22 Sep

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Bagaimana cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal? ini merupakan pertanyaan banyak orang. Tetapi, kami lebih suka menjawab bagaimana cara mendapat uangnya saja. Tanpa modalnya itu relatif sebenarnya. Dan, kalau ada yang mengatakan dengan cara Mudah, itu pasti hoax.

Jadi, tidak bisa ya kalau tanpa modal uang didepan? Ya, tetap perlu meski tidak terlalu besar juga uangnya. Tetapi modal kerjanya itu yang banyak sebenarnya.

Ibaratnya, kita jual gas tanpa mobil pickup, maka berapa tabung yang bisa kita antar setiap hari kalau memakai sepeda motor?

Fasilitas berupa mobil ini kan harus kita “kejar” untuk mendapatkannya. Caranya ya kita ganti dengan kerja keras kita bolak – balik mengantar gas itu. Plus promosi antar gas ke tetangga dan tetangga kampung. Kalau kita sudah membayangkan yang nggak – nggak dan malas mengantarkan tabung gas berat itu satu persatu, ya bagaimana kita bisa mengejar yang sudah pakai pickup?

Gitu aja sih intinya.

Tapi, sebenarnya apa saja yang bisa membuat kita mendapat uang di internet tanpa modal sebenarnya?

Lumayan banyak juga sih. Jika kita memiliki kemampuan apalagi.

Oke, beberapa cara mencari uang tanpa modal di Internet.

  • Menjual secara dropship.

  • Menjadi partimer atau full timer di website seperti freelancer.com. projects.co.id. Menawarkan jasa di kaskus.com

  • Menulis untuk website seperti Brillio.com.

  • Menjadi Youtuber.

  • Menjadi blogger.

  • Menjual barang – barang “aneh” di ebay.

Lalu, apa yang harus dihindari?

Semua skema “Cepat kaya,” “Mudah kaya” dan semacamnya. Karena kalau memang mudah betul dapat uangnya, kenapa harus dibagi dengan orang lain?

Kita mulai dari yang pertama.

  • Menjual secara dropship.

Ini gambarannya. Untuk Anda yang menjual secara dropship produk dari penjual lain di marketplace, bisa memulai tanpa modal rupiah. Tetapi, kecepatan kerja sekaligus kualitas kerja kita haruslah tinggi. Kita mesti cepat mencari penjual yang bisa diajak kerjasama sebagai supplier kita. Penjual ini mesti cepat merespon kita serta memiliki catatan yang bagus soal kualitas produk, kemasan atau layanan dsb. Ingat, kita menjual produk dia ke orang lain. Jadi bukan produk sendiri. Kita mesti cepat posting produk ke markeplace. Kita mesti cepat menanggapi pelanggan kita.

Jangan main – main dengan kecepatan dan kualitas. Ini memberi pengaruh besar pada hasil akhir pelayanan kita.

Mungkin, yang sulit kita jangkau adalah jasa pengiriman atau ekspedisi. Ada saja karyawan ekspedisi yang memilih lebih cepat libur di akhir pekan dan membiarkan barang kita dikirim besok senin. Masalahnya, mereka bisa menonaktifkan fitur traking produk kiriman kita supaya liburnya tidak terganggu. Nah, konsumen yang tidak bisa melacak barang pesanannya bisa marah – marah ke kita. Ya, anggap saja resiko.

Tetapi, dari sisi kita, kita mesti responsif terhadap pelanggan serta memilih supplier yang responsif juga. Pilih supplier yang maksimal online terakhir 5 menit yang lalu. Kemudian, waktu respon maksimal juga sekitar 5 menit. Artinya, pilih seller (atau supplier kita) yang memang berdedikasi menjual sebagai pekerjaan dan bukan sekedar sambilan suka – suka.

Kita juga kemudian perlu bersikap yang sama juga dengan seller kita tadi. Soalnya, sudah begini saja nggak jaminan tidak ada masalah sih..

  • Menjadi partimer atau full timer di website seperti freelancer.com. projects.co.id

    Menawarkan jasa di kaskus.com  dan lainnya

Kedua website tadi menyediakan sarana bagi kita yang memiliki keahlian untuk mendapatkan pekerjaan. Pekerjaan ini bisa jadi sambilan tetapi, akhirnya bisa menjadi pekerjaan full time jika order kita banyak.

Untuk freelancer.com, maka kita bisa mencari pekerjaan dari klien luar negeri. Untuk projects.co.id, kita menjadi freelancer untuk wilayah Indonesia. Website ini berbahasa indonesia dan diikuti oleh banyak orang Indonesia. Ingat namanya projects.co.id ya bukan project.co.id. Pakai S. Website itu dua – duanya ada tetapi beda isinya. Disini kita bisa menawarkan jasa sebagai programer hingga jasa membuat taman. Atau jasa apapun yang bisa Anda lakukan.

DesignCrowd bagus untuk para designer.

Untuk Amerika, ada website untuk sharing economy seperti Better Caring atau yang lainnnya. Disini kita bisa menawarkan jasa kita langsung kepada orang lain untuk berbagai pekerjaan mulai dari merawat orang tua hingga mengecat rumah atau membersihkan kebun.

Disini sayangnya baru Gojek, Grab dan beberapa lainnya yang ukurannya kecil.

Tetapi, jika rumah Anda terhitung layak disewakan, silahkan menggunakan airbnb.com untuk menyewakan kamar rumah Anda.

Untuk yang suka mengajar, ada ruangguru.com yang bisa kita gunakan untuk mendapatkan siswa kursus.

Kaskus sebenarnya juga merupakan forum gratis dimana kita bisa menjual produk atau menawarkan jasa kita. Anggotanya banyak dan Anda bisa mudah menemukan klien jika banyak – banyak berpromosi, Tetapi tentunya dengan cara yang baik dan tidak hanya terkesan sebagai SPAM.

Untuk website lainnya, saya kurang hapal. Medsos jelas layak dicoba. Yang lain, silahkan Anda Google sendiri.

  • Menulis untuk website seperti Brillio.com.

Menulis bisa menghasilkan uang juga. Ada beberapa website yang menerima tulisan kita untuk diterbitkan. Bayarannya bisa Rp. 200.000 jika terbit di halaman muka. Kalau memang ingin masuk halaman muka, silahkan menulis dengan “passion” yang tinggi.

Apa saja website yang lainnya? wah, saya hanya pernah membaca tapi tidak hapal. Silahkan diGoogle sendiri yak…

  • Menjadi Youtuber.

Ini tampaknya cukup menjadi trend belakangan ini. Tetapi, kita tetap harus menampilkan kreatifitas serta kualitas yang baik untuk video Youtube kita.

  • Menjadi blogger.

Mungkin ada yang berfikir, daripada menulis untuk orang lain, mending menjadi blogger. Tulisan kita awet di blog sendiri. makin banyak tulisan rangking Google makin tinggi. Pengunjung makin banyak dan uang meningkat.

Memang iya, saya dahulu pernah ada waktu melakukannya. Saya mengumpulkan tulisan hingga 1600 buah artikel. Tulisan ini saya kumpulkan hampir 2 tahun. Saya menulis tiap hari jika sempat. Kemudian, baru saya posting 15 tulisan sehari dengan fitur post terjadwal dari wordpress. Hasilnya saya bisa memperoleh lebih dari 35.000 orang visitor sebulan.

Untuk mendapatkan uangnya, saya dahulu menggunakan Google Adsense.

Mengapa tulisannya saya kumpulkan dulu? Supaya banyak. Kemudian posting 15 post sehari gunanya supaya Google melihat blog saya diupdate teratur dalam jumlah lumayan. Itu saja. Jadi, pengunjung blog saya ternyata lumayan juga jumlahnya.

  • Menjual barang – barang “aneh” di ebay.

Pada tahun 2012, saya pernah melihat ada orang Indonesia yang menjual biji nangka di eBay. Ternyata disana ada permintaan untuk biji nangka semacam itu. Saat itu, saya juga melihat awal mula Indomie Goreng kita dikenal secara internasional. Ada yang sudah mulai menjual Indomie Goreng di eBay tahun 2012 itu.

Coba Anda tengok eBay. Disana mungkin bisa menemukan berbagai barang yang banyak terdapat di Indonesia bisa laku terjual.

Selain tips diatas, sebenarnya ada hal lain yang bisa dilakukan untuk mendapat penghasilan di internet.

Tetapi, jangan mengikuti yang model “Cepat Kaya” atau “Mudah Kaya.” Saya sudah menggunakan internet bahkan sejak Google belum hadir. Yang terlihat sih, semua yang berhasil itu memiliki etos kerja yang tinggi. Untuk bidang apapun baik online atau bukan online.

Mencari uang tanpa modal uang di internet bisa saja dilakukan. Tetapi, yang pasti kita tetap butuh kesungguhan supaya berhasil. Coba lihat saja, blog saya yang saya tulis sendiri ada lebih dari 1600 artikel. Itu artinya artikel saya tulis hampir 2 tahun disamping mengerjakan hal – hal lainnya.

Waktu menulis ya kadang bosan, kadang capek. Tapi ketika posting dan ada uangnya ya lumayan juga. Karena sepertinya uang datang sendiri. Meskipun, pengunjung 35.000 orang sebulan juga tidak memberikan penghasilan yang besar sekali juga.

Begitulah, bekerja dan mendapat penghasilan secara online tanpa modal memang memungkinkan. Tetapi kita tetap dituntut bekerja keras juga sebenarnya. Jadi, tips kami adalah: selalu lakukan yang terbaik, baik itu online atau bukan online. Salam sukses!

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply