25 Sep

Plugin SEO WordPress Terbaik yang Sobat Mesti Tahu, Efektif dan Tinggal Pasang

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Siapapun sobat yang memiliki website pastilah menginginkan mendapat jumlah pengunjung dalam jumlah besar. Untuk itu ada banyak webmaster yang mengiklankan websitenya ke berbagai media online termasuk Google Adwords. Tetapi, untuk jangka panjang, tentunya akan lebih baik jika kita memiliki website yang awet bertahan pada posisi atas pada halaman hasil pencarian Google untuk kata kunci yang kita inginkan. Untuk keperluan ini, teknik SEO atau Search Engine Optimization menjadi suatu keharusan. Untuk teknik SEO ini, Lawang Techno sebetulnya juga memiliki layanan yang sangat bisa diandalkan, namun kali ini mari kita mencoba membahas beberapa plugin SEO handal yang sebagian juga kami gunakan di Lawang Tecno.

1. Yoast SEO Plugin

Ini adalah plugin yang paling banyak digunakan dan tersedia versi gratis ataupun berbayar. Untuk yang versi gratis saja tersedia fitur seperti SEO title, slug dan meta description. SEO title tentunya akan mempermudah Google untuk menentukan apa fokus artikel kita. Meta description tentunya akan memberikan deskripsi singkat mengenai artikel kita kepada para pengunjung yang datang lewat search engine. Plugin ini juga memiliki fitur yang sekaligus “mengajarkan” kepada kita cara menulis artikel yang baik. misalnya, kita diminta menulis sekurangnya 300 kata untuk satu artikel atau memberi alt text untuk gambar dengan kata kunci utama kita. Jika tidak dituruti, maka skor SEO kita akan kurang bagus. Untuk versi berbayar, plugin yoast SEO ini juga akan memberi saran mengenai link dan memantau broken link untuk kita.

plugin seo terbaik untuk wordpress pemula

2. All in One SEO Pack

Plugin SEO ini juga sangat terkenal dan juga tersedia versi gratis atau berbayar.Plugin ini akan membuatkan sitemap XML untuk sobat dan salah satu kelebihannya, plugin ini mendukung Google Analytics. dan seperti Yoast SEO plugin, All in One SEO pack juga mengoptimalkan judul, meta tag dan banyak fitur lainnya.

3. SEO Ultimate

Plugin ini hampir mirip dengan kedua plugin diatas namun memiliki fitur untuk memonitor error 404 dan link mask creator. Error 404 adalah error karena alamat internet yang dicari tidak diketemukan, denmgan adanya monitoring otomatis ini, maka konten tersebut dapat dibereskan segera. Kemudian Link Mask Creator adalah fitur untuk membuat link affiliate menjadi comply dengan Google. jadi, pada dasarnya Google tidak terlalu suka dengan website yang banyak memiliki link affiliate. Namun, jika website sobat adalah web affiliate, yah link mask creator ini semoga bisa membantu.

4. Google XML Sitemap Plugin

Salah satu faktor yang menentukan dalam SEO adalah kemudahan dari bot Google dan search engine lain mengindeks halaman website kita. Nah daripada datang ke halaman pertama dan mengikuti link yang ada satu persatu, akan jauh lebih efisien bagi search engine bila bisa langsung mengunjungi halaman yang mengandung semua link konten kita. Nah disinilah fungsi XML sitemap tersebut. Kita submit XML sitemap website kita ke search engine untuk didatangi bot dan bot search engine pun akan langsung mengindeks banyak halaman sekaligus. dengan cara ini maka konten kita akan terindeks jauh lebih baik daripada tanpa sitemap XML. Untuk plugin-plugin SEO diatas sebenarnya juga membuat sitemap XML juga. Namun plugin ini adalah dedicated XML plugin dan mampu memberi tahu search engine apabila ada posting baru.

daftar 10 plugin seo wordpress terbaik

5. Broken Link Checker

Plugin ini akan melakukan monitoring dan pengecekan broken link secara otomatis. Dan salah satu kelebihannya adalah sobat bisa memperbaiki link tersebut melalui plugin ini tanpa harus mengedit posting yang ada satu persatu. untuk setiap link yang rusak, sobat dapat memilih notifikasi melalui dasboard atau melalui email. Plugin Broken Link Checker ini tersedia gratis seperti plugin-plugin yang lain yang ada disini.

6. Rel Nofollow Checkbox

Salah satu faktor penting SEO adalah backlink. Backlink ini biasanya berupa backlink eksternal yang didapat dari website lain. namun, memberikan backlink kepada website lain bisa mengurangi kekuatan SEO halaman kita. Jadi, untuk halaman-halaman tertentu yang kita jadikan referensi namun mungkin bukan referensi untuk hal yang baik, kita bisa memberikan link dengan rel Nofollow secara otomatis dengan plugin ini.

plugin wordpress untuk nofollow link otomatis

7. Redirection

Plugin redirection ini akan membuat sobat mudah mengatur redirect suatu halaman website ke alamat yang lain. Jika kita pindah server, maka alamat halaman kita bisa berubah dan struktur website kita pun berubah. perubahan ini bisa mempengaruhi SEO. Ditambah lagi, backlink yang telah kita dapat juga berubah sehingga rangking SEO kita pun bisa turun. Plugin ini cocok untuk website dengan sedikit redirect hingga ribuan redirect. juga, sobat akan mudah memantau adanya error 404. Error 404 ini karena halaman yang dituju tidak ada dan hasil akhirnya adalah akan mempengaruhi kenyamanan pengunjung ke website kita.

8.  All in One Schema.org Rich Snippets

Plugin ini akan membuat ringkasan mengenai konten sobat untuk ditampilkan di hasil pencarian search engine. dengan adanya gambaran yang tepat, singkat dan presisi mengenai konten sobat, maka pengunjung akan lebih tertarik untuk mendatangi website sobat.

Upload gambar

9.  WP Super Cache

Kecepatan loading suatu halaman tentunya sangat berpengaruh pada kenyamanan pengguna. Plugin ini membuat cache atau halaman statis dari website wordpress sobat sehingga ketika pengunjung datang, yang mereka lihat adalah versi cache tersebut. Website sobat dan server yang ada tidak perlu loading halaman yang ada satu persatu lagi. ini akan meringankan tugas server dan membuat website lebih cepat. Namun, sebagai catatan, apabila sobat mengganti file pendukung seperti header, javascrip atau file untuk footer atau css anda perlu masuk ke content tab dan membersihkan cache yang sudah ada. Jika sudah cache sudah dibersihkan, maka dibuat cache baru dan perubahan yang ada akan terlihat. Untuk WP Super Cache, tampaknya hingga saat ini WP Super Cache belum mengganti cache secara otomatis bila ada pergantian file pendukung. Jadi, untuk pergantian file pendudung, file lama yang sudah ada di cache lah yang masih akan ditampilkan. Secara umum, anggap saja cara ini berlaku untuk kebanyakan plugin cache yang ada. Jika plugin cache dipergunakan dengan baik, maka website sobat akan lebih cepat loading dan lebih menyenangkan bagi pengunjung.

10. W3 Total Cache

Plugin W3 Total Cache ini juga plugin cache untuk membuat versi statis dari website sobat. Fungsinya mirip plugin diatas dan akan mampu membuat website wordpress sobat tampil lebih cepat ketika dibuka.

11.  SEO Internal Link

Plugin SEO ini adalah plugin untuk memberi link otomatis secara internal ke post tertentu berdasar keyword tertentu. Plugin SEO Internal Link ini sangat bermanfaat untuk memberi link internal pada website sobat dan meningkatkan kapasitas SEO halaman dan website secara keseluruhan. Plugin ini atau link building semacam ini cocok untuk halaman informasi seperti blog post. Namun jangan tempatkan link yang ada pada landing page atau conversion page untuk website penjualan. Tentunya karena pengunjung yang ada pada landing page atau conversion page sobat adalah pengunjung yang siap dikonversi menjadi pembeli. Mereka tidak perlu diberi link kemana-mana lagi.

seo-internal-links-plugin-untuk membuat link internal otomatis di wordpress

12. SEO Friendly Images

Plugin ini sangat berguna untuk mengoptimalkan SEO dari gambar yang ada. Judul dan alt tag akan secara otomatis ditambahkan pada gambar di website kita. Hasilnya adalah search engine akan mudah untuk mengindeks gambar yang ada. jadi, memberi nama gambar dengan kata kunci adalah baik, namun plugin SEO Friendly Images ini memberi lebih, secara otomatis pula.

Nah begitu sobat. ini adalah 12 plugin untuk website berbasis wordpress yang efektif dan bermanfaat untuk SEO website sobat. Saran kami, eksplor penggunaan plugin-plugin tersebut dan temukan yang paling menguntungkan bagi website sobat.

Inilah beberapa plugin SEO yang sangat bermanfaat bagi blog wordpress kita. Semoga bisa bermanfaat. Salam sukses!

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply