23 Aug

Web Gratis Terbaik

Ada lebih dari 10 web gratis terbaik yang kami rekomendasikan saat ini. Beberapa diantaranya sangat terkenal dan fleksibel dalam penggunaanya. Beberapa lagi, belum terlalu terkenal di Indonesia. Meskipun lumayan banyak juga yang mulai menggunakannya.

Web gratis terbaik ini kita bagi menjadi 2. Ada yang merupakan web builder terbaik dan ada juga yang merupakan web gratis terbaik yang kita cuma mengisi kontennya saja.

Mana yang digunakan, itu terserah kepada kebutuhan Anda saja.

Daftar website gratis terbaik paling populer

  • Web gratis terbaik – WordPress.com

WordPress menjadi yang terbaik disini karena beberapa alasan. WordPress bisa membuat kita menulis blog secara langsung. WordPress merupakan Content Management System ( CMS ) yang sangat handal. CMS ini bisa kita download dan kita install di server kita sendiri untuk membuat website secara bebas.

WordPress adalah website gratis yang mampu menampung data kita hingga 3 GB. Besar sekali jika hanya untuk artikel dengan sedikit gambar.

Untuk versi download, kita bisa membuat website untuk banyak sekali keperluan dengannya. Kita juga bisa membuat situs WordPress yang sama sekali tidak terlihat jika itu dibuat dengan WordPress lagi.

  • Web gratis terpopuler – Medium.com

Medium adalah web gratis terbaik karena peringkat di mesin pencari tinggi. Website ini tidak memiliki versi download seperti CMS WordPress. Tetapi, menulis di Medium akan mendapat jaminan cepat terindeks di Google.

Tambahan lagi, jika tulisan kita menarik, maka yang membaca akan banyak. Kemudian, kita juga bisa ikut program penulis mereka yang dibayar. Tentunya jika tulisan kita berkualitas dan dibaca banyak orang.

Meskipun begitu, ada hal yang mesti diperhatikan. Medium tidak mengijinkan adanya tulisan Spam. Tulisan promosi dan sebagainya. Jika ditemukan tulisan promosi, pihak Medium akan menghapusnya.

Juga, jangan memberi link keluar untuk situs Anda. Link ini dianggap mencurigakan dan artikel Anda tadi bisa dihapus. Plus, akun Anda kena banned.

Untuk tulisan, tulisan berbahasa Indonesia sebenarnya bisa diterima. Tetapi, kita harus menghindari tulisan Spam dan promosi untuk produk atau jasa kita.

Untuk Medium.com, kita juga tidak bisa menggunakan nama domain sendiri.

  • Web gratis terbaik – Penzu.com

Penzu sebenarnya lebih seperti diary online atau journal online. Kita bisa menyimpan catatan journal kita di Penzu dengan enkripsi dan tingkat keamanan yang tinggi.

Kita bisa menyimpan catatan atau foto. Tetapi sayangnya kita tidak bisa meng eksport file tadi ke bentuk PDF misalnya. Jika kita mau menggunakannya untuk keperluan lainnya.

Untuk diary, ada 2 pilihan, Daily Diary ( Publik ), Travel Journal dan Expresive Journal ( pribadi ).

  • Web gratis terbaik – Webs.com

Webs bisa kita gunakan untuk membuat company profile atau semacamnya. User interfacenya hanya drag and drop dan itu sangat mudah digunakan.

Untuk fleksibilitas, lumayan bagus dan bisa digunakan untuk membuat web jenis apapun.

Untuk webs, kita bisa menggunakan nama domain kita sendiri.

  • Weebly.com

Webbly ini bisa dibuat menjadi blog hingga website jenis apapun. Kita bisa menggunakan fleksibilitasnya untuk situs portofolio, situs web company profile hingga website toko online.

Dan seperti juga WordPress, kita bisa menggunakan berbagai tema / themes yang tersedia baik gratis atau berbayar.

Tetapi, tidak ada CMS yang bisa didownload dan diinstall di server lain seperti WordPress.

Bisa menggunakan nama domain sendiri.

  • Wix.com

Wix adalah situs yang mudah dibuat dengan model drag and drop. Situs ini juga memiliki themes atau template desain untuk berbagai keperluan. Kita bisa menemukan hampir semua dalam versi gratis dan berbayar.

Tetapi, WIX juga tidak tersedia untuk didownload CMS nya seperti WordPress. Kita harus menulis di website di server Wix sendiri. Meskipun begitu, desainnya cocok bagi penyuka desain atau situs desain.

Jika Anda ingin tahu cara membuat website di wix.com, maka bisa membuka link ini.

Kemudian, kita juga akan kesulitan mengeksport database kita keluar server Wix. Itu jika kita butuh server berbeda untuk situs kita.

Tetapi, jika kita merasa cukup dengan server milik Wix ( kencang dan stabil, tetapi agak mahal ) maka tidak ada masalah juga.

Bisa menggunakan nama domain sendiri.

  • Web gratis terpopuler – Blogger.com

Blogger mengijinkan kita untuk membuat website dengan gratis. Tetapi, tidak ada CMS yang tersedia untuk didownload.

Jika Anda ingin CMS gratis yang bisa digunakan di berbagai server dengan mudah, saran kami adalah WordPress dan Drupal.

Untuk penyimpanan, Blogger mengijinkan penyimpanan 1 GB dan hingga 15 GB gambar serta video jika disimpan di Google Drive.

Untuk database, Google mengijinkan transfer database Blogger ke situs WordPress atau lainnya.

Juga, kita bisa menggunakan nama domain bisnis kita sendiri serta membuat template desain sendiri.

  • Postach.io

Postach.io memiliki fitur yang bisa diintegrasikan dengan aplikasi journal Evernote. Ini karena pengembangnya pernah ikut mengembangkan Evernote.

Sebenarnya, Postach.io terintegrasi dengan beberapa aplikasi pencatatan online.

Untuk catatan kita, kita bisa membuat catatan kita menjadi “published” dan dan tersedia untuk dilihat oleh umum.

Selain itu, tersedia juga integrasi lain dengan berbagai layanan seperti komentar Disqus atau opti untuk memakai Dropbox untuk menyimpan konten kita.

  • Pen.io

Kita perlu mengatur alamat URL serta membuat password. Tetapi, kita tidak perlu login untuk masuk ke pen.io.

Blog ini memang memiliki konsep yang tidak seperti blog yang sudah ada.

  • Tumblr.com

Tumblr.com sudah 2 kali diblokir kominfo. Tetapi ini karena penggunanya memang bermacam – macam.

Tetapi, website gratis ini mampu menampilkan foto serta video dengan menarik. Selain itu, kita mendapat banyak pilihan untuk menampilkan konten di website kita.

  • Livejournal.com

Platform website ini ternyata sudah sangat tua. LiveJournal sudah ada sejak tahun 1999. Tetapi, platform ini bukanlah platform blog seperti lainnya. LiveJaournal adalah platform komunitas yang memberikan ruang untuk menulis para anggotanya.

  • Ghost.org

Ini adalah platform blog yang mirip dengan WordPress. Kita bisa menggunakan versi hosted dan yang bukan hosted.

Jika Anda mau mencobanya, versi gratis ( trial ) tersedia untuk 14 hari pertama. Setelah itu, membayar.

Anda harus memasukkan data diri dan nomor kartu kredit Anda.

Tetapi, setelah 14 hari tadi, Anda tidak akan kena auto charged atau auto potong bayar dengan kartu kredit Anda.

Inilah beberapa Web Gratis Terbaik yang kami rekomendasikan. Semoga bermanfaat dan salam sukses luar biasa!

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply