08 Oct

Tipe -Tipe Website Yang Bisa Dibuat Dengan WordPress

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Apa saja tipe atau jenis website yang bisa dibuat dengan wordpress?. Beberapa orang masih meyakini bahwa wordpress tidak cocok untuk membuat situs profesional. Betulkah?

Faktanya, banyak jenis situs yang bisa dibuat dengan wordpress. WordPress memiliki banyak theme serta plugin yang menjadikannya fleksibel untuk banyak penggunaan.

Hingga sekarang, banyak orang yang belum membayangkan bahwa banyak situs berbagai fungsi yang bisa dibuat dengan wordpress.

Tetapi, untuk mendapatkan fungsi yang berbagai macam ini, kita harus memiliki situs self hosted wordpress. Atau situs wordpress dengan hosting kita sendiri.

Jenis situs wordpress.

  • Blog atau web pribadi.

WordPress memang awalnya diciptakan untuk tujuan blogging dan situs pribadi. Kini, kemampuan ini justru yang membuat wordpress mendapatkan mitos hanya sebagai platform bloging saja.

Kenyataanya, kemampuan ini semakin meningkat dan kemampuan lainpun meningkat pula.

  • Website bisnis.

WordPress kini menjadi tools handal untuk membangun situs bisnis. The New York Times, CNN dan Bloomberg menggunakan wordpress.

  • Ecommerce.

Ada deretan plugin seperti WooCommerce, Easy Digital Downloads dan WPRcommerce untuk fungsi ini.

Kita bisa mengubah situs wordpress kita untuk memb7uat situs marketplace sendiri.

  • Situs lowongan kerja.

Situs lowongan kerja disini tentunya bukan sekedar menampilkan posting lowongan saja. Tetapi, pemilik usaha bisa menampilkan lowongan dan pencari kerja bisa meresponnya langsung disana.

  • Situs direktori bisnis.

Saat ini, banyak orang yang membutuhkan direktory bisnis di internet. WordPress bisa dibuat menjadi blog atau situs direktory bisnis dengan menggunakan plugin yang tepat.

Untuk situs direktory bisnis ini, kita bisa menempatkan daftar berbagai bisnis seperti bisnis jasa AC hingga bisnis kontraktor listrik.

  • Situs tanya jawab.

Kita bisa membangun sendiri situs tanya jawab kita. Kita bisa membuat versi quora, yahoo answer kita.

Jadi ada plugin yang bisa kita gunakan disinis. Tanpa ribet, kita bisa memperoleh situs tanya jawab kita sendiri.

  • Situs agama dan organisasi nonprofit.

Berapa banyak organisasi keagamaan serta nonprofit yang menggunakan wordpress? jawabannya adalah banyak.

Untuk situs semacam ini, kita bisa menggunakan plugin untuk menerima donasi. Misal dengan paypal.

  • Website perusahaan / portofolio perusahaan.

Bagi perusahaan yang ingin menunjukkan contoh pekerjaan kepada masyarakat, maka menggunakan website perusahaan / portofolio menjadi penting.

Seorang penyedia layanan tour dan travel mungkin tertarik untuk membuat majalah wisata online sendiri.

Perusahaan arsitektur mungkin juga memiliki niat yang sama. Kemudian, ada perusahaan penjualan suku cadang kendaraan yang tertarik membuat katalog dan review online untuk produknya.

Semua bisa kita wujudkan dengan menggunakan wordpress.

  • Situs komunitas online.

Ada plugin forum seperti bbPress Forum yang bisa membantu perjalanan kita di luar kota.

Kemudian, situs forum ini bahkan bisa kita tambahkan fitur berupa plugin seperti BuddyPress yang bisa menyambungkan konten kita ke media sosial.

Situs atau website kupon.

Ada cara dan plugin untuk membuat situs wordpress untuk menawarkan kupon diskon produk – produk affiliate.

  • Website atau situs lelang.

Kita bisa membuat situs lelang seperti eBay. Jadi, ini adalah salah satu kelebihan situs wordpress juga. Kita memang menggunakan plugin untuk keperluan ini. Tetapi, dari sisi wordpressnya ini berarti platform tersebut fleksibel.

Website multi bahasa.

Kita bisa menggunakan plugin untuk membuat situs wordpress kita menjadi multibahasa.

  • Website atau situs Wiki.

Membuat situs yang setara wikipedia bisa kita lakukan menggunakan wordpress. Dengan plugin, kita bisa membuat situs berbasis pengetahuan seperti Wikipedia.

Situs podcasting agak berbeda dengan situs streaming. Situs streaming menyiarkan konten tanpa perlu diunduh secara keseluruhan terlebih dahulu. Podcast, kontennya perlu diunduh terlebih dahulu.

  • Situs atau website affiliates.

Situs affiliate merupakan cara untuk mencari uang secara online. Situs affiliate ini menjual produk orang lain tanpa harus melanjutkan penawaran konsumen ke pihak supplier. Tidak seperti dropship. Kita bisa menjual produk hanya bermodal link ke halaman perusahaan pemilik barang yang kita jual tersebut.

  • Situs fotografi.

WordPress kini menjadi platform uyang handal bagi pehobi fotografi. Kita bisa mengupload foto serta menulis artikel disana. Hasilnya, bisa membuat semacam majalah fotografi sendiri.

  • Website sekolah, universitas atau instansi.

Ini adalah penggunaaan yang paling standar dari situs wordpreess. Anda tidak memerlukan fitur lebih lengkap dari fitur worspress untuk menulis, update foto serta membuat layout.

Harvard blog, MIT serta University of California – Berkeley menggunakan wordpress untuk situs mereka.

  • Blog pribadi.

Kata pribadi ini, artinya hanya bisa diakses oleh kita sendiri. Kita bisa membuat posting dengan status private untuk blog kita.

  • Blog keluarga.

Pernah terpikir sebelumnya, kita bisa membuat blog untuk keluarga kita. Disini kita bisa menulis serta membuat posting untuk keluarga saja. Memposting foto pernikahan, wisuda dan semacamnya.

Kesimpulan.

Ini adalah beberapa jenis situs yang bisa dibuat menggunakan wordpress. Wordpress memiliki banyak fleksibilitas. Kita bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan kita. WordPress mampu dibuat dengan layout yang berbeda dibanding layout blog dengan menggunakan theme bebeda. Kemudian, bisa diberikan berbagai fungsi sesuai keperluan dengan plugin.

Jadi, wordpress secara umum cocok untuk banyak penggunaan.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply