12 Aug

Berbisnis Online Tanpa Modal – Apa Saja?

Apa saja yang cocok sebagai bisnis online tanpa modal? Bagaimana menjalaninya hingga untung?

Pertanyaan – pertanyaan tadi akan kami coba jawab disini.

Usaha online saat ini adalah usaha yang dijalani banyak orang. Ada beberapa orang yang melakukannya hampir tanpa modal. Biasanya, ada juga yang modalnya hanya sambungan internet saja.

Bisnis online adalah bisnis yang bisa dilakukan dimana saja. Bisnis ini tidak terikat tempat dan waktu. Kita bisa bepergian di pagi hari dan mengganti waktu bekerja pagi kita gantikan malam harinya.

Tetapi, apapun bisnis yang kita lakukan, kita perlu fokus dan berkomitmen menjalaninya.

Jadi, bukan karena bisnis pribadi dan online, maka jadwal dan target amburadul. Semua pekerjaan tetap perlu mengatur banyak hal termasuk manajemen waktu. Ini supaya target tetap tercapai.

Bagaimanapun, sebuah bisnis perlu target. Berapa penghasilan minimal yang harus kita dapatkan. Berapa penjualan yang harus kita hasilkan. Bagaimana berpromosi untuk menghasilkan penjualan sebanyak itu?

Bagaimana manajemen kita terapkan supaya semua tercapai?

Bagaimana mengatur keuangan? Bagaimana cara membelanjakan uang yang didapatkan? Dan banyak hal lagi.

Jika semua itu tanpa pengaturan dan target yang jelas, pasti susah tercapai.

Saat ini, dunia internet sudah sangat berkembang pesat. Penjualan secara online adalah hal yang sangat lumrah dilakukan.

Penjualan secara online memiliki potensi pasar yang besar sekali. Saat ini lebih dari 80% penduduk Indonesia sudah online. Banyak diantara masyarakat yang berniat dan terbiasa membeli secara online.

Selain itu, kita juga bisa menjual online dimana saja. Tanpa terikat tempat.

Kita bisa tetap menjual produk fashion saat kita dalam perjalanan. Ya, kalau Anda tidak sedang membawa kendaraan sendiri. Kita tetap bisa melayani chat dengan pelanggan saat kita mampir makan di  restoran atau warung.

Untuk modal, ada bisnis online yang modalnya benar – benar kecil. Tetapi, ada juga yang perlu modal diawal.

Inilah, berbisnis online tanpa modal:

Jenis bisnis online tanpa modal:

1. Dropshipper

Menjadi dropshipper biasanya hanya bermodalkan koneksi internet dan laptop. Laptop kita butuhkan karena mengatur barang untuk dijual dropship dengan smartphone akan menyulitkan.

Kita harus menggunakan marketplace. Kemudian membuak akun untuk berjualan.

Kita mencari barang yang akan dijual. Barangnya bisa apa saja. Tetapi, pastikan bahwa barang tadi dibutuhkan masyarakat.

Silahkan dilihat jika penjualan barang serupa lumayan tinggi.

Kemudian, kita mencari penjual / supplier. Kita menginginkan supplier yang bintangnya 4,5 atau lebih. Artinya termasuk sangat terpercaya.

Supplier tadi juga memiliki waktu respon pendek, dibawah 5 menit. Gunanya, jika ada pelanggan bertanya kepada kita dan harus kita teruskan ke penjualnya, maka respon penjual sangat cepat.

Kita bisa mengirimkan pesan pribadi apakan kita bisa ikut menjualkan barang mereka atau tidak.

Selanjutnya, jika diijinkan kita bisa mulai posting berbagai barang yang kita jual. Ingat, Anda juga harus responsif terhadap pelanggan seperti halnya para penjual / supplier Anda.

2. Reseller

Reseller juga menjual barang orang lain. Tetapi jika dropshipper menggunakan nama pribadi, reseller menggunakan nama penjual aslinya.

Misal, kita bisa menjual hosting dengan cara reseller.

Tetapi, menjual secara reseller biasanya butuh untuk membeli produknya terlebih dahulu. Atau, butuh untuk membeli dalam jumlah tertentu untuk mendapatkan harga murah yang bisa dijual lagi.

Tetapi, ada banyak keuntungan menjual secara reseller.

Keuntungan menjual secara reseller.

  • Produk biasanya berkualitas bagus.
  • Bisa membeli saat ada pesanan

Untuk tips, ada satu tips lagi untuk menjual secara reseller: Pastikan memiliki banyak akun marketplace. Jangan hanya membuat satu akun saja.

3. Menjadi penerjemah

Menjadi penerjemah adalah salah satu profesi yang bisa dilakukan secara online. Jasa penerjemahan tidak tergantung tempat saat menerjemahkan. Tetapi, harus diingat bahwa jasa penerjemahan profesional itu standarnya tinggi.

Jika Kita memilih klien yang serius, kita harus juga bekerja serius. Jika klien kita bermaksud mendapatkan terjemahan yang pas, mungkin kita akan perlu bertemu berkali – kali untuk mendapatkan hasil penerjemahan yang tepat.

Biasanya, di pekerjaan yang penting, penerjemahan juga perlu dirapatkan untuk mendapatkan hasil yang paling pas. Bukan kita bekerja menerjemahkan terus langsung diterima oleh klien. Kalau klien kita anak sekolah sih bisa – bisa saja.

Perusahaan yang bekerja sama dengan pihak asing perlu penerjemah dokumen. Dokumen ini tidak boleh ambigu atau menyimpang maknanya dari dokumen aslinya.

Karena itu, standar pekerjaan penerjemahan untuk perusahaan semacam ini sangat tinggi.

Tips, sebaiknya memiliki sertifikat sebagai penerjemah tersumpah. Anda akan diakui untuk menerjemahkan dokumen hukum.

4. Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis adalah jasa yang bisa dilakukan tanpa model terlalu besar. Kita hanya membutuhkan keahlian saja.

Baik desain grafis 2D ataupun 3D hanya membutuhkan komputer yang kemampuanya bagus. Barangkali ini adalah modalnya. Tetapi setelah berjalan, modal lainnya hanya biaya listrik yang relatif kecil.

5. Jasa fotografi online

Jasa fotografi juga relatif bebas modal mahal. Jika sudah memiliki keahlian memotret, kamera bisa disewa.

Secara umum, biaya menyewa fotografer lebih mahal dibanding biaya sewa kamera saja. Jadi, melayani jasa fotografi bisa lumayan untung.

6. Membuat jasa pembuatan website

Jasa pembuatan website adalah jasa yang mudah dilakukan secara online. Bahkan, jasa semacam ini harus dipromosikan secara online.

Tetapi, untuk kualitas kita juga perlu membuat semuanya maksimal. Bayangkan apa kata pelanggan jika pembuat jasa tidak bisa tampil maksimal secara online. Apakah mereka mau memesan dari pembuat jasa tersebut?

7. Menjadi admin media sosial

Menjadi admin media sosial sekarang lumayan penting. Hampir semua orang sudah online. Jika orang – orang ingin produk atau jasa, maka akan mencari secara online pula.

Jadi, banyak perusahaan yang menyewa admin medsos secara khusus. Tugasnya adalah menjaga interaksi dengan pelanggan, folllower dan sebagainya di internet.

8. Menjadi tutor online

Tutor online saat ini juga sering dicari. Selalu ada orang yang mencari kursus secara online.

Tidak masalah jika pada akhirnya kursus dilakukan secara offline, tetapi promosi online tetap murah dan jauh jangkauannya.

Caranya, kita bisa membuat konten – konten website. Membuat unduhan PDF dan bahkan membuat seminar secara online.

9. Menjadi seorang vlogger profesional

Menjadi vlogger itu bisa mendapat banyak fan jika kreatif. Silahkan berkreasi dengan ide – ide yang out of the book. Tetapi, patuhilah hukum yang berlaku. Jangan membuat masalah.

Selain kreatifitas, membuat vlog mungkin perlu peralatan yang berkualitas baik dan lengkap. Video buram, buyar atau bergoyang adalah BIG NO untuk penonton. Jika ketemu video yang jelek tadi, penonton biasanya akan malas menonton video yang selanjutnya.

10. Menjadi blogger

Menjadi blogger bisa menghasilkan uang. Kita bisa memasang iklan Adsense disana.

Untuk menjadi blogger, jangan terdorong untuk mengisi konten blog asal cepat. Tetapi kualitasnya kurang.

Blogger pemula biasanya jebakannya disini. Sekedar menulis konten, beri gambar dan video, posting dan buat konten baru.

Padahal, sebuah blog dengan konten yang lengkap akan menjadi rujukan orang. Google pun akan lebih menyukai blog lengkap dan memberikan rangking lebih tinggi.

Untuk mendapatkan uang dari blog, kita bisa memasang iklan Google Adsense. Tetapi, silahkan menggunakan bahasa Inggris jika ingin menggunakan iklan Adsense. Iklan Adsense bahasa Indonesia bayarannya hanya 1/10 iklan Adsense berbahasa Inggris. Jangan membuang waktu Anda.

11. Menjadi penulis

Menjadi penulis bisa dilakukan di beberapa platform menulis kekinian. Bayarannya biasanya tergantung jumlah pembaca. Untuk jumlah rupiahnya, bisa mencapai ratusan ribu sehari.

Tetapi, tulisan yang laris di platform demikan adalah tulisan yang keren, berkualitas dan hampir selalu, panjang serta lengkap.

Ada gambar milik sendiri ( mengambil dari situs lain mungkin boleh dengan mencantumkan sumber ). Ada juga video untuk posting tertentu.

Tetapi, yang jelas kontennya lengkap. Jadi, biasakan menulis lengkap dan menarik diatas 2000 kata jika ingin tulisan Anda dimuat.

Itulah beberapa profesi yang bisa dilakukan secara online bahkan hampir tanpa modal uang. Bagi Anda yang mencari jenis bisnis online tanpa modal, semoga tulisan ini bermanfaat.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply