06 May

Cara Memperbaiki Baterai Ponsel yang Kembung

Jika kembungnya belum terlalu parah dan belum benar – benar drop, cara memperbaiki baterai ponsel yang kembung ini disa digunakan. Tetapi jika sudah betul – betul drop, beli baru sajalah.

Tetapi, jika sekedar untuk mencoba dan iseng saja, tidak apa – apa.

Baterai ponsel yang kembung biasanya karena charge atau cas yang terlalu kuat atau terlalu lama. Yang repot, ponsel ini belum punya pemutus arus jika baterai sudah penuh. Atau, pemutus arusnya sudah rusak.

Jika baterai ponsel di cass terlalu lama, maka arus yang masuk akan berlebihan dan baterai secara fisik juga rusak.

Baterai semacam ini pada dasarnya berbahaya dan bisa meledak. Jadi kalau mau diperbaiki ya atas konsekuensi sendiri. Ya, sekedar ingin tahu. Tetapi jika memang butuh, pastikan bahwa baterai Anda belum drop saat sebelum diperbaiki atau sebelum kembung. Jika sudah drop, biasanya juga percuma juga. Paling beberapa kali cass sudah drop dan bisa kembung lagi.

Kemudian, ponsel yang digunakan juga beresiko rusak. Ini karena ponsel sudah tidak mampu memutus arus jika baterai penuh. Jika kita cas lagi baterai ini di dalam ponsel yang sama, baterainya juga beresiko meledak.

cara memperbaiki baterai smartphone kembungJadi, Pastikan pengisian sesudah baterai diperbaiki tidak melampaui 100% dan langsung dicabut.

Sekarang, jika tetap mau memperbaiki, cara memperbaikinya mudah.

Masukkan baterai ke platik kedap air.

Masukkan baterai ponsel ke dalam frezer kulkas atau lemari pendingin. Lamanya 24 jam setidaknya. Jika rusaknya masih bisa diperbaiki, maka baterai akan terlihat kempes. Jika tidak kempes, dibuang saja karena nanti bisa merusak HP.

Bersihkan air atau lainnya dari baterai.

Coba cass dengan charger eksternal. Ini jika terjadi apa – apa tidak langsung ke ponsel.

Jadi, cara memperbaiki baterai kembung ini sebenarnya sangat tidak disarankan. Beresiko meledak atau minimal merusak.

Jika mau mencoba, pastikan baterai masih layak atau tidak. Sebenarnya, kembung hilang juga belum menjadi jaminan baterainya bagus.

Kesimpulannya?

Ya, baterai kembung sebaiknya ganti saja. Sebenarnya, sangat disarankan langsung ganti saja karena resikonya bisa jadi malah tidak sebanding.

Terus, setelah ganti silahkan mengawasi baterai saat di cass. Jangan terlalu lama melewati 100% karena ponsel kemungkin besar sudah tidak punya pemutus arus lagi.

Please rate this



Share this

Leave a reply