03 Jul

Cara Berbagi Share Wifi ke HP Lain

Kali ini kita akan membahas cara berbagi wifi lewat Bluetooth dengan HP lain. Seperti yang kita ketahui, terkadang kita lupa degan password wifi di lokasi tertentu. Misalnya saja di pusat perbelanjaan atau di taman kota. Akibatnya, kita tidak bisa mengkoneksi HP lain dengan wifi yang ada. Dan, solusinya adalah berbagi koneksi wifi dengan HP lain melalui Bluetooth sebagai perantaranya.

Cara berbagi ini juga bisa dilakukan jika layanan wifi bersangkutan hanya mengijinkan beberapa perangkat saja yang tersambung. Jika kita ingin menyambungkan perangkat lain, maka bisa dengan perantara bluetooth.

Cara Berbagi Wifi Dari HP ke HP lewat Bluetooth

Anda pastinya juga pernah menggunakan aplikasi seperti share it atau Mi Drop. Memang aplikasi semacam itu sangat membantu untuk sharing file. Tetapi kali ini kita akan berbagi koneksi dengan aplikasi bluetooth yang secara standar sudah ada di HP.

Android, menyediakan fungsi lain Bluetooth sebagai sarana berbagi Wifi. Bluetooth ini akan menggantikan Hotspot yang tidak bisa menyala saat Wifi menyala.

Langkah cara berbagi wifi ke HP lain

Langkah 1: Menyambungkan Wifi dengan HP pertama.

Kita kemudian cek apakah sambungan internetnya ada / bagus.

Baca Juga :   Cara Mengaktifkan Mode Gelap Instagram Dan Whatsapp

Langkah 2: Setelan.

Cara Berbagi Wifi Dari HP ke HP lewat Bluetooth

Masuk ke “Setelan.” Bisa melalui panel status bar atau ikon setelan di pojok kanan atas.

Langkah 3: Mengaktifkan Bluetooth.

Masuk ke Bluetooth dan kita aktifkan

cara mengaktifkan hotspot tanpa mematikan wifi

Langkah 4: Mengaktifkan Blueteooth HP kedua.

Caranya sama saja dengan cara yang pertama / diatas.

cara koneksi internet lewat bluetooth hp ke hp

Langkah 5: Menyambungkan Bluetooth kedua HP.

Karena Bluetooth kedua HP sudah aktif, maka bisa langsung kita sambungkan.

Langkah 6: Konfirmasi.

Biasanya, penyambungan bluetooth memerlukan verifikasi. Ada yang sekedar memencet ( tap ) tombol oke. Atau, dengan verifikasi angka jika kedua perangkat baru tersambung pada saat pertama kali.

Cara Berbagi Share Wifi ke HP Lain

Langkah 7: Cek sambungan.

Memastikan bahwa kedua HP sudah tersambung bluetoothnya.

cara memancarkan wifi dari HP

Langkah 8: Bluetooth Tethering.

Sekarang kita aktifkan Bluetooth Tethereing. Caranya adalah: Masuk ke Setelan. Masuk ke Hotspot Portabel. Kemudian Pengaturan. Disini kita mengaktifkan Bluetooth Tethering. Setelah itu, kita tunggu hingga proses selesai.

cara membagi jaringan wifi

Setelah melakukan berbagai proses tadi maka kita bisa cek. Kita cek apakah sambungan internetnya sudah berjalan dengan lancar.

Untuk mengecek sambungan internet yang baik, bisa membuka Youtube. Jika lancar, maka sudah terkoneksi dengan benar.

Cara Berbagi Wifi dari HP ke HP dengan Kode QR

Code / Kode QR sebenarnya adalah barcode 2 dimensi. Bentuknya yang bermacam – macam itu adalah data yang bisa dideteksi oleh perangkat kita ( HP ).

Untuk saat ini, banyak HP keluaran terbaru banyak yang membuatnya.Ada beberapa fungsi Kode QT. Salah satu fungsi untuk koneksi Wifi.

Sekarang, ada 2 langkah untuk memancarkan wifi dari HP ke HP lainnya. Salah satunya dengan menggunakan kode QR.

Langkah 1: menyambung Wifi di HP kesatu.

Setelah tersambung, kita buka kode QR.

cara menyambungkan wifi dari HP ke HP

Langkah 2: Install aplikasi WIFI QR CONNECT di HP kedua

Langkah ini diperlukan jika HP kedua belum memiliki aplikasi scanner bawaan. Tetapi jika sudah, tidak perlu instal lagi.

Baca Juga :   Cara Memasukkan Suara ke Video di Android

Setelah kita install aplikasi ini di HP kedua, maka, kita scan Kode QR di HP pertama dengan menggunakan HP kedua. Kita scan dengan mengarahkan kamera ke Kode QR di layar HP pertama.

cara share wifi ke HP yang lain

Langkah 3: Tunggu hingga selesai.

Proses scanning akan berlangsung dan juga proses penyambungannya sendiri. Kita tunggu hingga proses selesai. Jika sudah, maka HP kedua bisa ikut menggunakan Wifi yang ada.

Keuntungan Sharing / Berbagi Wifi dari HP ke HP Lain

Anda yang datang ke halaman ini pastinya karena keperluan yang sama. Membutuhkan cara berbagi wifi dari satu HP ke HP lainnya. Sebagai tambahan juga. Selain keperluan Anda, ada juga keuntungan lain yang didapat.

Cara memancarkan Wifi dari HP ke HP ini ternyata memberikan kita beberapa manfaat berikut:

Lebih cepat.

Terkadang, sharing dengan Kode QR lebih cepat dibanding proses Authentifikasi Wifi aslinya.

Bisa berbagi Wifi yang dibatasi.

Pernah menggunakan WiFi ID? Jika pernah, pastinya 1 tiket hanya bisa dipergunakan untuk 1 perangkat saja. Misalnya laptop saja atau HP saja. Jika mau dua – duanya, maka harus membeli tiket baru.

Yah, memang kecepatannya mungkin dibatasi tetap untuk 1 perangkat saja. Jika dibagi 2 akan lebih lambat. Tetapi, lumayan juga karena semuanya masih bisa dapat WiFi dengan bayaran hanya 1.

Tidak Ribet.

Berbagi wifi dari HP dengan Bluetooth tidak ribet. Saat awal mungkin perlu verifikasi. Tetapi, selanjutnya akan lebih cepat. Juga, menggunakan Kode QR hanya tinggal scan saja.

Bisa Semua HP.

Untuk cara berbagi wifi dari HP ke HP lain dengan Kode QR mudah dilakukan di HP keluaran terbaru. Untuk cara berbagi wifi lewat Bluetooth, bisa diterapkan di HP lama juga.

Baca Juga :   Bagaimana Membangun Sebuah Web

Inilah kira – kira cara untuk berbagi wifi dari HP ke HP. Di artikel ini kami membahas dengan 2 cara yang paling lazim dilakukan. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!

Leave a reply