24 Sep

Harga Web, Apakah Sama Disetiap Daerah?

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Ada orang bertanya, apakah harga web sama disetiap daerah?

Jawabannya mungkin sama saja untuk website konten. Tetapi, untuk website aplikasi, bisa sangat berbeda. Perbedaan ini karena cara kerja perusahaan serta besar gaji untuk para karyawannya.

Sebuah website konten biasanya cukup mudah dibuat, meskipun, ada juga jasa pembuatan website yang membuat website konten dengan membuat program atau kodingnya dari awal. Hal semacam ini akan membuat website tadi menjadi mahal.

Untuk website konten, tingkat kesul;itan pembuatannya sebenarnya hampir sama saja. Untuk pembuatan websitenya, biasanya menggunakan CMS atau Content Management System. Sistem CMS ini dibuat untuk mempercepat pembuatan website serta mempermudah penggunanya.

CMS memungkinkan pengguna website untuk mengupdate websitenmya sendiri. Pemilik website bisa mengganti konten, menambah konten atau menghapus yang sudah ada.

Sebuah website toko online juga akan mudah dikelola jika menggunakan CMS. Produk akan mudah diupdate harganya. Mudah memposting produk baru serta mudah untuk menawarkan diskon produk tertentu.

Untuk website wordpress, akan membutuhkan biaya pada penggunaan theme yang premium, biaya server serta biaya domain.

Bagi pengguna UMKM, kami sangat menyarankan untuk menggunakan website tipe ini saja. Ini karena harga pembuatannya jauh lebih murah. Jika kita menggunakan website yang dibuat dengan coding (pemrograman) sedari awal, harganya menjadi mahal.

Ada beberapa jasa pembuatan website yang menawarkan web dengan pemrograman dari nol. Kecuali Anda memang mampu membayar untuk biaya pembuatan yang biasanya puluhan juta, silahkan Anda menggunakan website model CMS yang praktis.

Soal bagus dan tidak bagus tidak tergantung kepada pemrograman yang dibuat dari nol. Kenyataannya, CMS di website biasa dibuat oleh profesional juga. Bedanya hanya dijual berkali – kali dalam jumlah banyak sehingga harganya murah.

Ada juga yang membuat website dengan CMS gratis seperti WordPress. WordPress ini sebenarnya sangat bagus dan fitur SEOnya juga sangat bagus. WordPress dirancang oleh ribuan kontributor dan banyak dari mereka yang sangat ahli.

Hasilnya, CMS gratis ini sangat handal dan bahkan jauh lebih baik dibanding kebanyawak web yang dibuat para penyedia jasa pembuatan website yang membuat website dari nol.

Logikanya, ribuan orang tadi secara total pasti bekerja jauh lebih banyak untuk CMS wordpress ini dibanding para programer di jasa pembuatan website. Hasilnya kemungkinan besar jauh lebih bagus.

Masalahnya, adalah di fitur yang tidak sefleksibel fitur milik para programer tadi. Para programer ini membuat fitur yang memang optimal untuk tujuan pembuatan website bersangkutan.

Akan berbeda sekali jika kita menggunakan software toko untuk supermarket kita dan mencatat penjualan di supermarket dengan Microsoft Excell. 

Meskipun Microsoft Excell adalah program yang secara teknis (jauh) lebih baik dibanding software toko, fungsinya sebagai software toko tidak akan maksimal. Bahkan, akan kekurangan berbagai fungsi penting!

Untuk website yang mengandalkan konten, hal semacam ini tidak menjadi masalah.

Tetapi, ceritanya akan berbeda jika kita membuat website untuk aplikasi. Secara umum kita perlu website yang diprogram dari nol untuk menyesuaikan dengan keperluan kita.

Website untuk aplikasi ini misalnya dalah website untuk pendaftaran rumah sakit bagi para pasien secara otomatis. Bisa juga merupakan website yang bisa menerima laporan keuangan atau inventaris barang untuk cabang perusahaan. Yang, laporan tersebut kemudian bisa dikonversi ke Microsoft Excell atau yang lainnya.

Website aplikasi mungkin perlu fitur yang tidak bisa dilayani oleh CMS atau CMS gratis.

Sekarang, harga website aplikasi semacam ini tidak bisa dibandingkan satu – satu begitu saja. Ada banyak faktor yang membuat harganya berbeda.

Misal, berapa jumlah karyawan jasa pembuatan website bersangkutan.

Ada juga faktor gaji karyawan.

Jasa pembuatan website dengan banyak karyawan pasti ingin membuat proyek yang nilainya “masuk” secara ekonomi.

Jasa semacam ini mungkin akan meninggalkan pembuatan website berharga 1 juta arena tidak efisien. Tetapi, akan mengejar jasa pembuatan web bagi korporasi besar. Dengan fitur custom dan lengkap. Tetapi, harganya juga bisa mencapai lebih dari 100 juta rupiah.

Faktor gaji karyawan.

Untuk jasa pembuatan website di kota seperti Jakarta, gaji karyawan mereka rata – rata 2 kali karyawan di daerah. Ini juga mempengaruhi biaya jasa pembuatan website mereka.

Pada akhirnya, semua pilihan tergantung kepada keperluan Anda sebagai konsumen. Apakah Anda mengharapkan website aplikasi custom, web konten atau lainnya.

Bahkan, pada beberapa konsumen, alasan kedekatan lokasi jasa pembuatan website bisa mengalahkan harga website yang lebih rendah. Meskipun, sebenarnya semua tergantung kepada apakah penyedia jasanya terpercaya atau tidak. Apakah mereka memiliki alamat yang jelas atau tidak.

Jasa pembuata website terpercaya di luar kota bisa jadi lebih memberikan manfaat kepada kita daripada yang di dalam kota jika mereka profesional.

Atau, Anda bisa meminta bantuan rekan atau saudara untuk mengecek jasa pembuatan website yang lokasinya ada diluar kota. Semua memang kembali kepada konsumen.

Anda sebaiknya menghubungi beberapa jasa pembuatan website untuk membandingkan harga serta fitur yang Anda dapatkan.

Jadi untuk pertanyaan, apakah harga website sama disetiap daerah? Jawabannya bisa berbeda – beda. Terutama untuk website aplikasi.

Untuk kami sendiri lawangtechno.com, kami sebenarnya menawarkan kesempatan promosi online lebih daripada sekedar fitur di websitenya.

Bandingkan, beras kulakan kita yang 5 juta, (katakan sekitar 500KG) akan lebih produktif jika kita bisa menjual ke warung atau katering dalam 2 hari. Kita berpromosi kepada warung, resto dan katering.

Tetapi, tanpa promosi kita hanya menunggu orang lewat dan mampir membeli beras saja. Beras 500 KG ini mungkin baru laku dalam 5 hari. Produktifitas kita menurun jauh dibanding yang pertama jika kasusnya begini!

Website kini merupakan sarana penting berpromosi. 90% pengguna internet menggunakan Google. Dan, Google paling suka menampilkan hasil pencarian berupa halaman website.

Jadi, website merupakan sarana penting untuk mendapat konsumen secara online.

Salam sukses!

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply