13 Mar

Website Adalah dan Contohnya

Website adalah dan contohnya. Jadi mengenai pengertian website adalah data atau program komputer di server hosting  yang bisa diakses pengguna lewat internet. Bisa berupa data biasa misalnya data berita, foto, vido atau program komputer seperti web aplikasi.

Website Adalah dan Contohnya

Website Adalah dan Contohnya

Website Adalah dan Contohnya. Sumber: Google.com

Situs web adalah kumpulan halaman web, konten multimedia, dan aset digital lainnya yang dihosting di server web dan dapat diakses oleh pengguna Internet melalui browser web. Salah satu contoh adalah LAWANGTECHNO.com dan yang terkenal seduania misalnya, YOUTUBE.com.

Situs web dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk menyediakan informasi tentang perusahaan atau organisasi, menjual produk atau layanan, berbagi konten pribadi atau profesional. Atau sekadar menyediakan platform untuk komunikasi atau hiburan.

Situs web dapat bersifat statis, yang berarti kontennya tetap sama dan tidak berubah kecuali diperbarui secara manual, atau dinamis. Ini berarti konten dibuat dengan cepat berdasarkan input pengguna atau variabel lainnya.

Situs web biasanya dibangun menggunakan kombinasi HTML, CSS, dan JavaScript. Sedangkan situs web yang lebih canggih menyertakan bahasa pemrograman back-end seperti PHP atau Python.

Situs web juga dapat bervariasi dalam kompleksitas. Jadi, dari situs satu halaman sederhana hingga aplikasi web kompleks yang menyertakan fitur canggih seperti fungsi e-niaga atau manajemen akun pengguna. Misalnya, TOKOPEDIA.com

Membangun situs web biasanya memerlukan nama domain, layanan hosting, dan keterampilan pengembangan web atau penggunaan pembuat situs web. Setelah situs web aktif dan berjalan, itu dapat diakses oleh siapa saja dengan koneksi internet, menjadikannya alat yang ampuh untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan audiens global.

Baca Juga :   Cara Memunculkan Tulisan Arab di Keyboard Android

Domain adalah nama website. Misalnya TOKOPEDIA.com atau LAWANGTECHNO.com. Server hosting adalah tempat untuk menempatkan data dan programnya. Dan, tersambung internet.

Nama domain berguna untuk menggantikan alamat server yang aslinya berupa angka. Seperti rumah, setiap server di internet memiliki alamat tertentu. Jadi, pengunjung bisa berkunjung ke server yang spesifik.

Namun, alamat aslinya menggunakan angka kombinasi. Ini jelas merepotkan untuk mengingat dan mencatatnya. Jadi, kemudian digunakan nama domain untuk setiap alamat tersebut.

Hosting dan Nama Domain

Nama Domain

Nama Domain. Sumber: Google.com

Hosting dan nama domain adalah dua komponen utama yang diperlukan untuk membuat situs web tersedia di Internet.

Nama domain adalah nama unik yang mengidentifikasi situs web di Internet. Ini adalah alamat yang dimasukkan orang ke browser web mereka untuk mengakses situs web seperti google.com atau amazon.com.

Nama domain didaftarkan melalui pendaftar nama domain dan terdiri dari dua bagian: domain tingkat atas (Top Level Domain / TLD), seperti .com atau .org, dan domain tingkat kedua (SLD), yang merupakan nama yang menjadi bagian TLD atau bagian pemilik situs web. Misalnya, dalam nama domain Google.com, “google” adalah SLD.

Kemudian, translate.google.com. Maka translate atau sitsus penerjemah Google adalah SLD. Untuk .com, adalah ekstensi domain. Namun selain .com, ada juga ekstensi .org  .net    .co.id dan sebagainya.

Di sisi lain, hosting mengacu pada layanan penyimpanan file, gambar, dan aset digital lainnya dari sebuah situs web di server web yang dapat diakses melalui internet. Penyedia hosting web biasanya menyediakan ruang penyimpanan, lebar pita, dan sumber daya lain yang diperlukan agar situs web tetap berjalan.

Saat seseorang mengetik nama domain situs web ke browser web mereka, browser mengirimkan permintaan ke server web yang menghosting situs web tersebut, dan server merespons dengan mengirimkan file situs web ke browser pengguna.

Baca Juga :   Pembuatan Website Untuk ziarahwalisongotourtravel.com

Memilih Domain

Website Adalah dan Contohnya

Website Adalah dan Contohnya. Sumber: Google.com

Saat membuat situs web, Anda harus memilih nama domain yang tersedia yang cocok dengan konten situs web Anda. Anda dapat mendaftarkan nama domain melalui pendaftar nama domain dan biasanya Anda perlu membayar biaya tahunan agar nama domain tetap aktif.

Selanjutnya, Anda harus memilih penyedia hosting yang dapat menghosting file situs web Anda dan membuatnya tersedia di Internet. Penyedia hosting menawarkan berbagai jenis layanan hosting, termasuk hosting bersama, hosting khusus, dan hosting server pribadi virtual (VPS). Jenis hosting yang Anda pilih bergantung pada ukuran dan kerumitan situs web Anda, serta anggaran dan keahlian teknis Anda.

Jadi, nama domain adalah alamat unik yang mengidentifikasi situs web di internet, sedangkan hosting adalah layanan untuk menyimpan file situs web di server web dan mengaksesnya melalui internet. Nama domain dan hosting bersama adalah dua komponen penting untuk membangun dan menerbitkan situs web di Internet.

5/5 - (1 vote)

Leave a reply