21 Jul

Tips Bagaimana Cara Memilih Server Hosting yang Baik dan Handal

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Bagi Anda yang ingin mengonlinkan bisnis dan ingin memiliki website, biasanya ada pertanyaan mengenai server hosting. Setelah beberapa kali browsing di internet ada diantara kita justru menjadi ragu – ragu. Semua provider hosting mengatakan hostingnya bagus dan handal. Anda layak mempercayai mereka dan bukan orang lain.

Langsung saja, bagi Anda yang ragu – ragu,

Cara memilih hosting yang baik dan handal:

  • Gunakan layanan server hosting yang memberikan garansi.

Ini adalah cara paling gampang untuk mencari layanan hosting yang handal.

Tidak ada sistem yang stabil 100%. Sebenarnya, sistem yang stabil 99% pun sangat jarang. Jadi, gunakan saja garansi. salah satu yang terbaik yaitu dari niagahoster, Hosting Indonesia / Niagahoster 

  • Melihat review dan bertanya di forum.

Apabila banyak komplain, bisa dipastikan layanan mereka memang kurang baik atau tidak konsisten.

Bertanya di forum memang bagus meskipun jawabannya bisa bermacam – macam. Tetapi, yang menjadi pegangan Anda, Jangan memilih server hosting yang terlalu banyak mendapatkan komplain dari pelanggan.

Komplin barangkali biasa untuk layanan apapun. Kita juga sering membaca komplain tentang layanan bank, jasa pengiriman dan logistik serta hotel dan sebagainya.

Yang penting, apabila klien mereka cukup banyak yang mengeluh, hal yang sama bisa terjadi kepada Anda.

  • Backup data teratur.

Jika penyedia server menyatakan bahwa data Anda dibackup secara teratur, silahkan dijadikan sebagai pegangan dalam membeli server.

Tetapi, jangan dijadikan pegangan dalam operasional website Anda.

Anda tetap harus membackup data Anda sendiri. Selain itu, ada penyedia server yang ternyata tidak melakukan pekerjaan rumah mereka. Hasilnya, Anda bisa kerepotan.

Bagaimanapun, kita tidak bisa benar – benar tahu apakah data kita benar – benar telah dibackup secara teratur.

Akhirnya, review pelanggan kembali menjadi panduan kita untuk memilih server.

  • Dukungan teknis 24 jam.

Bagian ini penting, jadi jika ada masalah website kita akan segera online dan lancar kembali.

Bagi kami di Lawang Techno, kami menggunakan server yang sama dengan yang Anda gunakan. Artinya apabila Anda mendaopat masalah, kami juga mendapat masalah yang sama.

Selain itu, kami membackup semua data di server kami secara teratur dan sering.

Cara bekerja kami, kami lebih nyaman untuk memindahkan web Anda ke server lain apabila server Anda bermasalah. Jadi kami bisa membereskan server bermasalah tanpa terbebani komplain pelanggan.

Sekarang, beberapa aspek teknis yang kita pertimbangkan saat menyewa server.

  • Kapasitas disk space.

Kapasitas harddisk merupakan salah satu yang penting untuk dipertimbangkan. Kita tidak bisa mengembangkan website kita jika kapasitas terlalu kecil. Untuk yang ingin menggunakan wordpress, silahkan Anda alokasikan sekitar 80 MB untuk file WordPress beserta plugin dan theme yang ingin Anda gunakan.

  • Bandwith server.

Banyak pengunjung yang bisa berkunjung ke website kita tergantung besar bandwith server kita. Katakan saja, 1 halaman web kita besarnya 1 MB, maka dengan bandwith 2GB sebulan, kita bisa mendapatkan maksimal 2000 pengunjung.

Angka ini tidak pasti karena kunjungan kita sendiri juga akan menggunakan bandwith jatah server kita. Jumlah pengunjung bisa jadi kurang dari 2000 orang perbulan.

Bagaimana dengan mereka yang menawarkan bandwith unlimited?

Pada dasarnya, tidak ada bandwith unlimited. Jika pengunjung Anda sudah dianggap terlalu banyak, maka biasanya website Anda akan di suspend juga dan diminta untuk upgrade server.

  • Jumlah Add On Domain.

Apabila Anda berniat membuat website baru dan memerlukan domain baru, apakah Anda bisa menambah domain baru di server yang ada sekarang?

Paket server termurah biasanya tidak menyediakan fasilitas ini. Dan, ketiadaan fasilitas ini bukan selalu berarti jelek.

Jika server dengan harga 200 ribu setahun kita pasang 3 domain, maka justru kita yang tidak akan mendapat apa – apa karena jumlah pengunjung sedikit.

  • Harga server.

Silahkan membandingkan harga server dengan penyedia server lainnya. Tahun 2018 ini, secara umum harga server yang ditawarkan sebenarnya mirip. Tidak ada yang terlalu mahal atau terlalu murah saat ini terutama untuk server pemula. Yang agak berbeda barangkali ada di harga server untuk VPS (Virtual Private Server) atau Dedicated Server (DS).

Jika spesifikasi teknis server tinggi, biasanya harganya lebih mahal daripada yang spesifikasinya standar.

Untuk server shared, sangat jarang kita bisa melihat spesifikasi server yang ditawarkan oleh penyedia hosting. Mereka bisa memindahkan data web Anda kapan saja untuk maintenance dan sebagainya.

Yang penting, bandwith dan disk space masih sama dengan yang ditawarkan. Untuk kecepatan, silahkan Anda test kecepatan situs Anda secara teratur di pingdom.com

Tetapi, mohon diingat, kecepatan website dengan 5 konten berbeda dibandingkan website berkonten 1000 jika ditempatkan pada server yang sama.

  • Mendukung Cpanel atau Softaculous.

Dukungan ini penting bagi Anda yang ingin menggunakan wordpress tanpa perlu mengetahui pemrograman dan jaringan. Anda bisa menggunakan wordpress dengan klik – dan klik saja.

  • Lokasi server.

Sebenarnya lokasi server penting. Secara teori, lokasi pengunjung di Indonesia lebih cepat mengakses website dari server Indonesia juga.

Masalahnya, server di Indonesia belum tentu lebih stabil dari server USA. Kemudian, Anda juga tidak tahu apabila server shared Anda digunakan untuk 300 website? Ya, akhirnya yang cepat menjadi lambat juga kan.

Bagi kami, terus terang lebih mudah menggunakan server USA yang secara umum lebih stabil. Kami lebih jarang maintenance server dan di komplain pelanggan. Soal kecepatan, server ini juga kami gunakan, jadi kami yakin kok kalau server ini handal.

Inilah beberapa tips memilih server yang handal bagi Anda. Semoga bermanfaat.

Sampai jumpa…

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply