08 Jun

Tutorial Bagaimana Cara Menggunakan Plugin All in One SEO Pack di WordPress

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Bagi pengguna wordpress, pastinya ingin situs kita meningkat trafiknya. Salah satu caranya tentu dengan menggunakan plugin SEO. Dan salah satu pilihan yang terkenal adalah plugin All ini One SEO Pack.

Plugin ini sudah ada sejak lama. Seingat penulis, tahun 2008 plugin ini bahkan sudah ada. Plugin ini lebih lama daripada plugin SEO by Yoast dan telah didownload lebih dari 27 juta kali.

Mengapa membutuhkan plugin SEO?

Meskipun wordpress sendiri tergolong SEO friendly, tetapi banyak hal yang bisa ditambahkan untuk keperluan SEO kita.

Kita masih perlu membuat XML sitemap yang mengarahkan boot Google menuju halaman – halaman posting kita. Kita masih perlu menghindari konten duplikat dan sebagainya.

Pada kesempatan ini, kami akan memberikan sedikit tips menggunakan plugin All in One SEO Pack.

Plugin ini adalah plugin “freemium” atau tersedia secara free dan berbayar. Untuk versi gratis, seperti biasa, sudah cukup untuk banyak keperluan kita.

Untuk versi berbayarnya, tersedia sitemap untuk video, ecommerce SEO serta beberapa fitur lainnya. Jika kita jarang menggunakan video atau blog kita tidak untuk berjualan, maka versi gratisnya sebenarnya cukup.

Tips menggunakan All in One SEO Pack

  • Instal dan aktifkan plugin ini

Pada menu Admin, all in one akan menambahkan menu baru. Kita menseting dari sini.

cara-memakai-plugin-wordpress-all-in-one-seo-pack

Klik All in One SEO kemudian pilih “General Setting.”

Disini akan ditemukan banyak seting disini. Tetapi, jangan khawatir, jika bingung, Anda tinggal klik saja “tanda tanya” yang ada pada tiap setting. Disana akan ditunjukkan apa pilihan seting beserta apa saja maksud setingnya. (ya, nahasa Inggris sih, tetapi tetap bisa ditranslate kok lewat Google.)

Pilihan pertama di bagian “General Setting” adalah mengeset “canonical URLs.” Mensetting canonocal URLs untuk setiap post bisa mencegah adanya duplikat konten.

Secara mendasar, sebuah posting di wordpress bisa ditemukan di banyak tempat seperti homepage, halaman archives, halaman author hingga menjadi berganda di halaman “category” dan “tags.” Untuk menghindari artikel menjadi duplikat, jangan pasang setting full post. Gunakan setting “excerpts” atau seting untuk menampilkan sebagian isi posting saja di halaman “archive.”

  • Seting Homepage

Pada bagian ini, kita bisa membuat judul homepage khusus yang berbeda dari judul website. Kuncinya adalah menggunakan judul yang menarik serta menggunakan beberapa kata kunci utama.

cara-seting-homepage-plugin-wordpress-all-in-one-seo-pack

Jika tidak diisi, maka plugin akan menggunakan judul website kita. Tetapi, kita sudah menginstal plufin ini dan ingin mendapat manfaat maksimal darinya. Contoh judul yang baik: “lawangtechno – jasa pembuatan website.”

Untuk kolom “Home Description” kita isikan deskripsi singkat website kita. Singkat menarik dan akurat. Menggunakan kata kunci urama dan, dibawah 156 karakter.

Jika dibiarkan kosong, tentunya All in One SEO Pack tidak menggunakannya di homepage kita. Tetapi, sekali lagi kita menginstal plugin ini untuk mendapat manfaat lebih banyak bagi SEO kita.

Jika memilih “static front page” kita juga perlu mengedit front page kita serta deskripsinya.

  • Seting Judul

Seting ini memungkinkan kita mengeset judul templates untuk setiap halaman wordpress. Opsi ini memungkinkan kita untuk mengganti judul apapun yang sudah ada. Tetapi, jika Anda tidak suka ada theme yang mengganti judul sendiri, pilihan seting judul ini tidak usah digunakan.

Kita juga bisa memodifikasi tampilam judul untuk halaman – halaman archive, single dan lainnya dengan mengganti tags.

Namun, untuk hasil optimal, sebaiknya dibiarkan begitu saja. Yang diperhatikan barangkali soal  | %blog_title%. Bagian ini dihilangkan saja sehingga judul kita menjadi lebih pendek dari 60 karakter. Hasilnya, judul tampil semua di halaman hasil search engine dan mudah difahami pembaca/pengunjung Google.

  • Seting Custom Post

Bisa kita pilih enable jika diperlukan.

Tidak semua custom post butuh seting enable seperti ini. Jika kita menggunakan plugin “envira gallery” maka galery kita sudah tampil sebagai custom post dengan judul “Envira Galleries.” Karena galeri gambar sudah ditambahkan di halaman post atau page secara otomatis, maka tidak perlu kita seting lagi.

Tetapi, jika menggunakan “Envira Standalone Gallery Addon” maka kita perlu seting SEO kita karena galeri yang dihasilkan juga stand alone.

  • Seting Display (Display Setting)

Bisa kita biarkan bagaimana adanya saja.

  • Webmaster Verification

Berguna untuk menambahkan kode “webmaster tool” Google serta lainnya. Kita tidak perlu menginsert kode di header. Tetapi bisa langsung disini saja.

  • Google Setting

Bisa digunakan untuk menseting profile penulis (author) sesuai profil Google plus kita.

Seting ini berguna jika author di blog kita cuma satu. Jika banyak ya, cuma satu yang bisa masuk.

  • Noindex Settings

Bagian ini bisa digunakan untuk memblokir mesin pencari dari mengindeks halaman kategori dan archive. Beberapa orang percaya bahwa kedua halaman ini adalah halaman duplikat dan sebaiknya tidak perlu diindeks.

Tetapi, yang lain percaya bahwa kedua halaman tersebut tidak apa – apa jika dibiarkan apa adanya.

Jika hanya ada satu author / penulis, maka halaman author bisa diseting sebagai halaman noindex. Tetapi, bagi blog dengan beberapa penulis, lebih baik jika dibiarkan saja.

  • Advanced Settings

Seting ini hanya bagi yang mengerti apa yang dikerjakan saja.

  • Keyword Setting

Banyak yang percaya fitur ini tidak diperlukan lagi dan secara default diseting “disabled.”

Silahkan ganti menjadi “enabled” jika diperlukan. Sebenarnya seting ini tidak berbahaya dan mungkin masih ada gunanya.

  • Features Manager

Memungkinkan kita menseting XML sitemap serta “social meta” untuk FB dan sebagainya.

Secara default fitur – fitur ini dinonaktifkan karena pencipta plugin menganggap kita sudah menggunakan plugin lainnya untuk keperluan ini.

  • Seting XML Sitemap

Klik “Notify Google” serta “Notify Bing” dan klik “update.”

  • Seting Social Meta untuk plugin All in One SEO

Kunjungi All in One SEO >> Social Meta dan scrol, pilih homepage section.

Tetapi, karena kita telah mengeset judul homepage serta descripsinya di “general setting” didepan, maka seting ini kita biarkan saja.

Tetapi, kita perlu upload gambar yang akan digunakan media sosial saat kita melakukan share posting kita disana.

Bagian selanjutnya bisa digunakan untuk seting admin FB dan ID aplikasi. Kita juga bisa menambahkan “Facebook author tag” untuk mendapatkan penilaian FB atas website kita.

  • Mengoptimasi Post dan Page dengan plugin All in One SEO Pack

Kita bisa menseting “meta description” untuk page atau post kita. Meta description tidak ada hubungannya dengan SEO. Tetapi, meta description akan tampil di halaman hasil pencarian Google. Jadi, buat yang menarik dan ringkas sekaligus.

Inilah beberapa tips menggunakan plugin All in One SEO Pack. Plugin ini memang powerful dan sangat membantu kita mengoptimasi halaman – halaman website wordpress kita.

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply