02 Oct

Apa itu VPN, Cara KErja VPN dan Keuntungannya

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Apa itu VPN, cara kerja VPN dan keuntungan menggunakan VPN. Secara singkat saja, VPN adalah cara termurah untuk mengamankan komputer, gadget dan data kita jika digunakan untuk berinternet di jaringan publik.

VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network. Ini adalah jaringan atau saluran (bayangkan seperti saluran air) virtual dimana kita melewatkan sambungan kita disitu. Kita “menggunakan” server yang berasal dari tunel itu untuk menjangkau situs yang ingin kita buka.

pengertian-bagaimana-cara-kerja-VPN

Kemudian, data yang masuk serta keluar dari PC / laptop atau gadget kita akan dienkripsi.

Ini adalah keunggulan utama VPN, dengan harga murah kita akan mendapat berbagai kelebihan seperti:

  • Bisa menyembunyikan privasi

Aktivitas browsing kita bisa tersembunyi dari orang lain karena data kita dienkripsi. Jadi saat data disadap ditengah jalan, data kita tidak bisa dibuka.

Ini adalah alasan perusahaan besar, skala nasional pasti menggunakan VPN. Supaya data sensitif mereka aman.

Untuk karyawan pun, mereka juga baru bisa login ke situs perusahaan jika menggunakan jaringan internal. Jika akan login melalui jaringan internet rumah, pasti diminta login melalui VPN milik perusahaan.

Keuntungan Menggunakan VPN

  • Bisa menyembunyikan IP Adress

Karena alamat IP tersembunyi, maka lokasi kita saat browsing di internet tidak akan diketahui.

  • Melindungi dari serangan hacker

VPN sangat penting kita gunakan saat berada di Wifi di tempat umum. Data kita akan dienkripsi.

  • Menghemat biaya keamanan

Ini adalah keuntungan yang paling besar. Kita bisa berlangganan VPN semurah 10 dolar sebulan untuk banyak PC atau gadget. Tetapi, tingkat keamanan yang disediakan melebihi penggunaan software khusus keamanan jaringan yang mahal.

Menggunakan berbagai sistem keamanan jaringan sangat direkomendasikan. Tetapi menggunakan VPN sudah memberikan keuntungan yang besar.

VPN mirip dengan cara kerja firewalls. Tetapi, firewalls kita tempatkan di suatu server di ujung jaringan kita. Server ini akan meneruskan data ke situs atau jaringan lain diluar jaringan internal kita.

Browsing kita akan dicatat sebagai browsing dengan IP Adress milik server yang dipasang firewall. Jadi IP Adress milik laptop kita tidak akan terbaca.

Tetapi, VPN ini memiliki jaringan yang lebih luas. Secara teknis, VPN adalah Wide Area Network (WAN) jika dibandingkan dengan firewalls.

Apa sebenarnya fungsi VPN

VPN memiliki setidaknya 3 fungsi

  • Menjaga kerahasiaan data

VPN menjaga data milik pengguna internet. Website yang dikunjungi pengguna internet hanya akan menelusuri pengguna hingga ke server VPN dan tidak sampai ke alamat IP pengguna.

  • Menjaga keutuhan data

VPN memiliki fungsi menjaga integritas data yang dikirimkan. Data dijaga supaya utuh dan tidak mengalami gangguan ataupun dimanipulasi.

  • Authentifikasi sumber

Artinya VPN mampu meng-otentifikasi data yang masuk ke salurannya. VPN memeriksa data dan mengakses sumber informasinya. Jika proses otentifikasi berhasil, maka data bisa dipastikan aman.

Berdasar keterangan diatas, maka VPN berperan menjadi “perantara” bagi Anda dengan server situs tujuan Anda.

Jadi, meskipun ISP tidak mengetahui data apa yang kita cari lewat VPN, tetapi provider VPN dapat mengetahuinya.

Ini adalah faktor minus dari VPN. Jadi, jika ingin menggunakan VPN< kita gunakan VPN yang terpercaya dengan reputasi yang bagus.

Untuk beberapa perusahaan nasional, mereka menggunakan dan berlangganan VPN dari CISCO beserta sistem keamanan jaringannya sekaligus.

Hal seperti ini memang mahal untuk dilakukan perusahaan kecil. Tetapi kita tetap bisa menggunakan layanan VPN yang terpercaya dengan harga yang terjangkau.

Kesimpulan

Inilah sedikit tulisan mengenai apa itu VPN, Cara kerja VPN serta keunggulan VPN. Bagi kita yang memiliki data penting untuk dibagi melalui internet, akan sangat baik jika kita menggunakan VPN. VPN adalah cara mengamankan jaringan yang paling murah.

Please rate this



Share this

Leave a reply