15 Jun

HP Samsung Tahan Air dan Debu – Apa Saja ?

Anda sedang mencari HP Samsung yang tahan air debu dan yang banting harga dibawah 2 juta? Disini kami memiliki daftarnya.

Samsung sebagai merk terdepan untuk smartphone Android memang getol membuat HP samsung tahan air dan debu belakangan ini. Awalnya, HP samsung saat itu hanya diiklankan tahan cipratan saja. Sekarang, sudah agak berbeda. Lebih bandel dan memang tampaknya ada proteksi tertentu saat terkena air.

Samsung tahan air debu terbaru

  • Samsung Galaxy S10

Samsung galaxy S10 adalah flagship Samsung yang terbaru yang keluar di tahun 2019 awal. Keluarga Samsung S10 ini semua sudah tahan air dan debu IP68. Angka setelah IP itu semakin tinggi semakin baik.

Bukan sekedar klaim. Fitur tahan airnya memiliki sertifikasi IP68. Artinya, ia dapar direndam di air hingga kedalaman 1,5 meter dalam waktu 30 menit.

IP68 ini artinya apapun alat tersebut telah memiliki penutup yang rapat terhadap debu dan bisa tenggelam dalam beberapa saat selama 30 menit terus menerus.

Secara umum, keluarga HP Samsung S10 hingga Samsung S10 5G memiliki kemampuan tahan air dan debu.

Untuk kemampuan sebagai ponsel, kapasitas ponsel Samsung S10 sangat besar. Prosesornya menggunakan jenis terbaru dengan RAM besar. Layarnya Dynamic AMOLED yang jernih dan pasti terlihat bagus.

  • Harga Samsung tahan air dan debu Samsung Galaxy S10: Mulai Rp 10.500.000 –

  • Samsung galaxy S9 Family

Keluarga Samsung galaxy S9 adalah keluarga Samsung dengan rating IP68 juga. Artinya, tahan debu dan air di kedalaman 1,5 meter sampai 30 menit.

HP Samsung tahan air tahan banting

  • Samsung Galaxy Xcover 2, 3, 4

Samsung tahan air murah Samsung-Galaxy X-cover3

Samsung Galaxy Xcover 2 dan 3 telah memiliki rating IP67. Artinya telah tahan air di kedalaman 1 meter hingga 30 menit.  Untuk Samsung Xcover 4, telah memiliki rating IP68 atau tahan direndam dalam air 1,5 meter selama 30 menit.

Jadi, silahkan membawa HP ini sambil naik unta di Dubai di padang pasir. Kemungkinan besar sih, tak ada masalah dengan HP nya.

Kemudian, untuk harganya pasti lebih murah dibandingkan Samsung generasi S tahan air seperti Samsung S7 edge keatas.

HP Samsung Galaxy Xcover 4 bahkan harganya hanya 3 jutaan saja. Silahkan Anda membelinya jika memang memerlukan HP lapangan yang bisa diandalkan.

HP ini bahkan telah mengantongi sertifikasi MIL-STD-810G yang merupakan pengakuan atas kebandelan HP ini.

Untuk performa sebagai HP, prosesornya adalah jenis quad core 1,4 GHZ yang didukung RAM berkapasitas 2 GB.

  • Harga Samsung tahan air dan debu Galaxy Xcover: Mulai 1 jutaan hingga Rp 3 jutaan

Samsung tahan air termurah

  • Samsung Galaxy Xcover 2

HP samsung tahan air termurah - Samsung-Galaxy-Xcover2

Bagi yang ingin HP tahan air dan debu murah, seri Galaxy Xcover 2 harganya hanya 1 jutaan saja. Memang layarnya hanya 4 inchi dan RAM nya masih 1 GB saja. Untuk prosesornya, menggunakan jenis dual core 1 GHZ dan penyimpanan internal sebesar 4 GB.

