28 May

Tips Cara Memilih Web Hosting Terbaik

Untuk cara memilih web server hosting terbaik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Sebuah website perlu server yang stabil dan jika memungkinkan, kencang. Alasannya karena mempengaruhi peringkat di Google dan mempengaruhi penjualan kita. Selain stabil, sebuah web hosting perlu memperhatikan keperluan kita akan penggunaan website kita.

Tips memilih web server terbaik

  • Kapasitas server

Sekarang, untuk menghitung kapasitas server web yang pas, kita bisa mengambil gambaran kasar seperti ini:

Apa platform yang kita gunakan untuk website kita.

Untuk instal WordPress dan system, ketitar 80 MB sd 100 MB. Untuk artikel dengan foto, kita hitung saja satu foto ukuran 800 pixel standar ukurannya 160 Kb. Jika ada 3 foto maka perlu space dibulatkan saja 500 Kb.

Jadi, pembulatan keatas untuk setiap post rata – rata perlu space 700 Kb.

cara memilih web hosting terbaik

Jadi, space 1 GB bisa untuk 1000 artikel semacam ini. ( ini sebenarnya pembulatannya keatas lho. Kalau mau akurat, silahkan dihitung sendiri ).

Sekarang, kita hitung bandwitdh yang diperlukan. Jika pengunjung untuk website kita mencapai 300 orang sehari, maka kita asumsikan saja 1 orang melihat 3 halaman.

Kita perlu bandwith 300 X 3 X 700 KB atau sekitar 630 MB sehari. Jadi Bandwith 20 GB sebulan sebenarnya sudah sisa.

Jika gambar kita ukurannya lebih kecil, maka bandwidth dan sebagainya akan jauh lebih hemat.

Kira – kira, dengan space hardisk 1 GB dan bandwidth 20 GD, kita bisa membuat 1000 post tadi dan melayani 300 pengunjung sehari.

Kurangkah?

Andaikata Anda merasa kurang, silahkan memulai dengan yang dasar dahulu dan upgrade kemudian. Cara ini jauh lebih efektif dari segi biaya.

Baca Juga :   Jasa Pembuatan dan Pengelolaan Website Arsitektur untuk Klien www.simpleartchitect.com

Untuk file seperti file video, kita biasanya menggunakan embed dari Youtube saja. Jika kita masukkan video kita di website, dipastikan kuota bandwidth kita akan cepat habis.

Lalu, bagaimana jika membeli yang bandwidthnya unlimited?

Sebenarnya, kata unlimited itu pada prakteknya tidak ada.

Jika 1 server diisi 50 website, maka selalu ada website yang menggunakan sedikit space dan bandwidth karena kontennya sedikit. Juga, karena pengunjungnya sedikit.

Jadi, website besar di server itu bisa memakai “jatah” bandwidth yang tidak terpakai tadi.

Tetapi jika pengunjung Anda benar – benar banyak, maka dipastikan Anda akan diminta upgrade atau kena suspend.

Setelah menilai keperluan kita, kita bisa menilai tentang server hostingnya.

  • Kualitas server stabil dan kencang

Kualitas server dilihat dari stabilitas dan kecepatannya. Stabilitas server ini penting. Jika ada pengunjung toko online datang, maka toko online kita tersedia untuk mereka. Jika ada penyewa homestay datang ke situs, website kita bisa menyajikan informasi yang dibutuhkan.

Jika tidak stabil, maka pelanggan tadi bisa berpindah tempat.

Hal lainnya, jika Google datang untuk mengindeks, situs kita tersedia dan lancar. Jika Google datang dan ada situs yang sering down, maka rangking di hasil pencarian akan diturunkan oleh Google.

Untuk melihat kualitas server, kita bisa melihat reviewnya. Melihat review lumayan penting jika kita memang belum berpengalaman dengan server bersangkutan.

Jika server bermasalah dan hanya setengah kencang, maka biasanya ada masalah saat kita akan upload. Terkadang gambar tidak terupload, perubahan di post tidak bisa disimpan dan sebagainya.

Hal ini bisa menghambat kita meskipun jika website dibuka dari luar ( tanpa login ) website masih terlihat normal.

  • Lokasi Server

Lokasi server yang bagus adalah yang ada di lokasi pelanggan. Jika pasar Anda Indonesia, maka lokasi server terbaik adalah Indonesia.

Baca Juga :   SEO di WordPress

Ini teorinya. Tetapi, terkadang server Indonesia lebih sering bermasalah dibanding server Singapura misalnya. Jadi, untuk banyak website, kami menempatkan web tersebut di server Singapura.

Sebenarnya, secara teknis tidak ada kendala bagi kami menempatkan website di server lokal. Tetapi masalah yang ada secara umum lebih banyak dan lebih merepotkan bagi klien dan kami juga.

Hingga saat ini, jujur saja server lokal lebih sering down.

Kita akan lebih banyak kehilangan kesempatan karena website tidak bisa diakses.

Untuk saat ini, kami Lawang Techno juga menawarkan penyimpanan cloud. Penyimpanan ini sangat handal karena data website disimpan dalam jaringan server yang besar.

  • Spesifikasi server

Kita perlu melihat kapasitas server kita dari sisi processor, RAM dan juga penyimpanannya. Jika ingin tahu kapasitas server kita, maka Anda bisa menghubungi Customer Service bersangkutan.

  • Service pelanggan yang baik

Layanan pelanggan yang baik itu yang menyelesaikan masalah sesegera mungkin. Kemudian, Anda juga perlu mengetahui cara untuk menghubungi mereka. Sebenarnya, chat WA juga mencukupi untuk bisa terhubung dengan cepat.

  • Harga terjangkau

Ada memang layanan hosting yang menjual lebih tinggi dari rata -rata. Karena itulah, silahkan juga dibandingkan.

Meskipun begitu, harga yang lebih mahal juga bisa mencerminkan spesifikasi yang lebih baik atau server lebih stabil.

Tetapi, secara umum, harga yang ditawarkan seharusnya tidak banyak sekali bedanya.

  • Garansi

Apakah layanan hosting bersangkutan memberikan garansi yang baik? Bagaimana memilih membeli gadget jika penjualnya mengatakan tidak ada garansinya?

Umumnya penyedia jasa hosting memiliki garansi. Tetapi ada perbedaan dalam ketentuan garansinya. Silahkan memilih yang kira – kira sesuai dengan keperluan Anda.

  • Tambahan fitur

Apakah ada tambahan fitur untuk web hosting kita? Misalnya, kita medapatkan SSL atau layanan anti SPAM?

Baca Juga :   Jasa Pembuatan Website Jual Rak Minimarket Murah

Jika ada tambahan, maka akan sedikit menghemat pengeluaran utama kita.

Itulah beberapa tips untuk mencari atau cara memilih web hosting terbaik. Bagi Lawang Techno, kami menggunakan web hosting yang sama dengan klien kami. Karena itulah, jika ada masalah maka website kami juga ikut kena masalah.

Kami, hanya memilih yang handal dan tidak merepotkan karena sering down.

Leave a reply