18 Jan

Light On Dark Color Scheme – Apa Pengertiannya ?

Light on dark color scheme adalah skema warna yang menggunakan mode gelap atau mode malam. Dan, menggunakan font warna terang. Selain itu, ada juga element grafis pada antarmuka yang ada.

Apakah membaca text berwarena cerah, mungkin putih pada layar hitam akan lebih sehat ?

Apakah kelebihan Night Mode / Light on Dark Color Scheme?

Hingga saat ini, belum ada hasil riset yang mengatakan hal tersebut. Untuk pengalaman pengguna, bervariasi. Sebagian mendukung sedangkan lainnya tidak menemukan manfaat tambahan.

Tetapi, untuk layar OLED HP atau Laptop, skema warna dark mode atau mode malam terbukti menghemat baterai hingga 6 kali lipat. Contoh ini didapat dari Google Pixel.

Alasan menggunakan Light on Dark Color Scheme

Saat ini alasan utamanya adalah efisiensi baterai.

Keuntungan yang didapat untuk baterai, sangat signifikan. Baterai layar OLED bisa lebih irit 40% dibanding layar LCD saat mendisplay gambar yang mayoritas berwarna hitam.

Tetapi layar OLED yang sama bisa 3 kali lebih boros dari layar LCD jika mendisplay gambar yang mayoritas putih.

Jadi, gadget dengan layar OLED memang akan sangat diuntungkan dengan skema warna Light on Dark Color Scheme.

Untuk layar lain seperti LCD dan CRT, skema warna Light on Dark Color Scheme juga terhitung sangat membantu banyak penghematan energi.

Saat ini, terutama untuk ponsel dengan layar OLED, skema warna ini memang disukai. Apabila tidak tersedia untuk aplikasi standarnya, maka biasanya ada aplikasi pihak ketiga yang bisa dipergunakan.

Baca Juga :   Apa itu Progressive Web Apps

Misalnya saja, Apple juga mengembangkan skema warna hemat energi ini untuk gadget berlayar OLED milik mereka. Tetapi jika aplikasi asli belum punya, pengembang independen bisa mengembangkannya juga.

Bahkan, untuk mode bayangan ( shadow ), akan menjadi terintegrasi di Android 10.

Saat ini, warna yang dianggap optimal untuk skema ini adalah warna cyan atau kuning dengan dasar hitam. Kombinasi dasar hitam ini diketahui lebih baik daripada yang menggunakan warna dasar merah, magenta, biru atau hijau.

Ada juga skema warna yang berkebalikan. Yaitu :  dark-on-light color scheme. Warna ini dimaksudkan untuk membuat warna tinta diatas kertas putih. Karenanya pertama kali diperkenalkan untuk aplikasi ? software word processor.

Skema warna ini, kini menjadi umum bagi kita saat mengetik.

Mengapa layar OLED sangat diuntungkan skema warna Light on Dark Color Schemes?

Itu karena cara kerja layar OLED yang khas. Layar ini hanya perlu energi jika memancarkan cahaya.

Setiap subpixel nya menghasilkan cahaya sendiri – sendiri. Jika gelap, tidak perlu bercahaya.

Tetapi, layar LCD bekerja dengan cara berbeda.

Ada cahaya permanen dari LED yang diteruskan atau ti filter oleh Subpixel. Karena itulah, besar energi untuik menghasilkan cahaya akan kurang lebih sama saja.

Untuk layar AMOLED, warna hitam gelap tidak terlalu menghemat energi dibanding warna abu – abu gelap. Bedanya kecil, hanya 0,3 % saja.

Masalah dengan Light on Dark Color Scheme

Secara umum, banyak sekali website yang memang didesain dengan background warna cerah. Jika menggunakan warna hitam, maka bisa menimbulkan masalah. Misalnya, gambar .png atau .gif yang latar belakangnya transparan bisa menjadi bergaris pada bagian outline.

Untuk bagian grafis lain, juga bisa menimbulkan masalah.

Baca Juga :   Cara Menggunakan WhatsApp Bagi Pemula

Meskipun begitu, tidak ada masalah sebenarnya menggunakan skema warna apapun. Jika, kita desain dengan benar sejak awal.

Jika Anda memiliki ponsel dengan layar OLED< maka menggunakan skema warna Light on Dark Color Scheme akan bisa menghemat sangat banyak baterai. Selamat mencoba dan salam sukses luar biasa!.

Leave a reply