07 Jul

Cara Merubah TV Lama Menjadi Smart TV

TV Tabung jadi Smart TV bukan hal yang sulit lagi dilakukan. Cara merubah TV menjadi smart TV seperti dibawah ini.

Smartphone yang kita kenal kini mulai bertambah gadget baru dengan label “smart.” Misalnya smart lamps dan juga yang populer, smart TV.

Cara Merubah TV Lama Menjadi Smart TV

Kelebihan smart TV tentunya adalah keleluasaan memilih channel. Channel yang ada sangat banyak dan tidak terbatas seperti TV biasa. Selain itu, smart TV juga hadir dengan beragam ukuran layar dan sesuai untuk keperluan banyak orang.

Tetapi, apakah TV lama bisa menjadi smartTV? Bagaimana merubah TV menjadi smart TV? Bagaimana membuat TV Internet? Apakah ada lat atau aplikasi yang diperlukan? Berapa harga alat smart TV?

Semua pertanyaan itu bisa kita jawab.

TV Tabung jadi Smart TV

Secara mendasar, Smart TV adalah semacam gadget Android juga. Hanya, mungkin layarnya saja yang berbeda. Selain itu, smart TV di indonesia juga menggunakan Android sebagai software intinya. Meskipun, ada juga yang menggunakan modifikasi software Android pada beberapa merk.

TV yang masih “Bodoh” sebenarnya bisa dibuat “Pintar.” Tentunya dengan ditambah alat yang ada Android atau Android TV nya. Alat ini, biasanya dihubu8ngkan melalui colokan HDMI. Nah, colokan ini biasanya standar di TV layar datar.

Nah, membeli alat untuk memintarkan TV lebih murah daripada membeli TV pintar 1 set.

Di pasar Indonesia, banyak produk untuk TV pintar seperti itu. Harganya juga relatif terjangkau. Biasanya mulai Rp. 275.000 – di toko online.

Alat ini biasa diberi nama Android TV Box. Ini adalah nama generik yang biasa dikenal. Apapun merknya. Untuk Operating System atau software / aplikasi, ada yang Android. Meskipun terdapat juga Apple iOS untuk veri Apple TV.

Baca Juga :   Tips Cara Menggunakan 1 Nomor untuk 2 WhatsApp

Untuk membeli di marketplace, banyak penjualnya. Silahkan memilih yang dikirim langsung dari luar negeri atau yang sudah masuk dahulu di Indonesia.

Cara merubah TV menjadi smart TV

Salah satu panduan untuk merk, bisa mencari merk yang memang terkenal bagus. Misalnya Xiaomi Mi Box. Silahkan memilih yang versi global dengan OS Android TV. Software ini buatan langsung dari Google. Jadi, bisa dijamin kehandalannya. Basis Android yang dipergunakan adalah Android 8. Tetapi sudah update menjadi Android 9.

Sebagai pengguna Android terbaru, Xiaomi Mi Box sudah mendukung pencarian dengan suara. Yang bisa dipergunakan sebagai mikrofon adalah remotenya. jadi, tidak perlu membeli lagi.

Tetapi, alat ini hanya bisa menerima Wifi. Jadi sambungan LAN tidak didukung. Tambahan lagi, alat ini juga mendukung Cromecast. Aplikasi ini menghubungkan aplikasi di Android sehingga bisa tayang di Smart TV Android. Jadi, Anda bisa menonton film yang ada di HP lewat layar TV yang lebih besar. Tentunya, saat keduanya mendapat WiDi yang sama.

Keuntungan lain, kita juga bisa menambahkan channel – channel lain selain channel yang sudah built-in. Bahkan, game, aplikasi lain dan sebagainya. Jadi, bisa berfungsi mirip dengan smartphone. Hanya, memakai remote dan layarnya lebih besar.

Inilah cara merubah TV Tabung lama menjadi smart TV. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!

Leave a reply