08 Oct

Alternatif Situs WordPress

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Ini adalah daftar alternatif situs wordpress. Daftar ini ditujukan bagi yang tidak menyukai wordpress atau yang ingin mencoba hal baru.

Alternatif situs wordpress

  • Wix

Wix adalah platform site builder yang lumayan mudah digunakan. Jika Anda terbiasa dengan editing layout dan warna secara drag and drop, maka Wix cocok untuk menjadi pilihan kita. Wix sendiri tersedia secara gratis untuk keperluan pribadi ataupun bisnis kecil.

Wix mempunyai template yang gratis atau berbayar yang bisa mudah kita gunakan.

Jika Anda menggunakan versi berbayar, Anda bisa menggunakan veri eCommerce yang bisa menerima pembayaran PayPal atau Authorize.net.

  • Shopify

Shopify adalah CMS toko online yang lumayan bagus untuk digunakan. CMS ini mempermudah kita mengedit produk, menjual dan juga menerima pembayaran untuk produk kita.

Yang agak kurang, barangkali kita akan susah untuk membvuat toko online dengan produk mencapai 15.000 buah karena loadingnya menjadi berat.

Tetapi, jika produk kita jumlahnya amsih dibawah 2000 buah, kita akan mudah menggunakannya.

  • Weebly

Seperti halnya Wix, Weebly memiliki host server special dan mereka tidak ingin Anda menindahnya kemana – mana.

Disini, kita bisa mendapatkan template dan page builder gaya drag and drop yang mudah digunakan.

Khusus bagi pemilik toko online, weebly memiliki support eCommerce yang terbatas. Tetapi, kita bisa menggunakan nama domain custom disini.

  • Medium

Ini sebenarnya bukan merupakan CMS. Tetapi hanya merupakan tempat untuk menulis blog saja.

Medium merupakan tempat berbagi berita, opini, pengetahuan dan sebagainya dengan orang lain. Untuk versi Indonesia, kita bisa membayangkan seperti “kumparan” atau brillio.com.”

Kita tidak mempunyai pilihan layout atau CSS atau apapun seperti theme dan plugin di medium. Medium hanya memiliki layout putih bersih yang terlihat indah di gadget atau komputer.

Yang agak kurang dari medium barangkali ada fitur berlangganan. Kita hanya dapat membaca beberapa artikel penulis lain dalam sebulan jika tidak berlangganan.

  • Gost

Ini adalah platform blogging murni yang berbeda dengan wordpress. WordPress kini semakin melebar dalam fitur dan mampu menangani banyak keperluan situs yang lain.

Bagi pengguna wordpress untuk blog, fasilitas ini terasa mengganggu. Mereka hanya ingin blog. Karena itulah Ghost diciptakan.

  • Drupal

Drupal adalah CMS populer seperti halnya wordpress. CMS ini menggunakan module dan template seperti wordpress.

Untuk instalasinya, Drupal membutuhkan software yang sama dengan wordpress. Jadi, besar peluang drupal bisa kita install juga di server yang bisa menerima instalasi wordpress.

  • Joomla

Platform CMS ini mirip dengan drupal dan wordpress juga. Selain itu, Joomla juga bisa diinstal di software yang sama dengan wordpress.

Joomla bisa melakukan hal – hal bisa dilakukan WordPress. Dan, beberapa hal lainnya.

Tetapi, Joomla juga menuntuk pembelajaran yang lebih banyak daripada wordpress untuk menggunakannya.

  • Jekyll

Jekyll adalah generator situs statis. Kita menggunakan text dan Jekkyl akan membuatakan versi halaman HTML nya. Tentunya tanpa database.

Untuk hostingnya, kita bisa menggunakan hosting gratis dari GitHub pages. Jekyll sangat mudah digunakan dengan Markdown, SVN, Git dan command line. Atau, dalam bahasa lain Jekyll diciptakan untuk developer.

  • Tumblr

Tumblr adalah platform bloging yang terhubung dengan media sosial. Tumblr ini dibeli oleh Yahoo pada tahun 2013. Saat ini, Tumblr masih memiliki pengguna yang solid.

  • CMS Made Simple

Adalah CMS open source seperti WordPress, Joomla dan Drupal. CMS ini diyulis dengan PHP dan menggunakan MySQL untuk database.

Untuk menambah fitur, kita bisa menggunakan theme dan module. Untuk support, komunitasnya cukup bagus serta menyediakan instruksi on screendan dokumentasi lengkap.

  • Blogger

Blogger adalah platform blogging milik Google yang mudah digunakan. Platform ini sederhana namun sudah memiliki platform untuk komentar. Selain itu, tersedia berbagai template gratis yang sudah cukup menarik tampilannya.

  • Statamic

Adalah CMS berbayar. Statamic tidak menggunakan database. Tetapi, halaman kita dibuat oleh PHP, YAML dan Markdown.

  • Squarespace

Squarespace adalah CMS berbayar yang mudah digunakan serta memiliki hosting khusus (proprietary). Seperti halnya Wix dan Weebly, kita hanya bisa menginstall modul atau plugin tambahan yang sudah disediakan saja.

  • Google Sites

Google Sites adalah cara mudah untuk membuat situs kecil. Hosting free dan bisa menggunakan nama domain custom.

Untuk kemudahan dan fitur, Google Site setara dengan Wix, Weebly dan Squarespace.

  • Textpattern

Textpattern adalah CMS yang lebih sederhana dibanding WordPress dan sudah memiliki sistem komentar sendiri.

  • Expression Engine

Adalah CMS berbayar yang berbasis PHP dan MySQL. Ada cMS free terbatas dan versi berbayar yang lebih lengkap termasuk tambahan addons.

Please rate this



Share this

Leave a reply