit mendapat pelanggan secara online.

Akhirnya, niat kita untuk menjual secara online menjadi sedikit terhambat.

  • Tersedia modul, (ekstensi, plugin dsb).

Alasan lain menggunakan CMS secara umum adalah tersedianya modul yang sangat banyak. Saat ini, modul uuntuk menambah fungsi CMS sudah sangat banyak.

Untuk wordpress saja. ada ribuan plugin kalau tidak salah. Plugin gratis tersedia seperti halnya plugin berbayar. Juga, fungsi plugin ini sudah sangat banyak. Secara umum, kita bisa membuat situs model “apapun” dengan WordPress serta ribuan pluginnya.

Tetapi, dengan semua kelebihan tadi, adakah kekurangan CMS?

Kekurangan CMS :

  • Fitur serta desain terbatas bagi yang ingin keperluan khusus.

Coba saja Anda buka houzz.com. Ini adalah website home design yang termasuk paling besar. Didirikan oleh pegawai Google.

Website ini tidak bisa dibuat menggunakan CMS yang ada sekarang, baik berbayar ataupun gratis. Struktur situs hingga tampilannya sulit disamai oleh CMS.

Website semacam ini harus dibuat dari nol. Dengan mengetik program satu persatu sesuai tujuannya.

Kemudian, ada enterprise yang ingin membuat website aplikasi. Website ini perlu digunakan untuk membantu memantau berbagai proyek di berbagai tempat.

Jadi, proyek pembangunan apartemen di kota A ada 3. Proyek perumahan di kota B ada 2.

Setiap pimpinan proyek serta manajernya perlu melaporkan “project dasboard” mereka setiap 3 hari.

Kemudian, mereka bisa berbagi, jadwal kerja, SDM serta laporan keuangan antar mereka atau dengan pusat.

Masing – masing dari unit proyek bisa mengetahui dimana mendapatkan SDM atau sumber daya lain yang kemungkinan ada waktu luang karena pekerjaan telah selesai ditempat lain.

Mereka bisa tukar menukar SDM, alat berat dan sebagainya.

Kemudian, form laporan “project dasboard atau lainnya bisa dimasukkan software lain yang digunakan perusahaan. Misal kompatibel dengan Microsoft Excell atau Zahir Accounting.

Yang seperti ini juga tidak bisa dilakukan dengan situs CMS. 

Kita harus menulis program web aplikasi seperti ini dari nol. Waktunya lama, permintaannya kompleks dan harganya mahal. Ratusan juta saja sudah termasuk murah.

Perlu team khusus untuk menyelesaikan web aplikasi semacam ini. Perlu team dengan banyak orang dengan fungsi khusus masing – masing untuk pekerjaan seperti ini.

Tetapi, untuk UMKM serta toko online, tidak perlu website yang diketik programnya dari nol.

Anda sebaiknya menggunakan CMS saja yang jelas praktis, mudah serta biayanya murah.

Untuk lawangtechno.com, harga website mulai dari hanya Rp. 750.000 – saja. Yah, meskipun desainnya pun kurang custom. Tetapi, jika ingin website yang cocok untuk pemasaran online, kami spesialisnya.

Jadi, silahkan menghubungi kami untuk keperluan pemasaran online Anda. Sampai jumpa di kantor dan salam sukses!

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply