07 Feb

5 Cara Mengoptimalkan Google Bisnis

5 Cara Mengoptimalkan Google Bisnis

Tiga puluh tahun yang lalu, jika tungku Anda mati pada pertengahan Januari, Anda akan mengeluarkan buku telepon Anda dan mencari di halaman kuning untuk teknisi yang bisa datang memeriksanya ASAP. Hari ini, Anda beralih ke ponsel cerdas atau laptop Anda dan menarik Google, mengetik “perbaikan tungku di dekat saya” ke dalam kotak teks

Tetapi bagaimana Google menemukan layanan perbaikan tungku yang dekat dengan rumah Anda? Tiga kata: Google Bisnisku. Layanan perbaikan tungku cerdas di daerah Anda membuat profil yang mencakup alamat, jam layanan, nomor telepon, alamat website, dan informasi terkait lainnya yang mungkin meyakinkan Anda untuk memberi mereka kesempatan, seperti penjadwalan online atau fotografi terbaik.

Pelanggan Anda tidak berbeda. Apa pun yang Anda jual, banyak pelanggan Anda menggunakan Google untuk mencapai Anda. Saat ini, Google Bisnisku telah menjadi alat SEO penting yang memastikan Anda terhubung dengan pelanggan yang mencari barang atau jasa Anda.

Apa Yang Dapat GMB Lakukan Untuk Anda?

Tetapi Google Bisnisku, atau GMB, tidak lebih dari prospek membantu menemukan jam bisnis dan nomor telepon Anda atau jalan pintas ke URL situs web Anda. Mengapa Anda tidak mengoptimalkan alat GRATIS SEPENUHNYA ini yang mungkin telah Anda siapkan untuk memastikan bahwa keberadaan penelusuran lokal Anda tepat sasaran? Dengan beberapa penyesuaian sederhana, Anda dapat mengambil profil GMB Anda dari meh menjadi hebat.

Selain semua hal lain yang dilakukan, GMB memberi perusahaan kesempatan untuk berinteraksi dengan pelanggan mereka secara langsung (berpikir menanggapi ulasan atau menjadwalkan janji temu) dan memungkinkan bisnis untuk menentukan bagaimana pelanggan mereka mencari bisnis mereka.

Ingin tahu bagaimana cara mengoptimalkan GMB Anda? Berikut beberapa saran yang bermanfaat.

# 1: Pastikan Informasi Anda Benar – dan Periksa secara teratur

Ini mungkin hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan akun GMB Anda. Periksa ulang apakah informasi di dalamnya benar-benar mutakhir. Misalnya, apakah Anda mengubah jam kerja selama musim liburan? Perbarui itu di GMB!

Ada tautan untuk pelanggan untuk “Sarankan hasil edit” di setiap akun GMB. Ya, pelanggan sebenarnya dapat melakukan pengeditan langsung ke daftar Google Bisnisku Anda. Pengeditan ini tidak Anda selesaikan terlebih dahulu — itu terjadi begitu saja! Jika Anda tidak memeriksa daftar GMB Anda secara teratur, saatnya Anda mulai melakukan itu. Hal terakhir yang Anda inginkan adalah kehilangan pelanggan berkat orang iseng yang kejam yang mengubah URL situs web Anda atau mengubah nomor telepon Anda.

Sementara Google mengatakan mereka mengirim email ke pemilik bisnis dan orang-orang yang mengelola akun GMB, sering kali orang-orang ini tidak mendapatkan pemberitahuan bahwa perubahan telah dilakukan

Pastikan Anda memeriksa sendiri listing Anda secara rutin.

# 2: Tulis Hebat Anda— AKA, Deskripsi Bisnis yang Hebat

Anda tahu bisnis Anda luar biasa. Ambil perasaan positif itu dan buat deskripsi yang berbagi dengan calon pelanggan apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari yang lain di bidang Anda.

Menulis dari tempat keaslian – fokus pada misi Anda, sejarah perusahaan Anda, dan apa yang membedakan Anda. Ini adalah kesempatan Anda untuk menceritakan kisah Anda dalam 750 karakter atau kurang.

# 3: Merapikan Daftar Anda dengan Foto

Intinya? Orang suka gambar. Bahkan, menurut survei BrightLocal 2011, 60% konsumen mencatat bahwa gambar pencarian lokal dengan gambar lebih mungkin untuk menarik perhatian mereka.

Baik itu foto tim Anda dalam aksi, pemotretan eksterior dan interior bisnis Anda, atau (jika Anda merasa senang) video yang menjelaskan mengapa Anda yang terbaik di bisnis ini, gambar akan mendorong calon pelanggan untuk mengklik pada daftar Anda, bukan yang lain di halaman.

# 4: Hasilkan dan Tanggapi Ulasan

Tidak, kami tidak menganjurkan Anda untuk membuat akun bayangan yang memuji betapa hebatnya bisnis Anda. Alih-alih, ciptakan peluang bagi pelanggan (semoga bahagia) untuk membagikan pengalaman mereka secara online. Dan kemudian, libatkan dengan pelanggan itu untuk mengucapkan terima kasih atas umpan balik mereka.

Bahkan interaksi positif dengan ulasan negatif dapat mempengaruhi reaksi awal calon pelanggan terhadap bisnis Anda, jadi jangan hanya terlibat dengan orang-orang yang meninggalkan pesan bagus.

# 5: Gunakan Posting Google Bisnisku

Saat ini, Google Bisnisku memungkinkan pengguna bisnis untuk menarik perhatian pelanggan dengan Posting, yang merupakan “iklan mini” kecil yang melekat pada info GMB Anda. (Anda dapat menemukan Posting di dasbor GMB Anda di sisi kiri layar.)

Hosting suatu acara, seperti seminar atau webinar? Anda dapat membuat posting acara yang akan mempromosikan acara Anda kepada siapa saja yang melihat profil Anda. Tulis posting blog yang benar-benar bintang? Tambahkan deskripsi dan tautan ke blog Anda. Gembira tentang liburan yang akan datang? Sebarkan sedikit keceriaan dengan kiriman pesan liburan

Leave a reply