29 May

Proxy Server dan Apa Manfaatnya

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Apa proxy server dan apa saja manfaatnya? Kita terkadang mendengar tentang server proxy dan bertanya. Apakah server proxy dan apa saja manfaatnya.

Sebuah website yang kita kunjungi bisa melihat alamat IP kita. Alamat ini bisa disalahgunakan oleh mereka yang tidak bertanggungjawab untuk menyebarkan virus, malware dan sebagainya.

Alamat IP ini bisa membuat hacker mencuri data – data pribadi kita bahkan merekan password dan login email kita.
Sebuah server proxy bisa mengatasi hal tersebut. Server proxy bisa membuat alamat IP komputer menjadi alamat IP proxy tersebut.

Apakah server proxy?

Server proxy adalah server yang meneruskan permintaan kita ke sebuah server di internet.

Jadi, komputer kita tidak langsung terhubung dengan internet.

Atau, pengguna dari internet tidak langsung terhubung dengan komputer di jaringan pribadi kita.

Koneksi yang ada dilakukan melalui server proxy

Hasilnya, kita lebih aman dari hacker, virus dan malware saat berinternet.

Atau, data di jaringan pribadi kita lebih aman dari pencurian oleh mereka yang mengakses lewat internet.

Beberapa manfaat server proxy

  • Server proxy menyembunyikan alamat IP

Server proxy memang memiliki fitur untuk menyembunyikan alamat IP kita sehingga kita lebih aman mengunjungi sebuah website. Jika kita mengunjungi Google misalnya, Google akan melihat bahwa pengunjung tadi adalah proxy server dan bukan kita, klien. Hasilnya, Google tidak melacak posisi kita.

  • Server Proxy mempercepat koneksi internet

Server proxy akan mengecek apakah terdapat cache untuk halaman web yang kita kunjungi. Jika sudah, kita akan mendapatkan versi cache tadi yang tentunya mempercepat koneksi.

  • Server proxy bisa memblokir situs tertentu

Bagi sebuah perkantoran, fokus pada pekerjaan penting bagi seluruh karyawannya. Jika perlu, kantor tersebut bisa memblokir situs seperti FB, Youtube atau IG untuk karyawannya. Meskipun begitu, saya sendiri terkadang melihat tutorial youtube saat ingin mengetahui sesuatu karena lebih mudah dicontoh.
Kita bisa memasukkan situs medsos tadi kedalam backlist proxy kita dan tidak dapat diakses.

Fungsi server proxy

Ada beberapa fungsi mendasar yang dilakukan oleh server proxy. Yaitu koneksi, berbagi, sharing dan caching.

  • Koneksi dan berbagi

Dengan menggunakan proxy, sebuah komputer bisa terhubung dengan internet atau jaringan lokal. Selain itu, server proxy bisa menjadi gerbang bagi komputer klien tersebut dengan “dunia luar.”

  • Filtering

Apabila kita menambahkan firewall, maka server proxy bisa berubah menjadi penyaring alamat IP “negatif.” Arti negatif disini adalah IP address yang tidak diinginkan. Bukan sekedar yang benar – benar berisi sesuatu yang negatif seperti virus atau malware. Untuk fungsi ini, server proxy bekerja pada layer aplikasi.

  • Caching

Server proxy akan menyimpan data sebuah halaman yang pernah diminta untuk dibuka oleh pengguna. Jika halaman yang sama diminta untuk dibuka lagi, server proxy bisa menyajikan versi simpanannya. Hasilnya halaman website tadi bisa terbuka jauh lebih cepat daripada membuka halaman baru sama sekali.

Beberapa jenis server proxy

Beberapa server proxy yang dikenal antara lain:

  • Anonymus proxy atau server proxy anonim

Server ini masih memberitahu informasi mengenai komputer pengguna kepada web yang diakses. Tetapi, server tidak memberitahukan alamat IP pengguna. Yang diberitahukan hanya alamat IP server itu saja.
Untuk komunikasi server proxy dan komputer klien, dilakukan enkripsi data sehingga informasinya aman.

  • High anonymity proxy

Server proxy ini akan terlihat seperti komputer pengguna dimata website yang dikunjungi. Proxy High Anonymity Proxy menggunakan REMOTE_ADDR header tanpa alamat IP asli. Alamat IPnya menuju proxy server sehingga server terlihat seperti klien.

  • Transparent proxy atau proxy transparan

Server proxy ini menghubungkan komputer pengguna dengan web tanpa memberikan informasi mengenai komputer user

  • Reverse proxy

Server proxy ini berfungsi mencegah pengguna yang berasal dari jaringan internet megakses data confidensial. Server proxy ini menggunakan firewall untuk mencegah user dari internet terhubung dan mengakses berbagai data yang tidak diinginkan yang berada di dalam sebuah jaringan intranet.

Secara umum, sebuah server proxy memberikan layanan kepada penggunanya dengan bertindak seolah – olah sebagai pengguna. Dengan cara seperti ini, maka keamanan pengguna (user) menjadi lebih tinggi.

Meskipun begitu, menggunakan proxy atau tidak bukan merupakan keharusan. Tetapi, untuk sebuah institusi besar, sebaiknya memang menggunakan server proxy dengan firewall.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply