07 Aug

Aplikasi Website Terbaik – Buat Web Jadi Mudah

Aplikasi website terbaik dan termudah digunakan. Hasil website tampil keren dan profesional. Gratis.

Aplikasi website sebenarnya adalah aplikasi yang dijalankan dengan basis website. Tetapi, pengertian ini berubah di Indonesia.

Aplikasi website disini memiliki pengertian berupa Content Management System ( CMS ) yang membuat kita bisa membangun website dengan mudah.

Internet yang sekarang ini sudah tumbuh jauh lebih besar dibanding 10 tahun yang lalu. Pengguna internet di Indonesia juga sudah mencapai lebih dari 80% penduduk Indonesia.

Penggunaan internet untuk bisnis kini semakin menjadi keniscayaan. Jika tidak tampil online, maka kita bisa kehilangan banyak kesempatan.

Saat ini, banyak aplikasi website yang mudah digunakan. Aplikasi website ini tidak meminta kemampuan coding dan bisa digunakan oleh pemula.

Aplikasi website terbaik

  • Aplikasi website WordPress

aplikasi website wordpress

Bisa dikatakan, wordpress adalah aplikasi website terbaik dan paling populer. Penggunanya mencapai lebih dari 30% pengguna internet.

Untuk versi gratis, tersedia tempat penyimpanan hingga 3 GB dan berbagai fitur lengkap. Tetapi standar.

Secara umum, kita tidak bisa menggunakan plugin atau mengganti theme dengan versi premium.

Kemudian, ada juga iklan milik WordPress yang tampil di situs kita.

Untuk versi berbayar, harganya mulai USD 25 setiap bulan. Dengan harga ini kita mendapatkan akses bebas ke template, custom nama domain serta tempat storage / penyimpanan yang unlimited.

Bagi pebisnis serius, paket ini bisa dicoba.

Bagi Anda yang baru mulai, bisa menggunakan server diluar milik WordPress.

Anda hanya perlu mendownload wordpress CMS nya saja. Kemudian, diinstall ke server hosting pilihan Anda.

WordPress, disini adalah CMS yang memungkinkan kita untuk menginstall di server manapun dengan bebas dan gratis.

  • Aplikasi website Squarespace

aplikasi website squarspace

Squarespace adalah CMS atau aplikasi website populer yang juga sudah lama ada di Internet. Squarespace muncul hampir bersamaan dengan WordPress. Tetapi, CMS ini tidak bisa didownload dan diinstall di server berbeda.

Aplikasi website ini bukan open source. Tetapi, Squarespace adalah layanan website builder, platform untuk blogging dan sekaligus layanan hosting.

Keuntungannya, semua ini bisa didapatkan satu paket tanpa ribet memilih layanan server hosting sendiri.

Seperti WordPress juga, terdapat template desain yang beragam dan fitur yang lengkap. Untuk harga, lebih murah dibandingkan WordPress. Mulai dari $18 sebulan untuk paket personal.

Untuk harga ini, yang bisa kita dapatkan lebih banyak dibanding WordPress. Selain nama domain gratis, ada juga storage hardisk unlimited, SSL. Automation tool dan kredit untuk Google Adwords.

Membeli paket di Squarespace tanpa bisa memindahkan ke server di lain tempat mungkin terasa mengganggu. Tetapi, ada untungnya juga. Paket ini pastinya memiliki server bagus, berkualitas dan cepat.

Anda tidak perlu mencari – cari lagi server hosting yang bagus diluar.

  • Wix

aplikasi website wix

Aplikasi website ini bekerja dengan interface visual. Jadi, akan mudah untuk membangun website sendiri. Tetapi, untuk keindahan, semua CMS disini akan terlihat indah jika Anda pintar membuat desain yang menarik.

Penggunaan Wix juga mudah. Banyak template yang bisa digunakan dan ada juga semacam plugin untuk menambah fungsionalitas.

Wix juga sudah support dengan HTML5 dan cocok untuk situs yang mobile friendly / ramah gadget.

Untuk berlangganan, harganya mulai dari $4,5 setiap bulannya. Utuk bisnis, ada versi Businesses Basic Plan yang harganya $17 sebulan.

Dengan harga ini, yang didapatkan adalah hardisk 20 GB, domain gratis dan juga favicon custom. Selain itu, ada juga store builder dan juga voucher.

Untuk versi gratis, ada juga. Tetapi kapasitas dan fasilitasnya terbatas.

Yang terakhir, Wix juga tidak bisa didownload dan pindah ke server hosting lain selain server mereka.

  • Magnolia

aplikasi website - magnolia

Adalah aplikasi website yang berfokus pada bisnis. Platform CMS ini terintegrasi dengan e-commerce, otomatisasi pemasaran, analytics media sosial dan juga CRM / ERP.

Fitur – fitur ini bisa ditambahkan saat bisnis kita tumbuh dan akhirnya, membutuhkan fitur – fitur diatas.

Untuk keamanan, aplikasi ini sangat baik. Arsitektur situsnya memisahkan bagian private dan bagian public.

Kita bisa mensetting apa saja yang boleh dikerjakan users dan admin. Jadi, kita juga selalu bisa tahu siapa yang mempublikasikan suatu konten tertentu.

