30 Jun

Cara Mengatasi Charging Baterai HP Lambat

3 Solusi untuk mengatasi baterai HP sulit terisi penuh ketika charging. Baterai HP sudah di cas lama tetapi kurang cepat mengisi.

Jika Anda pernah mengalami masalah seperti ini, maka 3 tips mengatasi baterai HP sulit / lambat di charge ini mungkin bisa bermanfaat bagi Anda.

Cara pertama:

Anda mungkin bisa melihat, ada banyak sekali aplikasi yang berjalan di latar belakang. Aplikasi yang berjalan di latar belakang ini jelas boros baterai. Dan, ketika di charge, maka akan lambat juga di cas. Karenanya, harus kita non aktifkan terlebih dahulu.

Oh, ya, tambahan lagi, aplikasi latar belakang ini terkadang menggunakan juga sambungan internet. Beberapa aplikasi bisa menggunakan data internet dalam jumlah MB atau beberapa belas MB di saat – saat tertentu.

Sekarang, kita bisa mematikan aplikasi satu persatu. Tetapi, cara ini tidak praktis.

Yang paling mudah, adalah mematikan HP terlebih dahulu. Setelah HP dimatikan, pasti aplikasi juga tidak akan menguras baterai. Proses charging HP akan berjalan lebih cepat.

Cara Kedua:

Yang terjadi selanjutnya adalah adanya kerusakan komponen. Bisa jadi komponen rusah, charger rusak atau kabel datanya rusak.

Yang paling sering terjadi adalah kabel data yang rusak. Yang sering terjadi adalah terlipat hingga putus sebagian di dalam. hasilnya listrik menjadi kecil sekali yang bisa mengalir.

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti kabel data dengan kabel data yang baru. Dan, sangat disarankan mengganti dengan yang bagus. Kabel data yang bagus ini harganya memang lebih mahal, tetapi lebih banyak keuntungannya.

Saya sendiri, pernah menggunakan kabel data yang abal – abal. Hasilnya, tidak bisa mentransfer data ke komputer. Selain itu, proses charging menjadi sangat lambat. Mungkin ukuran kabelnya terlalu kecil sehingga data dan listrik tidak mengalir sempurna.

Baca Juga :   Cara Berbagi Share Wifi ke HP Lain

Ketiga:

Masalah ketiga adalah, adanya komponen rusak di dalam HP Anda. Jika kita sudah mematikan HP dan mengganti kabel charge, atau bahkan charger dengan yang baru. Tetapi HP tetap sulit di charge, maka kerusakan ada di dalam HP nya sendiri.

Untuk menandai kerusakan seperti ini, bisa kita matikan HPnya. Jika HP tetap panas, maka ada komponen rusak. Dan, tentunya mengambil listrik dari baterai terus – menerus. Akhirnya, menjadi lama saat di charge.

Untuk memperbaikinya, tentu saja perlu layanan service HP yang profesional.

Nah, itulah 3 penyebab mengapa HP lama di charge dan solusinya. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!

Leave a reply