Tidak besar untuk ukuran sekarang. Tetapi HP Samsung Galaxy Xcover 2 adalah HP Samsung tahan air tahan banting yang cocok jika dibawa ke lapangan untuk bekerja.

Yah, untuk hiburan atau fungsi lain, silahkan menggunakan HP lain yang Anda suka.

  • Harga Samsung tahan air dan debu Samsung Galaxy Xcover 2: Rp 1 jutaan

Samsung tahan air harga 2 jutaan

  • Samsung Rughby Smart

Samsung tahan air harga 2 jutaan - Samsung Rughby Smart

Ini adalah HP Samsung dengan kemampuan tahan air, tahan guncangan serta tahan debu yang lumayan bagus.

Untuk teknologi lainnya, ya sekedar mencukupi untuk sebuah android saja. Layar HP ini ukurannya hanya 3,7 inchi dengan resolusi rendah 480 X 800 pixel.

Sebagai dapur pacu, disematkan prosesor Qualcomm Snapdragon 1.4 GHz Scorpion beserta GPU Adreno 205. Untuk RAM ukurannya 512 MB serta penyimpanan internalnya juga terbatas hanya 4 GB.

Untuk kamera, ukurannya 5MP belakang dan 1,3 MP kamera depan.

Dengan spesifikasi tersebut, Samsung ini masih dibekali Operating System model lama Android Gingerbread.

Tidak istimewa sebagai ponsel. Tetapi HP ini istimewa bandelnya dibanding yang lain.

  • Harga Samsung tahan air dan debu – Samsung Rughby Smart: Rp 1 Jutaan

  • Samsung Galaxy A3

Samsung tahan air harga 2 jutaan - Samsung-Galaxy-A3

Untuk Samsung Galaxy A3 keluaran 2017, memiliki beberapa kelebihan.

Samsung ini memiliki spesifikasi yang lebih baik serta sertifikasi IP 68. Untuk prosesor, digunakan  Exynos 7870 Octa-core 1.6 GHz yang dipadu GPU Mali-T830 dan RAM berukuran 2 GB.

Spesifikasi seperti ini sebenarnya sudah sangat cukup sekedar menjadi alat komunikasi serta hiburan. Yang jelas, harganya hanya 2,8 jutaan di toko online untuk HP tahan air.

Untuk kamera, Samsung memberikan kamera 13 MP belakang dan 8MP kamera selfie.

  • Harga Samsung tahan air dan debu – Samsung Galaxy A3: Rp 2,8 Jutaan

  • Samsung Galaxy Active Neo

samsung tahan air 2 jutaan - Samsung-Galaxy-Active-Neo

Harga samsung tahan air ini sekitar 2,4 juta di toko online. Desain versi 2017 keatas sudah tahan air dan tahan banting dari ketinggian 1,5 meter. ( tahan jatuh sih, bukan dibanting hehehe ).

Sertifikasi tahan airnya adalah IP 57 dan IP6X. Yah, sedikit lebih kurang dari Samsung lain diatas tetapi Samsung ini masih tahan cipratan air lumayan kuat juga.

Untuk spesifikasi hardware teleponnya: prosesor yang digunakan Quad-core 1.2 Ghz merk Qualcomm Snapdragon 410. Prosesor grafis GPU Adreno 306 dan RAM 2GB. Spesifikasi ini didukung kapasitas penyimpanan internal 16 GB.

Untuk kamera, Samsung Galaxy Active Neo dilengkapi kamera utama 8MP dan kamera depan 2 MP dan fitur autofocus. Meski tampak sederhana untuk standar hari ini, tetapi kamera ini masih mampu merekan video full HD 1080 pixel.

  • Harga Samsung tahan air dan debu – Samsung Galaxy Active Neo: Rp 2,4 Jutaan

Samsung tahan air harga 3 jutaan

  • Samsung Galaxy S5 Active

Samsung tahan air harga 3 jutaan-Samsung-Galaxy-S5-Active

Bagi yang ingin HP yang layarnya lebih baik dibanding layar Samsung A3 ( 2017 ), maka versi Samsung A5 ini bisa memberikan pilihan yang lebih baik.

