30 Apr

Serba – Serbi Memilih Server

Jasa Pembuatan Website, Jasa Pembuatan Toko Online & Jasa SEO Telp/SMS/WA : 081-804-1010 72 BBM PIN : L4W4NG

Melayani Seluruh Wilayah Indonesia, Data Data Dikirim via eMail / WA

Server adalah komputer yang digunakan untuk melakukan layanan tertentu dan menyimpan data bersama dalam suatu network atau jaringan. Server bisa beroperasi dalamn jaringan Local Area Network (LAN) ataupun jaringan internet. Server memiliki prosesor dan RAM yang Scalable. Server dilengkapi dengan software yang digunakan untuk mengontrol jaringan dan sumber daya di dalamnya.

gambar-diagram-server

Server pada sebuah kantor bisa dihubungkan dengan LAN / kabel ke printer / scanner dan komputer “workstation.”

“Workstation” sendiri adalah komputer “client” (klien) atau komputer yang biasa digunakan secara individual oleh Anda untuk bekerja.

Secara umum, server biasanya dibagi menjadi 3. Yang pertama adalah Server Aplikasi. Yang kedua adalah Server Data dan yang ketiga adalah Server Proxy.

Server aplikasi, sesuai namanya adalah server yang digunakan untuk menyimpan aplikasi yang digunakan secara bersama – sama.

Server data adalah server yang digunakan untuk menyimpan data klien (client). Data ini digunakan oleh klien atau oleh server aplikasi.

Server proxy adalah server yang kita kenal sebagai penyambung komputer PC kita dengan lalu lintas jaringan internet. Server proxy ini melakukan tugasnya mengatur jaringan internet melalui proxy.

Panduan memilih server:

  • Tentukan tujuan penggunaan server.

Untuk memilih server yang tepat bagi keperluan kita, kita selalu berpedoman kepada tujuan penggunaan server. Untuk server di rumah kita, kita barangkali hanya memerlukan sebuah PC komputer saja dengan kemampuan standar.

Untuk server kantor, kita perlu server yang berkapasitas lebih tinggi lagi. Jika kita sudah membayangkan tujuan server kita, maka prosesor server yang kita perlukan sudah bisa kita bayangkan. Kita juga bisa mengetahui kapasitas RAM dan hardisk yang perlu siapkan.

Kita, saat ini perlu memilih server untuk keperluan kita dengan pertimbangan spesifikasi yang sesuai. Kita tidak perlu membayar terlalu mahal untuk kapasitas server yang terlalu tinggi karena bisa terjadi pemborosan. Tetapi, kita juga jangan mengorbankan performa kerja kita dengan menggunakan server yang kemampuannya tidak memadai bagi keperluan kita

  • Asumsikan perkembangan penggunaan kita dan perkembangan teknologi server.

Salah satu yang penting dari server yang harus kita pertimbangkan adalah kemampuan upgrade. Kemampuan ini berkaitan dengan tuntutan pekerjaan kita dimasa depan yang pastinya akan lebih banyak lagi.

Kita sangat perlu memiliki server yang membawa teknologi yang terkini. Mengapa perlu? Sebenarnya, hal ini lebih berkaitan dengan kemudahan mendapatkan peripheral untuk server kita dimasa depan. Jika sekarang kita menggunakan teknologi server yang tertinggal 2 generasi saja, maka 4 tahun yang akan datang kita bisa jadi sulit menemukan RAM yang sesuai untuk server kita karena RAM ini sekarang saja mungkin sudah tidak diproduksi.

  • Tentukan merk yang handal dengan purna jual yang baik.

Ada banyak merk server terkenal di Indonesia yang handal seperti HP ProLiant Server, Asus server, Dell, IBM System x Server, Fujitsu, Extron Server maupun Indorack. Selain handal, server – server diatas juga didukung oleh layanan purna jual yang memadai.

Jangan sampai Anda membeli server seharga puluhan juta tetapi teknisi ahli tidak ada ketika Anda mengalami kerepotan dengan server Anda.

  • Pertimbangan kompatibilitas server dengan sistem yang kita miliki.

 

Jika memilih server baru, maka pastikan sistem baru ini dapat berjalan dan kompatibel dengan server lama Anda di kantor. Jangan sampai Anda membeli sistem baru yang mahal tetapi hanya untuk menyaksikan banyak bug dan error ketika digunakan bersama dengan sistem yang sudah Ada.

  • Harga

Harga sebenarnya adalah pertimbangan yang baik untuk membeli server. Seperti pembelian barang – barang lainnya, harga server yang masuk akal bisa kita pertimbangkan berdasarkan kapasitas server dan pelayanan yang bisa kita dapatkan.

Kita sebaiknya tidak usah membeli yang terlalu mahal hanya karena ingin memiliki server yang paling kencang.

  • Garansi server

Garansi bagi sebuah produk dimanapun sangat penting. Kita akan merasa jauh lebih nyaman dengan adanya jaminan garansi yang memadai bagi produk yang kita beli.

  • Berat, ukuran server serta konsumsi listrik

Hal terakhir yang bisa kami sarankan saat ini untuk memilih server adalah pertimbangan berat, ukuran server serta konsumsi listriknya. Jika kita hanya membeli 1 atau beberapa server untuk kantor, maka ukuran dan berat server tidak terlalu menjadi masalah. Jika kita membeli banyak server sekaligus, maka berat, ukuran dan konsumsi listrik server kita menjadi penting.

Untuk berat dan ukuran, kita bisa melihat dan merasakannya dengan mudah. Tetapi, untuk konsumsi listrik panduan kita barangkali hanya review server tersebut oleh para penggunanya. Review semacam itu (termasuk review performa) biasanya kita bisa dapatkan dengan mencari di forum – forum internet.

Inilah beberapa tips dalam memilih server dari kami. Semoga bisa memberikan manfaat bagi Anda dan memudahkan Anda memilih server yang paling sesuai dengan keperluan Anda.

 

 

5/5 (1)

Please rate this



Share this

Leave a reply