  • Weebly

aplikasi website weebly

Weebly adalah aplikasi website yang sangat mudah digunakan. Untuk mensettingnya, Weebly seperti Wix, dengan model visual dan drag and drop. Jadi kita selalu bisa menambah konten atau menghapus konten dengan mudah.

Ada opsi gratis jika Anda ingin mengetes cara menggunakannya.

Untuk versi berbayar, harganya mulai dari $12 setiap bulannya. Harga ini Anda bisa mendapatkan storage yang unlimited, sebuah nama domain dan kredit untuk Google Ads. Versi bisnis dengan fitur yang bisnis-friendly harganya mulai $25 setiap bulan.

Selain fitur bisnis lengkap, ada juga fitur pelindung password dan penghitung pajak.

  • Bynder

aplikasi website - bynder

Bynder ini sebenarnya merupakan platform marketing. Kita akan mudah mencari dan mendapatkan atau membuat konten marketing. Fitur di CMS ini memungkinkan kita untuk bekerjasama dengan team untuk membuat konten.

Ada proses workflow yang bisa diikuti untuk menghasilkan konten berkualitas atau membaginya ke anggota team lainnya. Juga, ada kemampuan untuk membagi gaya konten yang standar ke anggota tim. Supaya, setiap konten menjadi konsisten.

Tetapi, meskipun sangat mudah untuk digunakan bagi marketing online kita, harganya sangat mahal. Biaya bulanannya mencapai lebih dari $450 setiap bulannya. Anda bisa menghubungi perusahaan ini secara langsung untuk mendapatkan harga pastinya.

  • Zyro

aplikasi website - zyro

Zyro.com merupakan CMS yang sudah digunakan oleh lebih dari 2 juta orang. Pegaturan dan desainnya memakai sistem drag & drop. Cara pengaturan dan desain seperti ini jauh lebih mudah dan praktis.

Untuk versi gratis, kita masih bisa memperoleh lebih dari 160 macam template desain. Zyro ini websitenya SEO friendly, memiliki fitur untlimited storage. support banyak bahasa ( 20) serta tanpa iklan.

  • Snappages

aplikasi website - Snappages

Aplikasi website ini dibuat oleh developer di Austin, Texas. Temanya adalah

Make it Useful, Make it Simple, Make it Awesome.

Sesuai filosofinya, website yang dibuat cukup sederhana. Untuk setting, juga sederhana. Snappages menggunakan setting drag & drop Flash yang mudah digunakan. Tetapi, meskipun menggunakan flash, hasil akhir website tetap tampil dalam HTML juga.

Layanan Snappages gratis. Ini juga salah satu kelebihannya. Jika ingin mencoba membuat website, silahkan mencoba snappages.

  • Webs

aplikasi website - Webs

Webs awalnya didirikan untuk membantu orang lain. Pendirinya adalah tiga bersaudara yang berniat membantu orang membuat website tanpa kemampuan teknis memadai.

Hasil akhirnya adalah platform pembuat website gratis yang sederhana tetapi sangat fleksibel. Desain custom bisa sangat custom. Integrasi SEO Booster serta medsos. Website mobile, Local listing dan juga platform pembuatan toko online.

Selain itu, ada fasilitas analytics terintegrasi ( Advanced Web Analytics ) yang bisa melacak trafik yang masuk ke situs kita.

  • Aplikasi website Webnode

aplikasi website Webnode

Webnode adalah perusahaan aplikasi website gratis yang berdiri di Swiss sejak tahun 2008. Dan meskipun gratis, website webnode ini tanpa iklan.

Saat ini, pengguna webnode telah mencapai hingga 18 juta orang.

Untuk Anda yang berminat, ada 3 pilihan template untuk website.

  1. Personal
  2. Business
  3. Toko online

Masing – masing pilihan templatenya berbeda dan memang dibuat khusus untuk keperluan tersebut.

Menurut mereka, website webnode akan siap dalam 5 menit saja.

Kita juga bisa menyambungkan situs dengan domain kita sendiri. Tidak harus membeli dari mereka.

Webnode adalah layanan terintegrasi dengan SEO Marketing, Content management, media sosial. email. blog, stats dan sebagainya.

  • GOOGLE SITES

aplikasi website - Google-Sites

Google sites juga memiliki website gratis selain mesin pencari yang terkenal. Awalnya, layanan ini adalah layanan buatan JotSpot yang dibeli oleh Google.

Layanan Google, seperti yang lainnya, biasanya gratis. Google Site juga gratis.

Untuk layanan berbayar, Google sebenarnya juga punya layanan berbayar. Tetapi kualitasnya memang jauh lebih bagus dan lengkap dibandingkan yang gratis.

Untuk membuat situs di Google Site, kita hanya perlu akun Google saja.

Untuk jenis websitenya, Google Site bisa digunakan untuk berbagai jenis website seperti website bisnis, personal ataupun untuk situs non profit.

Membuat website saat ini sudah cukup mudah. Pada tahun 2000, orang harus belajar html dan lainnya dan membuat website sendiri dengan menulis code html dari nol. Sekarang, aplikasi website yang ada sudah sangat lengkap untuk digunakan.

Selamat membuat website dengan aplikasi website. Salam sukses luar biasa!

Leave a reply