Ukuran layar super AMOLED nya 5,2 inchi. Tidak terlalu besar tetapi bisa masuk saku dengan mudah.

Untuk performa HP nya sendiri, ada prosesor Exynos 7880 Octa-core 1.9 GHz Cortex-A53 dan GPU Mali-T830MP3. RAM 3GB dan pentimpanan internal 32GB.

Kelebihan lainnya, ada fitur fast charging dan fingerprint serta kamera 16 MP untuk kamera depan dan kamera utama.

Untuk baterai, kapsitasnya lumayan 3000 mAH.

  • Harga Samsung tahan air dan debu – Samsung Galaxy S5 Active: Rp 3 jutaan

  • Samsung Galaxy A7

Samsung tahan air harga 3 jutaan - Samsung-Galaxy-A7-2017

Untuk Samsung generasi 2017 keatas, tersedia fitur tahan air IP68 yang dibuktikan dengan uji tahan air dan debu. Jadi, meskipun penampilannya tetap slim dan elegan, HP ini masih bolehlah terguyur air kehujanan.

Untuk harga, ya sekitar 3 jutaan alias tidak terlalu mahal.

Layar yang ada ukurannya 5,7 inchi dan sudah menggunakan Super AMOLED. Plus, Samsung tahan air ini sudah memiliki fitur fast charging serta fingerprint.

Sebagai HP, performanya lumayan dengan Chipset Exynos 7880 Octa Core dan GPU Mali-T760MP8. Untuk kapasitas RAM berukuran 3GB.

Sebagai smartphone Samsung, kapasitas kameranya lumayan. Kamera depan dan belakang 16 MP serta dibekali dengan dukungan PDAF, OIS serta lampu flash LED dal beberapa lagi.

Untuk baterai, lumayan awet dengan kapasitas 3600 mAH.

  • Harga Samsung tahan air dan debu – samsung galaxy A7 Rp 3 jutaan

Samsung android tahan air 4 jutaan

  • Samsung Galaxy S6 Active

Samsung android tahan air 4 jutaan - Samsung-Galaxy-S6-Active

HP samsung ini memiliki layar Super AMOLED berukuran 5,1 inchi plus fitur tahan air serta tahan debu. Dan, juga tahan jatuh.

Fitur yang lengkap ini ditenagai dengan prosesor Exynos 7 Octa 7420 berkecepatan 2.1 GHz. Untuk RAM samsung ini dibekali RAM 3 GB. Lumayan untuk main game tingan hingga sedang.

Jika dibawa traveling, kapasitas baterainya 3500 mAH dan memiliki kamera 16 MP di belakang serta 5 MP didepan. Kamera utama ini mampu merekan video dengan resolusi 2160 pixel pada seting 30 frame per second (fps).

  • Samsung Galaxy S7 Edge

Samsung android tahan air 4 jutaan - Samsung-Galaxy-S7-Edge

HP keren dengan layar lengkung ini sudah disertifikasi IP 68. Jadi, bukab sekedar gaya doang, tetapi bisa direndam dalam air juga. Asal jangan lebih dari 1,5 meter dan lebih dari 30 menit di kedalaman itu.

Mengapa kok tidak boleh lebih dari 1,5 meter?

Tekanan airnya sudah berbeda jika direndam lebih dalam lagi. Bisa lebih cepat bocor. Yang jelas, tidak dirancang untuk keperluan yang lebih dari syarat mendapat IP 68 itu.

Untuk spesifikasi dalamnya, ada prosesor Snapdragon 820 beserta RAM 4GB. Untuk kamera terdapat kamera 12 MP dengan teknologi Dual Pixel yang lebih tajam pada kamera utama. Untuk kamera depan, ada kamera 5 MP yang mampu mengambil video call dengan jernih.

Dengan kamera bagus, foto dan video mungkin akan diseting dengan resolusi besar oleh pengguna. Jadi, ada memori penyimpanan internal 128 GB plus bisa ditambah sd card 256 GB.

Samsung tahan air seri A

Ada beberapa Samsung tahan air seri A, dua diantaranya sudah kami tuliskan diatas.:

  • Samsung Galaxy A3 – 2 jutaan

  • Samsung Galaxy A7 – 3 jutaan

  • Samsung galaxy A8 – 4,8 jutaan

Samsung tahan air seri A - Samsung-Galaxy-A8

Samsung tahan air ini termasuk generasi yang masih lumayan baru. HP ini dibekali fitur dual kamera untuk menghasilkan foto bokeh. Yaitu foto dengan fokus di depan atau belakang saja. Yang lain blur.

Secara umum, ini adalah spesifikasinya:

  • Layar: Super AMOLED 5.6 inches, 1080 x 2220 pixels, 18.5:9 ratio

  • Chipset: Exynos 7885 Octa

  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53)

  • GPU: Mali-G71

  • Memori Internal: 32/64 GB, 4 GB RAM

  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB

  • Kamera Belakang: 16 MP (f/1.7, 1/2.8”, 1.12µm), PDAF, LED flash

  • Kamera Depan: Dual: 16 MP (f/1.9, 1/3.1”, 1.0µm) + 8 MP (f/1.9, 1/4.0”, 1.12µm), 1080p

  • OS & Baterai: Android 7.1.1 (Nougat), 3000 mAh

Kelebihan lain, ada layar bezel-less atau infinity display. Dan, sebagai HP bekas flagship Samsung, fitur lainnya tidak kalah menarik. Ada fast charging, pembaca sidik jari. Samsung Pay dan sertifikasi tahan air dan debu IP68.

  • Samsung Galaxy A8+

HP Samsung tahan air dan debu 6 jutaan - Samsung-Galaxy-A8-plus

Samsung tahan air seri A lainnya adalah seri Galaxy A8 Plus. Untuk generasi diatas 2018, fiturnya sudah sangat lengkap.

  • Layar: Super AMOLED nerukuran 6.0 inchi
  • Resolusi layar: 1080 x 2220 pixels
  • Rasio: 18.5:9
  • Chipset: Exynos 7885 Octa
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A73 & 6×1.6 GHz Cortex-A53)
  • GPU: Mali-G71
  • Memori Internal: 64 GB, 6 GB RAM or 32 GB, 4 GB RAM
  • Memori Eksternal: microSD, up to 256 GB
  • Kamera Belakang: 16 MP (f/1.7, 1/2.8”, 1.12µm), PDAF, LED flash
  • Kamera Depan: Dual: 16 MP (f/1.9, 1/3.1”, 1.0µm) + 8 MP (f/1.9, 1/4.0”, 1.12µm), 1080p
  • OS: Android 7.1.1 (Nougat)
  • Baterai: 3500 mAh

Untuk teknologi, semua fitur di Samsung A8 juga disertakan di versi Samsung A8 Plus.

Untuk fitur tahan air, ada rating IP 68. Angka IP ini, semakin tinggi semakin baik.

  • Harga Samsung tahan air dan debu Galaxy A8 Plus :

Rp, 6,5 jutaan di toko online.

HP Samsung tahan air dan debu 6 jutaan hingga 8 jutaan

  • Samsung Galaxy S8 Active

HP Samsung tahan air dan debu 6 jutaan - Samsung-Galaxy-S8-Active

Harga yang 6,4 jutaan di toko online memang lumayan murah untuk HP canggih ini. Layar Super AMOLED nya berukuran 5,8 inchi. Lumayan besar dan pixelnya 1440 X 2960. Untuk rasio panjang dan lebarnya: 18,5 : 9.

Untuk chipset; terdapat Qualcomm MSM8998 Snapdragon 835 dan CPU Octa-core (4×2.35 GHz Kryo & 4×1.9 GHz Kryo).

Untuk kartu grafisnya lumayan bagus Adreno 540 dan bisa main berbagai game dengan lancar. RAM HP ini ukurannya 4 GB dan memori penyimpanannya 64 GB. Lumayan buat install berbagai macam game.

Jika kurang, memori internal tadi bisa ditambah SD Card hingga 512 GB.

Untuk kamera,kamera utamanya 12 MP (f/1.7, 26mm, 1/2.5″, 1.4µm, dual pixel PDAF), OIS, LED flash

Kamera Depan: Lumayan besar 8 MP (f/1.7, 25mm, 1/3.6″, 1.22µm), AF, 1440p@30fps. dual video call dan Auto HDR.

Bagi yang senang traveling, HP yang ber sistem operasi Android 7.0 ( nougat) ini memiliki baterai berkapasitas lumayan 4000 mAH.

Oh ya, soal HP tahan air dan debunya, sudah rating IP 68 dan bahkan tahan jatuh dari ketinggian 5 kaki atau 1,5 meter.

Mau fitur lagi? ada. Sebagai mantan ponsel premium, terdapat fitur sidik jari, Samsung Pay, scanner mata, fast charging serta charging wireless.

  • Samsung Galaxy S8

HP Samsung tahan air dan debu 6 jutaan- Samsung Galaxy S8

Harga yang ditawarkan sekarang sekitar 6,8 juta. Samsung galaxy S8 ini sudah memakai layar Super AMOLED berukuran sama dengan versi S8 Active. chipsetnya adalah Exynos 8895 Octa dan CPU nya adalah Octa-core (4×2.3 GHz Mongoose M2 & 4×1.7 GHz Cortex-A53). Untuk prosesor grafis, diserahkan pada Mali-G71 MP20 dan didukung RAM 4 GB.

Untuk memori internal, tersedia 64 GB dengan ekspansi maksimal 512 GB.

Kamera Belakang: 12 MP (f/1.7, 26mm, 1/2.5″, 1.4µm, dual pixel PDAF), OIS, LED flash

Kamera Depan: 8 MP (f/1.7, 25mm, 1/3.6″, 1.22µm), AF, 1440p@30fps, dual video call, Auto HDR

OS & Baterai: Android 7.0 (Nougat), 3000 mAh

Selain itu, masih ada juga fitur premium seperti terdapat fitur pembaca sidik jari, Samsung Pay, scanner mata, fast charging serta charging wireless.

  • Samsung Galaxy S8+

HP Samsung tahan air dan debu 7 jutaan - Samsung Galaxy S8 plus

Beda Samsung versi S8 Plus dibanding versi sebelumnya adalah layar yang ukurannya lebih besar 6,2 inchi.

Beda lainnya adalah pada baterai berkapasitas 3500 mAH dan memori penyimpanan internal 128 GB. Tetapi,  socket sd card kapasitasnya tetap 512 GB.

Untuk hal lainnya seperti chipset, CPU dan GPU masih sama dengan versi s8 seperti chipset Exynos 8895 Octa dan CPU nya adalah Octa-core (4×2.3 GHz Mongoose M2 & 4×1.7 GHz Cortex-A53). Prosesor grafis, diandalkan pada Mali-G71 MP20 dan RAM 4 GB.

Kamera Belakang: 12 MP (f/1.7, 26mm, 1/2.5″, 1.4µm, dual pixel PDAF), OIS, LED flash

Kamera Depan: 8 MP (f/1.7, 25mm, 1/3.6″, 1.22µm), AF, 1440p@30fps, dual video call, Auto HDR

Selain itu, masih ada juga fitur premium seperti terdapat pada versi S8 seperti pembaca sidik jari, Samsung Pay, scanner mata, fast charging serta charging wireless.

Untuk harga, sekitar 7,8 jutaan di toko online.

  • Samsung Galaxy S9

HP Samsung tahan air dan debu 8 jutaan - Samsung-Galaxy-S9

Harga Samsung S9 saat ini masih agak tinggi di angka Rp 8,4 jutaan. Tetapi, fiturnya lumayan lengkap juga.

  • Layar: Super AMOLED ukuran 5.8 inchi.
  • Resolusi: 1440 x 2960 pixels
  • Rasio: 18.5:9
  • Chipset: Exynos 9810 Octa
  • CPU: Octa-core (4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G72 MP18
  • Memori Internal: 64/128/256 GB
  • RAM: 4 GB
  • Memori Eksternal: microSD, sampai dengan 512 GB
  • Kamera Belakang: 12 MP (f/1.5-2.4, 26mm, 1/2.5″, 1.4µm, dual pixel PDAF), OIS, LED flash
  • Kamera Depan: 8 MP (f/1.7, 25mm, 1/3.6″, 1.22µm), AF, 1440p@30fps, dual video call, Auto HDR
  • OS: Android 8.0 (Oreo)
  • Baterai: 3000 mAh

Layar Samsung tahan air dan debu ini msih dilengkapi Gorilla Glass 5 seperti versi S8 dan S9 Plus.

Tetapi ada tambahan lain, HP ini kameranya mampu merekan video slow-motion hingga 960 FPS. Plus, ada fitur AR Avatar yang bisa membuat gambar wajah pengguna dengan mudah dan cepat.

Untuk harga, sekitar Rp 8,4 jutaan di toko online.

  • Samsung Galaxy S9+

HP Samsung tahan air dan debu terbaru Samsung-Galaxy-S9-plus

Ini adalah Samsung Flagship sebelum generasi S10 terbaru diluncurkan. Samsung ini layarnya lumayan besar 6,2 inchi dan sudah menggunakan layar Super AMOLED.

Untuk CPU, chipset serta baterai, juga mengalami peningkatan dibanding versi S8.

Spesifikasi Samsung Galaxy S9+ / Plus:

  • Layar: Super AMOLED ukuran 6.2 inchi
  • Resolusi: 1440 x 2960 pixels
  • Rasio: 18.5:9
  • Chipset: Exynos 9810 Octa
  • CPU: Octa-core (4×2.7 GHz Mongoose M3 & 4×1.8 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G72 MP18
  • Memori Internal: 64/128/256 GB
  • RAM: 6 GB
  • Memori Eksternal: microSD, up to 512 GB
  • Kamera Belakang: Dual: 12 MP (f/1.5-2.4, 26mm, 1/2.55″, 1.4µm, dual pixel PDAF) + 12MP (f/2.4, 52mm, 1/3.6″, 1µm, AF), OIS, 2x optical zoom, LED flash
  • Kamera Depan: 8 MP (f/1.7, 25mm, 1/3.6″, 1.22µm), AF, 1440p@30fps, dual video call, Auto HDR
  • OS: Android 8.0 (Oreo)
  • Baterai: 3500 mAh

Versi Samsung S Plus memiliki layar lebih besar dibanding versi standar. meskipun, resolusi dan rasio layarnya masih sama.

Kemudian, selain fitur tahan debu dan air IP 68, ada juga fitur premium lainnya seperti slow-motion video, Augment Reality Emoji dan Iris Scanner

Inilah beberapa HP Samsung tahan air dan debu. Harga Samsung tahan air termurah mulai Rp 1 jutaan, 2 jutaan hingga HP samsung tahan air dan debu dan tahan banting terbaru. Semoga bermanfaat dan selamat memilih.


  • Apa layar super amoled pada hp samsung tidak tahan air debu dan banting
  • Hp samsung 4 juta yang tahan air 2019
  • hp samsung anti air 2019
  • hp samsung kamera bagus dan tahan air
  • type hp samsung yang tahan air

Share this

Leave a reply