04 Apr

Apa itu Server Firewall

Apa itu Server Firewall dan perbedaan antara firewall dan server proxy: 7 poin penting. Firewall dan server proxy bekerja menuju tujuan bersama untuk membatasi atau memblokir koneksi ke atau dari jaringan. Keduanya memberikan perlindungan terhadap ancaman jaringan dan terletak di antara komputer lokal dan jaringan. Tapi apa perbedaan antara firewall dan server proxy?

Perbedaan antara firewall dan proxy terletak pada tujuan dan pengoperasian keduanya. Firewall hanya memblokir akses ke koneksi yang tidak sah, sementara server proxy bertindak sebagai perantara antara komputer lokal dan Internet. Tapi apa itu firewall dan server proxy? Mari cari tahu di bagian selanjutnya dari blog ini!

Pada artikel ini, kita akan melihat:

Apa itu firewall?

Apa itu server proxy?

Apa perbedaan antara firewall dan server proxy?

a) Apa itu firewall?

Firewall adalah program atau aplikasi yang melindungi jaringan komputer atau perangkat lokal dengan membatasi atau memblokir akses ke pengguna tertentu yang tidak sah di luar jaringan. Ia bekerja pada tingkat paket IP dan dapat memfilter paket data yang memasuki jaringan pribadi.

Paket data dapat masuk ke jaringan hanya jika firewall mengizinkannya masuk. Ini adalah penghalang lengkap untuk memantau, melindungi, dan mengaudit jaringan komputer lokal Anda dari ancaman keamanan eksternal.

Bagaimana cara kerja firewall?

Ada beberapa kebijakan atau aturan kontrol akses yang ditetapkan oleh administrator yang menentukan paket data mana yang diizinkan dan mana yang tidak. Aturan-aturan ini dikenal sebagai daftar kontrol akses. Daftar ini mungkin termasuk nomor port yang diizinkan dan ditolak, protokol Internet yang digunakan dalam permintaan, dan alamat IP.

Daftar ini dapat dikonfigurasi, dan administrator jaringan tidak hanya dapat mencegah apa yang dapat masuk ke jaringan, tetapi juga apa yang dapat keluar dari jaringan. Beginilah cara keamanan dipastikan dalam jaringan pribadi. Contoh daftar kontrol akses ditunjukkan di bawah ini:

Baca Juga :   Pengertian Database Server Adalah

Utilitas firewall

Firewall dapat mengontrol semua lalu lintas masuk. Firewall dua arah juga dapat memantau dan mengenkripsi data keluar.

Firewall membatasi akses Trojan horse ke file komputer Anda dan mendatangkan malapetaka di seluruh jaringan Anda.

Ini mencegah peretas memasuki jaringan Anda.

Ini mengurangi risiko keylogging. Yang kami maksud dengan keylogger adalah bahwa ada pencatat keyboard online yang melacak penekanan tombol dan kemudian menggunakan informasi tersebut untuk mengulangi hal yang sama. Dengan melakukan itu, mereka dapat masuk ke akun pribadi Anda dan merugikan Anda.

b) Apa itu server proxy?

Server proxy adalah perangkat keras atau perangkat lunak yang mempromosikan dan mengamankan akses ke situs web. Untuk melakukan ini, ini bertindak sebagai penghalang antara komputer lokal Anda dan Internet. Ini menghindari komunikasi langsung antara komputer lokal dan Internet.

Itu menggunakan alamat IP anonim alih-alih alamat asli. Dengan demikian, tidak ada pengguna eksternal yang dapat melihat alamat IP komputer lokal, karena hanya IP server proxy yang terlihat. Ini memberikan keamanan dari peretas yang duduk di luar jaringan.

Bagaimana cara kerja server proxy?

Saat pengguna ingin mengakses situs web tertentu di Internet, permintaan dikirim ke server proxy. Kemudian ia mencari cache dan menemukan permintaan yang sama. Jika permintaan tersedia di cache, itu akan segera dibuat, menghemat bandwidth. Jika tidak ada di cache, server proxy akan mengakses Internet, mengembalikan hasilnya, dan menyimpannya di cache juga.

utilitas server proxy

Itu dapat berfungsi sebagai akses ke layanan yang dilarang di negara tertentu.

Ini bertindak sebagai gudang dan menyimpan informasi tentang penggunaan Internet, situs web yang dikunjungi oleh semua karyawan organisasi, dll.

Menyembunyikan alamat IP komputer lokal dari peretas yang tersedia di Internet.

Ini adalah alat pemfilteran yang digunakan untuk memblokir akses ke situs web tertentu dalam organisasi.

Ini meningkatkan kinerja jaringan dengan menyimpan permintaan dalam cache-nya.

Oleh karena itu, setelah membaca tentang apa itu firewall dan server proxy, menjadi jelas bahwa perbedaan antara server firewall dan server proxy hanya pada tingkat operasi dan tujuannya. Jika tidak, mereka bekerja hanya untuk tujuan melindungi jaringan lokal dari pengguna dan aktivitas jahat.

Baca Juga :   Pengertian File Server dan Cara Kerjanya

c) Apa perbedaan antara firewall dan server proxy?

Kami sekarang akan mempelajari lebih detail teknis dan menjelaskan perbedaan antara proxy dan firewall dengan cara yang sederhana dan tabular. Jadi, inilah perbedaan teknis antara firewall dan server proxy:

Dasar untuk perbandingan server proxy server firewall

Firewall Dasar dan Proxy Perbedaan utama antara firewall dan proxy adalah firewall memantau dan memfilter semua permintaan akses masuk dan keluar di jaringan lokal. Sedangkan proxy server adalah perantara dan menghubungkan komputer lokal ke server untuk menerima data atas nama pengguna.

Tujuan Akses yang tidak sah sangat dilarang. Menyediakan koneksi jaringan.

Bagaimana dan apa yang mereka filter? Permintaan akses difilter berdasarkan paket IP dari lalu lintas masuk. Memblokir program dan port yang mencoba akses tidak sah. Organisasi dapat melarang penggunaan situs web tertentu. Jadi server proxy memfilter situs web ini untuk pengguna.

Itu juga menyembunyikan jaringan komputer lokal Anda dari Internet. Ini mengungkapkan perbedaan besar lainnya antara server proxy dan firewall.

Lapisan jaringan Server firewall menangani jaringan dan data lapisan transportasi. Proksi juga berfungsi dengan data lapisan aplikasi.

Tempat presentasi atau kehadiran . Ini adalah antarmuka antara jaringan pribadi dan publik. Mereka dapat ditempatkan di kedua sisi jaringan publik.

Ini melindungi dari firewall dan server proxy dinamis lainnya, perbedaannya adalah firewall melindungi jaringan internal dari ancaman dan serangan berbahaya. Sementara server proxy memungkinkan Anda untuk menggunakan internet secara anonim dan membuka blokir.

Jumlah overhead dibuat antara firewall dan server proxy, firewall membuat overhead tambahan. Ini karena berfungsi sebagai sumber utama otorisasi apakah permintaan tertentu dapat menembus jaringan atau tidak. Overhead yang dihasilkan di sini lebih rendah karena menggunakan caching dan menerima lebih sedikit permintaan.

Kesimpulan apa itu firewall?

Sejauh ini, kami telah mendefinisikan dengan jelas definisi firewall dan server proxy, kegunaannya, dan apa perbedaan antara proxy dan firewall. Putuskan apa yang harus diaktifkan untuk melindungi jaringan Anda: server proxy atau firewall?

Baca Juga :   Server Down Artinya

Tapi tahukah Anda bahwa server proxy dan firewall dapat bekerja bersama? Server proxy adalah bagian dari firewall, yang bila digunakan bersamaan dengan firewall, memberikan efisiensi dan kepraktisan yang lebih baik.

Yang kami maksud dengan efisiensi adalah mengurangi risiko serangan dunia maya, peretasan, atau spoofing IP. Jenis serangan ini terutama ditujukan untuk masuk dengan beberapa upaya kata sandi dengan harapan salah satunya akan valid.

Sistem biasanya ditargetkan oleh bot otomatis, dan jika berhasil, mereka dapat menghancurkan sistem dan menghapus data penting Anda sepenuhnya.

Oleh karena itu, lebih baik mengamati semua langkah keamanan dan menghindari pelanggaran keamanan. Selamat menghitung! Jika Anda tertarik dengan keamanan dunia maya, silakan lihat Master of Cyber Security (Blue Team) kami, program 520 jam yang mengarah ke 7 sertifikasi global.

5/5 - (1 vote)

Leave a reply