27 Jul

Cara Menghemat Baterai Saat Main Game

Apa benar saat main game kita masih bisa berusaha menghemat baterai? Bisa juga sih, meskipun jangan berharap menghemat banyak sekali juga.

Yang kita tahu, tidak semua orang membeli HP dengan baterai besar. Karenanya, teknik menghemat baterai menjadi penting. Bahkan, selama dalam perjalanan, kita bisa menghemat lebih banyak. Dan, menunggu hingga mencapai tempat yang bisa charge ulang baterai HP.

Untuk menghemat baterai, minimal ada 7 cara untuk melakukannya.

Cara Menghemat Baterai HP Saat Main Game

  • Menyalakan mode penghemat baterai

Mode penghemat baterai tersedia di semua HP. Kita tidak perlu aplikasi tambahan untuk hal ini. Pastikan kita mengaktifkan Power Saver Mode atau Battery Saver. Fitur ini ada pada semua HP.

Untuk menuju ke fitur ini, bisa memilih Pengaturan, –> Menu Baterai –> Power Saver Mode

  • Setting Grafis game ke mode low

Semakin rendah grafis, semakin mudah game diaminkan. Juga akan semakin awet baterai kita.

Memang, beda jika setting kita rata kanan atau gass poll semua. Tetapi, dari sisi HP saja, panas yang dihasilkan beda. Itu artinya daya yang digunakan juga berbeda. Dan, semua ini diambil dari baterai dayanya. Bukan dari sumber lain.

Jika setting minimal terasa kurang memanjakan mata, setting medium mungkin bisa mencukupi.

  • Menggunakan mode pesawat

Dengan mode pesawat, data HP akan dimatikan. Artinya, HP tidak mencari – cari sinyal dengan pemancar. Jadinya, pasti jauh lebih hemat baterai.

Baca Juga :   Cara Memastikan Kualitas di Website Anda untuk Meningkatkan Pengunjung

Keuntungan lain, kita tidak perlu menerima telepon atau SMS. Juga tidak menerima WA dan chatting lainnya. Semua ini bisa mengganggu permainan juga kan?

Jika memang bermain game online, kita bisa menggunkan Wi-Fi untuk sambungan internetnya. Tetapi, ya WA dan lainnya tetap masuk. Kita bisa non-aktifkan saja notofikasi dari aplikasi chat di HP.

  • Menutup semua aplikasi lain yang sedang berjalan

Aplikasi yang berjalan di latar belakang juga menghabiskan baterai. Aplikasi – aplikasi ini, entah menggunakan sambungan internet, plus masih menggunakan prosesor, memori dan juga tenaga dari baterai. Jadi, kita tutup saja semua aplikasi latar belakang.

Untuk Android, mungkin ada beberapa fungsi yang terganggu. Tetapi, tidak apa – apa jika hanya sementara.

Untuk pengguna iPhone, Anda tidak perlu melakukannya. iPhone bisa menonaktifkan atau mengurangi fungsi aplikasi yang tidak dibuka pengguna. Aplikasi latar belakang juga cuma berjalan selama 30 detik saja.

Setelah itu, iPhone juga mampu untuk menghapus cache aplikasi saat tidak dipergunakan.

Jadi, Anda pasti tahu, iPhone dengan memori 2 GB bisa sekencang Android murah bermemori 8 GB untuk main game. Dan, file sampah juga tidak menumpuk seperti di Android.

  • Menurunkan tingkat kecerahan layar

Bagaimanapun juga, layar yang cerah lebih menghabiskan baterai. Kita tahu pasti. Memang, main game dengan layar pada kecerahan minimal kurang seru. Tetapi, jika sedang push rank atau seru – serunya, maka low bat akan jauh terasa lebih mengganggu.

  • Mematikan getaran

Aplikasi vibrasi / getar ini bisa terjadi muncul jika ada panggilan, pesan. Juga, terjadi di dalam gamenya sendiri.

Jika aplikasi ini diaktifkan, siap – siap saja game akan berlangsung lebih singkat.

Baca Juga :   Cara Backup dan Pindah Semua Data dari HP Lama ke HP Baru Lainnya

Ya, barangkali, jika sedang push rang, bisa berusaha menghemat baterai. Jika sedang santai, bisa diaktifkan semua supaya mainnya terasa lebih seru.

  • Menggunakan aplikasi Greenify

Aplikasi greenify ini memiliki banyak fitur untuk menghemat baterai. Dari mulai yang penghemat biasa hingga hardcore.

Bermain game memang menyenangkan. Tetapi, jika baterai cepat habis, kesenangan akan terganggu juga. Karenanya, kita bisa menggunakan beberapa cara untuk mengehemat baterai HP saat bermain game. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!.

Leave a reply