15 Feb

Cara Memantau Penggunaan Ponsel Anak Anda Tanpa Menguntit Mereka

Dengan anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu daripada sebelumnya di ponsel, orang tua menghadapi kekhawatiran yang konstan. Apakah mereka menggunakan telepon mereka dengan tepat? Berapa banyak waktu layar terlalu banyak? Apakah anak-anak mengakses konten yang tidak pantas? Memposting konten yang tidak pantas? Berinteraksi dengan orang asing? Menjadi jahat? Ditindas?

Ada begitu banyak hal yang salah; tidak heran orang tua merasa harus memantau anak-anak mereka!

Membahas Risiko

Cara terbaik untuk mulai memantau penggunaan ponsel anak Anda adalah dengan percakapan. Pastikan mereka tahu apa risikonya. Diskusikan platform media sosial apa yang digunakan anak Anda, bagaimana mereka menggunakannya dan dengan siapa mereka menggunakannya. Ya, anak Anda bisa berbohong kepada Anda, tetapi dengan memulai dengan percakapan ini, Anda memastikan bahwa anak Anda tahu bahwa upaya pemantauan Anda berasal dari tempat yang memprihatinkan. Anda ingin mereka aman.

Menggunakan Kata Sandi Anak Anda untuk Memindai Situs Web yang Dikunjungi, Catatan Panggilan, dan Teks

Sebuah survei oleh Pew Research Center menemukan bahwa 61% orang tua telah memeriksa situs web yang dikunjungi oleh anak remaja mereka dan 48% telah memeriksa catatan panggilan telepon atau teks remaja mereka. Orang tua sering mengakses informasi ini dengan meminta kata sandi anak mereka dengan rasionalisasi bahwa “Saya membayar telepon” atau “Anda tinggal di bawah atap saya.”

Meskipun jenis pemantauan ini memberikan manfaat mengetahui apa yang dilakukan anak Anda secara online, setidaknya ada tiga kelemahan:

Berbagi kata sandi dengan orang tua dapat menjadi sinyal bahwa memberikan kata sandi tidak apa-apa, mengarahkan remaja untuk membaginya dengan teman dan pacar. Ini menghadirkan risiko keamanan.
Beberapa remaja melihat ini sebagai pelanggaran privasi. Lihatlah komentar pada posting ini jika Anda tidak memiliki perasaan yang jelas tentang seberapa kuat beberapa remaja merasakan hal ini. Ya, Anda akan mendapatkan informasi, tetapi itu mungkin karena kepercayaan anak Anda.
Banyak remaja adalah pengguna teknologi yang lebih canggih daripada orang tua mereka. Dalam komentar di artikel yang disebutkan di atas, seorang anak berusia 13 tahun berkata, “Saya dapat mem-bypass spyware apa pun. Saya memiliki SISTEM OPERASI LANGSUNG, AKUN RAHASIA, TOR, VPN, dan keylogger di komputer saya untuk mengambil kata sandi orangtua lumpuh mereka. Saya TIDAK BISA DIKIRIM. ”
Tantangan seberapa besar mempercayai seorang anak versus seberapa banyak yang harus diverifikasi – dan seberapa sering – adalah salah satu yang harus dijawab oleh setiap orang tua untuk diri mereka sendiri. Tetapi semakin sering dan berat tangan pendekatannya, semakin akan terlihat seperti menguntit.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Bandung, Jasa Buat Web Bandung, Jasa Bikin Website Bandung

Program Kontrol Orang Tua

Jika Anda perlu melihat sendiri apa yang dilakukan anak Anda di telepon mereka dan tidak merasa mereka akan memberi Anda perangkat dan kata sandi, Anda harus menggunakan program pengawasan atau kontrol orangtua. Ada sejumlah program kontrol orangtua untuk ponsel yang tersedia. Ini dapat memberikan informasi tentang segala hal mulai dari kontak baru yang ditambahkan ke telepon hingga panggilan telepon yang dibuat, foto dan video yang dikirim atau diterima, di mana anak Anda telah berada dan apa yang mereka akses dari perangkat. Melalui portal induk, Anda memiliki tingkat kendali atas apa yang dapat dilakukan anak Anda dengan teleponnya.

Namun, ini pasti akan dilihat sebagai menguntit oleh sebagian besar remaja. Juga, merekam panggilan dengan program pemantauan orang tua dapat bertabrakan dengan undang-undang penyadapan, yang bervariasi dari satu negara ke negara. Beberapa program juga mengharuskan Anda untuk mengubah struktur file dan mengontrol file di ponsel Anda, yang menciptakan risiko keamanan dan dapat membatalkan garansi pabrik.

Saya berharap ada peluru perak yang akan membuat ponsel anak Anda tetap aman dan sesuai. Sayangnya, tidak ada. Seperti kebanyakan masalah pengasuhan anak, komunikasi yang jelas dan terbuka adalah pilihan terbaik Anda untuk memahami risiko apa yang mungkin dihadapi anak Anda di telepon mereka tanpa harus menguntit

Leave a reply